Pertanyaan

Jelaskan klasifikasi gempa!

Jelaskan klasifikasi gempa!

A. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Klasifikasi gempa meliputi: Gempa tektonik adalah gempa yang terjadi karena adanya tumbukan lempeng di litosfer oleh tenaga tektonik. Tumbukan tersebut akan menghasilkan getaran yang kemudian terasa sampai ke permukaan bumi. Gempa vulkanik merupakan gempa yang terjadi karena adanya aktivitas gunung api. Karena aktivitas penyebabnya terbatas, gempa ini hanya bisa terasa di sekitar gunung api ketika sudah menjelang letusan, pada saat letusan, dan setelah beberapa saat gempa itu terjadi. Gempa runtuhan juga dikenal dengan sebutan gempa longsoran. Gempa ini terjadi karena adanya daerah kosong yang runtuh di bawah lahan. Getaran yang diakibatkan oleh gempa runtuhan hanya bisa dirasakan di sekitar daerah yang runtuh. Gempa tumbukan disebabkan oleh tumbukan benda langit seperti meteor atau astroid yang jatuh ke Bumi. Gempa Buatan gempa bumi yang diakibatkan suatu aktivitas. Misalnya akibat alat peledak yang meledak, uji coba bom, hingga saat proses peruntuhan suatu bangunan. Sama seperti gempa bumi tumbukan dan gempa bumi runtuhan, skala gempa ini hanya dirasakan secara lokal.

Klasifikasi gempa meliputi:

  • Gempa tektonik adalah gempa yang terjadi karena adanya tumbukan lempeng di litosfer oleh tenaga tektonik. Tumbukan tersebut akan menghasilkan getaran yang kemudian terasa sampai ke permukaan bumi. 
  • Gempa vulkanik merupakan gempa yang terjadi karena adanya aktivitas gunung api. Karena aktivitas penyebabnya terbatas, gempa ini hanya bisa terasa di sekitar gunung api ketika sudah menjelang letusan, pada saat letusan, dan setelah beberapa saat gempa itu terjadi. 
  • Gempa runtuhan juga dikenal dengan sebutan gempa longsoran. Gempa ini terjadi karena adanya daerah kosong yang runtuh di bawah lahan. Getaran yang diakibatkan oleh gempa runtuhan hanya bisa dirasakan di sekitar daerah yang runtuh.
  • undefinedGempa tumbukan disebabkan oleh tumbukan benda langit seperti meteor atau astroid yang jatuh ke Bumi.
  • Gempa Buatan gempa bumi yang diakibatkan suatu aktivitas. Misalnya akibat alat peledak yang meledak, uji coba bom, hingga saat proses peruntuhan suatu bangunan. Sama seperti gempa bumi tumbukan dan gempa bumi runtuhan, skala gempa ini hanya dirasakan secara lokal.

201

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan karakteristik gempa bumi!

2rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia