Roboguru

Jelaskan latar belakang terbentuknya VOC!

Pertanyaan

Jelaskan latar belakang terbentuknya VOC!

Pembahasan Soal:

Persaingan yang cukup keras terjadi antar perusahaan dagang orang-orang Belanda. Masing-masing ingin memenangkan kelompoknya agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Kenyataan ini mendapat perhatian khusus dari pihak pemerintah dan parlemen Belanda, sebab persaingan antarkongsi Belanda akan merugikan Kerajaan Belanda sendiri. Terkait dengan itu, maka pemerintah dan Parlemen Belanda (Staten Generaal) pada 1598 mengusulkan agar antarkongsi dagang Belanda bekerja sama membentuk sebuah perusahaan dagang yang lebih besar. Usulan ini baru terealisasi empat tahun berikutnya, yakni pada 20 Maret 1602 secara resmi dibentuklah persekutuan kongsi dagang Belanda di Nusantara sebagai hasil fusi antarkongsi yang telah ada. Kongsi dagang Belanda ini diberi nama Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) atau dapat disebut dengan “Perserikatan Maskapai Perdagangan Hindia Timur/Kongsi Dagang India Timur”.

Dengan demikian, latar belakan didirikannya VOC adalah untuk menghindari terjadinya persaingan tidak sehat antara kongsi-kongsi dagang yang berasal dari Belanda.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 27 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tokoh yang mengusulkan didirikannya kongsi dagang VOC adalah ....

Pembahasan Soal:

Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) didirikan oleh Belanda. Pendirian VOC berawal dari kedatangan Belanda ke Nusantara yang pertama, yaitu sekitar tahun 1596 yang saat itu dipimpin oleh Cornelis de Houtman. Sejak kedatangan rombongan yang pertama itu berlanjutlah datang rombongan Belanda yang lainnya. Hal ini ternyata menyebabkan persaingan dagang sehingga dibentuklah sebuah kongsi dagang Belanda baru bernama VOC. Johan Van Oldenbarnevelt adalah orang yang mengusulkan dibentuknya VOC.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Peran penting Prints Maurits dalam aktivitas perdagangan di dunia Timur adalah ....

Pembahasan Soal:

Prins Maurits merupakan wali negara Belanda dalam Staaten General (parlemen). Prins Maurits adalah tokoh yang mencetuskan pembentukan VOC (Vereenigde Oost Indische-Compagnie). Menurutnya, perlu adanya kerja sama antar kongsi dagang untuk membentuk perusahaan dagang yang lebih besar.

0

Roboguru

Gubernur Jenderal VOC yang pertama adalah…

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1602, berdiri sebuah persekutuan dagang di Hindia Timur yang disebut Veerenigde Oost Indische Compagnie (VOC). Pada awal berdirinya, VOC belum mempunyai modal, armada kapal, personel, dan persenjataan yang cukup. Namun, VOC memiliki kelebihan berupa sistem organisasi yang teratur dan rapi. Kelebihan tersebut sangat menentukan keberhasilan kebijakan perdagangan VOC di Indonesia sehingga VOC mampu menguasai perdagangan di Indonesia. Untuk melaksanakan kekuasaan di Indonesia, diangkatlah Gubernur Jenderal VOC pertama yang bernama Peter Both. Ia memerintah tahun 1610-1619 dengan pusat pemerintahan di Ambon. Namun, pada perkembangannya nanti pusat pemerintahan VOC dipindahkan ke Batavia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Untuk menghindari persaingan tidak sehat antara sesama pedagang Belanda maka dibentuklah suatu kongsi dagang Belanda yaitu VOC, kekuasaan VOC sangat-sangat berpengaruh terhadap masa penjajahan bangsa ...

Pembahasan Soal:

VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie), yang dibentuk pada 20 Maret 1602, merupakan Perserikatan Dagang Hindia Timur Belanda. Pada awalnya, kongsi dagang ini dibentuk sebagai persekutuan antar pedagang dari Belanda untuk memonopoli perdagangan di Nusantara (Indonesia), akan tetapi, dalam masa-masa berikutnya VOC bertindak bahkan melebihi sebagai kongsi dagang karena memiliki hak istimewa, di antaranya: (1) memiliki tentara, (2) mencetak mata uang, (3) monopoli perdagangan, dan (4) mengadakan perjanjian dengan para penguasa lokal di Nusantara. 
Gubernur Jenderal VOC pertama Pieter Both, memilih Ambon, Maluku, sebagai kantor pusat. Peter Both digantikan oleh Gubernur Jendral Gerard Reynst. Sebelum menjadi gubernur jenderal, Gerard merupakan seorang saudagar yang ikut mendirikan perusahaan kongsi dagang bernama Nieuwe Brabantsche Compagnie. Kemudian, ada Gubernur Jenderal J. P. Coen yang memindahkan kantor pusat dari Maluku ke Jayakarta (Jakarta) dan kelak berganti nama menjadi Batavia. Sementara Deandels bukan Gubernur Jendral VOC namun Gubernur Jenderal yang dipilih oleh pemerintahan Republik Bataaf (Perancis).

Dengan begitu, opsi jawaban benar adalah D.  

1

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Pada awal kedatangannya ke Indonesia, Belanda tidak memiliki serikat dagang yang kemudian disebut VOC. SE...

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar. Pada awal kedatangannya, Belanda tidak memiliki kongsi dagang. Bangsa Belanda pertama kali datang ke Indonesia pada tahun 1596, sedangkan VOC berdiri pada tahun 1602.

Alasan salah. Belanda bukan satu-satunya negara yang memiliki organisasi dagang resmi. Negara-negara lain seperti Inggris dan Prancis juga memiliki organisasi dagang resmi, yaitu East Indian Company (Inggris) dan Compagnie des Indes (Prancis). Jadi, pernyataan benar dan alasan salah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved