Roboguru

Jelaskan kronologi proklamasi kemerdekaan indonesia?

Pertanyaan

Jelaskan kronologi proklamasi kemerdekaan indonesia?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Proklamasi kemerdekaan merupakan titik penting perjuangan bangsa Indonesia. Kronologi peristiwa tersebut sebagai berikut.

  1. 6 Agustus 1945: Kota Hiroshima Jepang dijatuhi bom atom pertama oleh Amerika Serikat.
  2. 7 Agustus 1945: BPUPKI dibubarkan dan dibentuk PPKI.
  3. 9 Agustus 1945: Kota Nagasaki Jepang dijatuhi bom atom kedua oleh Amerika Serikat.
  4. 9 Agustus 1945: Jenderal Terauchi memanggil Soekarno, Moh Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat, Saigon (Vietnam).
  5. 12 Agustus 1945: Soekarno, Moh Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat ke Dalat bertemu Marsekal Terauchi yang menegaskan Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.
  6. 14 Agustus 1945: Soekarno, Moh Hatta, Radjiman Wedyodiningrat kembali ke Indonesia. Sutan Syahrir mendesak Soekarno Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
  7. 15 Agustus 1945: Jepang menyerah tanpa syarat ke Sekutu dan terjadi kekosongan kekuasaan (vacuum of power) di Indonesia.
  8. 15 Agustus 1945: Golongan muda mendesak Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan paling lambat 16 Agustus 1945. Soekarno menolak karena ingin meminta pendapat para anggota PPKI.
  9. 16 Agustus 1945: Dini hari, Soekarno dan Moh Hatta diculik oleh golongan muda ke Rengasdengklok Karawang dan dipaksa segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia melalui radio. 16 Agustus 1945 malam, Soekarno dan Moh Hatta kembali ke Jakarta. Di rumah Laksamana Maeda Tadashi para tokoh nasional berkumpul untuk berunding tentang persiapan proklamasi kemerdekaan RI.
  10. 16 Agustus 1945-17 Agustus 1945: Malam hingga pagi Soekarno dan Moh Hatta bersama golongan muda dan golongan tua membahas perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.
  11. 17 Agustus 1945: Pada jam 10 pagi Soekarno dan Moh Hatta membacakan teks naskah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56.
  12. 18 Agustus 1945: PPKI mengesahkan UUD 1945 sebagai dasar negara Indonesia.

Dengan demikian, kronologi proklamasi kemerdekaan dimulai dari terdesaknya Jepang pada Perang Dunia II hingga pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mar'Atus

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapi tabel di bawah ini!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan suatu deklarasi atau sikap bangsa Indonesia yang telah merdeka dari segala bentuk penjajahan. 

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Warga Indonesia dinyatakan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam segala bidang Pendidikan ditekankan pada penanaman semangat patriotisme Dalam bidang kesenian,...

Pembahasan Soal:

Kemerdekaan adalah suatu penghargaan terhadap suatu negara karena telah berjuang melawan tentara sekutu atau penjajah dan pembebasan wilayah kekuasaan dari penjajah dan adanya kedaulatan Merdeka dari negara lainnya

Berikut arti dan makna kemerdekaan :

  1. Kemerdekaan bukanlah akhir dari segalanya. Tetap diingat bahwa kemerdekaan bangsa bukanlah akhir dari segalalnya. Setelah merdeka, maka kita harus mengurus negara sendiri tanpa campur tangan negara lain. Ada banyak yg perlu dibenahi di berbagai sektir seperti pendidikan, ekonomi, politik.
  2. Kemerdekaan merupakan bukti dari perjuangan. Kemerdekaan adalah bukti perjuangan dari berbagai lapisan masyarakat Indonesia. Mereka bahu membahu berjuang utk melawan penjajahan. Tetap diingat bahwa usaha tak akan mengkhianati hasil
  3. Sebagai bukti kuatnya persatuan bangsa. Persatuan dan Kesatuan adalah kunci utama meraih kemerdekaan. Para pahlawan menyampingkan daerah mereka utk berjuang demi kepentingan nasional. Mereka mendahulukan kepentingan bangsa daripada kepentingan individu

Dengan demikian, masa kemerdekaan merupakan masa dimana Indonesia baru saja memproklamasikan kemerdekaannya, Kehidupan masyarakat masih sangat sulit, semangat patriotisme terus dipatri dihati masyarakat Indonesia, agar masyarakat lebih  mencintai tanah air dan berjuang bersama mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Roboguru

Jelaskan dampak perang dunia terhadap integrasi nasional bangsa Indonesia!

Pembahasan Soal:

Perang Dunia secara tidak langsung ternyata memiliki dampak yang signifikan. Dampak yang dimaksud adalah realisasi kemandirian sebagai bangsa melalui proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 yang dicanangkan mulai kelahiran kesadaran nasional 1908. Pada 1942 Jepang datang ke Indonesia dan mengakhiri kekuasaan kolonial belanda yang dirintis sejak 3.5 abad sebelumnya. Namun baru 3.5 tahun berkuasa Jepang harus mengakhiri kekuasaan mereka di Nusantara karena kalah perang dari AS. 1945 terjadi kekosongan kekuasaan di Indonesia yang memberikan momen bagi para pendiri bangsa untuk melakukan proklamasi.undefined

Dengan demikian, perang dunia membawa dampak yang besar bagi integrasi bangsa Indonesia yaitu dengan kalahnya Jepang terhadap sekutu, memberi kesempatan bagi Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya.

Roboguru

Kapan bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan?

Pembahasan Soal:

Setelah Jepang di Bom di kota Nagasaki dan Hiroshima pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945. Jepang mengalami kelumpuhan yang berdampak pada menyerahnya Jepang pada sekutu. Akibat hal tersebut terjadilah kekosongan kekuasaan di Indonesia, kondisi segera dimanfaatkan oleh golongan muda untuk mendesak golongan tua agar segera memerdekakan Indonesia upaya ini dilakukan dengan menculik soekarno dan hatta ke Karawang, peristiwa itu dikenal dengan Peristiwa Rengasdengklok. Setelah peristiwa itu akhirnya golongan muda dan tua sepakat jika kemerdekaan indonesia akan diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.

Dengan demikian, proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Roboguru

Ceritakan kembali secara singkat peristiwa proklamasi kemerdekaan! Ceritakan menggunakan bahasamu sendiri!

Pembahasan Soal:

Para pejuang terutama kaum muda yang melancarkan gerakan “bawah tanah” segera mengetahui berita penyerahan Jepang. Para pemuda mendesak para tokoh senior untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
Hari Rabu tanggal 15 Agustus 1945 sekitar pukul 21.30 WIB, para pemuda yang dipimpin Wikana, dan Darwis datang di rumah Sukarno di Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta. Wikana dan Darwis memaksa Sukarno untuk memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Para pemuda mendesak agar proklamasi malam ini dapat dilaksanakan paling lambat tanggal 16 Agustus 1945 namun tetap gagal untuk meyakinkan Soekarno. Lalu para pemuda malam itu sekitar pukul 24.00 tanggal 15 Agustus mengadakan pertemuan di Jl Cikini 71 Jakarta, yang hadir antara lain Sukarni, Wikana, Yusuf Kunto, Chaerul Saleh, dan Shodanco Singgih. Mereka sepakat untuk membawa Sukarno dan Moh. Hatta ke luar kota (Rengasdengklok). Tujuannya, agar kedua tokoh ini jauh dari pengaruh Jepang dan bersedia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.
Jakarta berada dalam keadaan tegang karena tanggal 16 Agustus 1945 seharusnya diadakan pertemuan PPKI, tetapi Sukarno dan Moh. Hatta tidak ada di tempat. Ahmad Subarjo segera mencari kedua tokoh tersebut. Akhirnya setelah terjadi kesepakatan dengan Wikana, Ahmad Subarjo ditunjukkan dan diantarkan ke Rengasdengklok oleh Yusuf Kunto. Dengan jaminan nyawa Ahmad Subarjo maka Shodanco Subeno mewakili para pemuda mengizinkan Subardjo untuk bertemu dan membawa pulang bersama Ir. Sukarno, Drs. Moh.Hatta, dan rombongan kembali ke Jakarta. Petang itu juga Sukarno dan rombongan kembali ke Jakarta, rombongan Sukarno segera kembali ke rumah Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol No. 1. Para tokoh-tokoh nasionalis berkumpul di rumah Maeda untuk merumuskan teks proklamasi. Di rumah Maeda, hadir para anggota PPKI, para pemimpin pemuda, para pemimpin pergerakan, dan beberapa anggota Chuo Sangi In yang ada di Jakarta. Demikian pertemuan dini hari itu menghasilkan naskah Proklamasi. Agar seluruh rakyat Indonesia mengetahuinya, naskah itu harus disebarluaskan. Timbullah persoalan tentang bagaimana caranya naskah tersebut disebarluaskan ke seluruh Indonesia. Sukarni mengusulkan agar naskah tersebut dibacakan di Lapangan Ikada, yang telah dipersiapkan bagi berkumpulnya masyarakat Jakarta untuk mendengar pembacaan naskah Proklamasi. Tetapi Sukarno tidak setuju, karena tempat itu adalah tempat umum yang dapat memancing bentrokan antara rakyat dengan militer Jepang. Beliau sendiri mengusulkan agar Proklamasi dilakukan di rumahnya di Jalan Pegangsaan Timur No.56. Usul tersebut disetujui dan naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia akan dibacakannya bersama Hatta di tempat itu pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00.WIB. Pada pukul 5 pagi tanggal 17 Agustus 1945, para pemimpin dan pemuda keluar dari rumah Laksamana Maeda dengan diliputi kebanggaan. Mereka telah sepakat untuk memproklamasikan kemerdekaan di rumah Sukarno di Jl. Pegangsaan Timur No. 56 pada pukul 10 pagi. Acara yang direncanakan pada upacara bersejarah itu adalah; pertama pembacaan teks proklamasi; kedua, pengibaran bendera Merah Putih; dan ketiga, sambutan walikota Suwiryo dan dr. Muwardi dari keamanan. Hari Jumat Legi, tepat pukul 10.00 WIB, Sukarno dan Moh. Hatta keluar ke serambi depan, diikuti oleh Ibu Fatmawati. Sukarno dan Moh. Hatta maju beberapa langkah. Sukarno mendekati mikrofon untuk membacakan teks proklamasi. Acara berikutnya adalah pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan oleh Latief Hendraningrat dan S. Suhud. Bersamaan dengan naiknya bendera Merah Putih, para hadirin secara spontan menyanyikan lagu Indonesia Raya tanpa ada yang memimpin. Demikianlah rangkaian proses peristiwa bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved