Roboguru

Jelaskan klasifikasi kelompok sosial menurut Emile Durkheim.

Pertanyaan

Jelaskan klasifikasi kelompok sosial menurut Emile Durkheim. 

Pembahasan Soal:

Kelompok sosial merupakan sekumpulan individu dengan karakteristik tertentu dan kesamaan identitas yang saling berinteraksi bersama serta memiliki kesadaran kolektif sebagai satu kesatuan.

Emile Durkheim mengklasifikasikan kelompok sosial menjadi dua, yaitu:

  1. Solidaritas mekanik merupakan solidaritas yang berdasarkan kesadaran kolektif, artinya tidak ada pembagian kerja di dalam suatu kelompok. Jadi, semua anggota mendapatkan beban kerja yang sama. Pada solidaritas mekanik ini, merupakan ciri masyarakat yang masih sederhana. Sehingga masyarakat yang menganut solidaritas ini yang diutamakan itu persamaan perilaku dan sikap. 

  2. Solidaitas  organik itu kebalikan dari mekanik, dimana di dalamnya sudah ada pembagian kerja. Jadi setiap orang memiliki fungsinya masing-masing. Pembagian kerja sudah jelas disini. Sering terjadi di masyarakat perkotaan, para anggota disatukan oleh rasa saling membutuhkan demi kepentingan bersama.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan perbedaan antara solidaritas organik dan solidaritas mekanik, serta berikan contohnya dalam masyarakat!

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas bentuk kelompok terstruktur.

Soal menanyakan perbedaan antara solidaritas organik dan solidaritas mekanik besrta contohnya. Perhatikan tabel dibawah ini!

Solidaritas Organik Solidaritas Mekanik
Solidaritas terbentuk karena kepentingan yang sama Solidaritas terbentuk karena adanya kesadaran
Ikatan antar anggota bersifat kontraktual Ikatan antar anggota bersifat kekal
Sudah mengenal pembagian kerja Belum mengenal pembagian kerja

Berdasarkan tabel diatas, dapat kita simpulkan solidaritas organik cenderung terjadi di masyarakat kota sebagai contoh adanya kelompok profesi seperti PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan sebagainya. Sedangkan, solidaritas mekanik cenderung terjadi di masyarakat desa sebagai contoh adanya kelompok gotong royong (Jumat Bersih dan lain-lain). 

0

Roboguru

Emile Durkheim membagi kelompok sosial yang didasarkan pada pembagian kerjanya. Pembagian ini dibuat menjadi dua, yaitu...

Pembahasan Soal:

Dalam Buku The Division Labour in Society atau “Pembagian Kerja dalam Masyarakat”. Emile Durkheim berpendapat bahwa masyarakat berkembang dari hubungan sosial yang sederhana menjadi hubungan yang kompleks dan rumit. Durkheim menyebut evolusi sebagai perubahan sosial dari solidaritas mekanik ke organik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Solidaritas adalah ...

Pembahasan Soal:

    Secara etimologi arti solidaritas adalah kesetiakawanan atau kekompakkan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan bahwa solidaritas diambil dari kata Solider yang berarti mempunyai atau memperlihatkan perasaan bersatu.
    Sedangkan pengertian solidaritas sosial menurut para ahli diantaranya, Emile Durkheim mengatakan bahwa solidaritas menunjukkan pada suatu keadaan antar individu dan/atau kelompok yang didasarkan perasaan moral dan kepercayaan yang dianut bersama, yang diperkuat oleh pengalaman emosional bersama. Solidaritas sosial menurut Robbert M.Z Lawang yaitu kesatuan, persahabatan, saling percaya yang muncul dari tanggung jawab dan kepentingan bersama diantara para anggota.undefined 

0

Roboguru

Pengertian konsep teoritis masyarakat desa dan kota?

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan bentuk kelompok terstruktur, dan poin yang ditanyakan yaitu konsep masyarakat desa yang identik dengan solidaritas mekanik serta masyarakat kota yang memiliki ciri solidaritas organik.

Emile Durkheim membagi kelompok sosial menjadi dua yaitu:

  1. Solidaritas mekanik merupakan ciri masyarakat yang masih sederhana, belum ada pembagian kerja, hubungan antar anggotanya bersifat dekat, memiliki kepercayaan dan perasaan kelompok untuk menjaga persatuan kelompok. Ciri-ciri cenderung mengarah pada masyarakat desa.
  2. Solidaritas organik, dengan ciri sudah ada pembagian/spesialisasi kerja berdasarkan kemampuan dan keahlian masing-masing individu sehingga ada rasa ketergantungan satu sama lain, serta ikatan yang menyatukan yaitu kesepakatan bersama dari berbagai profesi. Ciri-ciri cenderung mengarah pada masyarakat kota, sehingga pada masyarakat cenderung dikenal dengan sikap individual. space

0

Roboguru

Uraiakan perbedaan Teori Solidaritas Emile Durkheim dengan Ibnu Khaldun!

Pembahasan Soal:

Perbedaan teori solidaritas Emile Durkheim dan Ibnu Khaldun

Teori solidaritas Emile Durkheim
Menurut Emile Durkheim, solidaritas merupakan perasaan saling percaya, memiliki rasa sepenanggungan  antara anggota masyarakat dalam suatu kelompok sosial karena adanya rasa emosional yang sama. Emile Durkheim membagi solidaritas sosial menjadi dua bentuk yaitu:

  1. Solidaritas mekanik. Solidaritas yang didasarkan pada kesadaran kolektif yang merujuk pada totalitas kepercayaan mengenai persamaan pekerjaan, pengalaman dan norma yang dianut bersama.
  2. Solidaritas organik. Solidaritas yang didasarkan pada adanya pembagian kerja antar anggota masyarakat yang menyebabkan tingkat ketergantungan individu semakin tinggi.


Teori solidaritas Ibnu Khaldun
Menurut Ibnu Khaldun, solidaritas sosial didasarkan adanya hubungan darah atau pertalian lainnya yang memiliki tujuan yang sama. Pada hubungan pertalian darah mempunyai kekuatan yang mengikat masing-masing individu sehingga apabila ada satu individu yang mengalami kesusahan atau kesengsaraan anggota yang lain juga akan merasakan kesakitan yang sama. space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved