Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan keterkaitan peristiwa pengeboman kota Hirosima dan Nagasaki dengan Kemerdekaan Indonesia?

Jelaskan keterkaitan peristiwa pengeboman kota Hirosima dan Nagasaki dengan Kemerdekaan Indonesia?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

keterkaitan peristiwa pengeboman kota Hirosima dan Nagasaki dengan Kemerdekaan Indonesia adalah dengan adanya berita kekalahan Jepang membuat bangsa Indonesia semakin yakin untuk sesegera mungkin memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

 keterkaitan peristiwa pengeboman kota Hirosima dan Nagasaki dengan Kemerdekaan Indonesia adalah dengan adanya berita kekalahan Jepang membuat bangsa Indonesia semakin yakin untuk sesegera mungkin memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Iklan

Pembahasan

Keinginan Amerika Serikat untuk segera menyelesaikan perang dilakukan dengan mengirimkan pesawat pembawa bom atom ke Jepang. Pada tanggal 6 Agustus 1945, bom atom pertama diledakkan di kota Hirosihma, sementara pada tanggal 9 Agustus 1945 bom atom dijatuhkan di kota Nagasaki. Kehancuran Kota Hiroshima dan Nagasaki telah menjatuhkan semangat dan martabat bangsa Jepang. Mereka tidak dapat menutup mata, bahwa Sekutu lebih unggul dalam persenjataan. Apabila perang dilanjutkan, Jepang akan lebih hancur. Akhirnya, Kaisar Jepang memutuskan untuk menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Penyerahan Jepang kepada Sekutu terjadi pada tanggal 15 Agustus 1945. Berita tentang kekalahan Jepang terhadap skutu sampai kepada golongan muda (Sjahrir). Atas dasar tersebut, para golongan muda segera mendesak Sukarno dan Hatta untuk segera memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Proklamasi pun akhirnya dapat dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945. Dengan demikian,keterkaitan peristiwa pengeboman kota Hirosima dan Nagasaki dengan Kemerdekaan Indonesia adalah dengan adanya berita kekalahan Jepang membuat bangsa Indonesia semakin yakin untuk sesegera mungkin memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Keinginan Amerika Serikat untuk segera menyelesaikan perang dilakukan dengan mengirimkan pesawat pembawa bom atom ke Jepang. Pada tanggal 6 Agustus 1945, bom atom pertama diledakkan di kota Hirosihma, sementara pada tanggal 9 Agustus 1945 bom atom dijatuhkan di kota Nagasaki. Kehancuran Kota Hiroshima dan Nagasaki telah menjatuhkan semangat dan martabat bangsa Jepang. Mereka tidak dapat menutup mata, bahwa Sekutu lebih unggul dalam persenjataan. Apabila perang dilanjutkan, Jepang akan lebih hancur. Akhirnya, Kaisar Jepang memutuskan untuk menyerah tanpa syarat kepada Sekutu. Penyerahan Jepang kepada Sekutu terjadi pada tanggal 15 Agustus 1945. Berita tentang kekalahan Jepang terhadap skutu sampai kepada golongan muda (Sjahrir). Atas dasar tersebut, para golongan muda segera mendesak Sukarno dan Hatta untuk segera memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. Proklamasi pun akhirnya dapat dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Dengan demikian, keterkaitan peristiwa pengeboman kota Hirosima dan Nagasaki dengan Kemerdekaan Indonesia adalah dengan adanya berita kekalahan Jepang membuat bangsa Indonesia semakin yakin untuk sesegera mungkin memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

alfi mazidur r

Bantu banget Makasih ❤️

Eriek Fitra

pelit

FALENTINA FERA FALENTINA FERA

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kekalahan Jerman pada Perang Dunia II memicu kekalahan Blok Axis SEBAB Jepang tidak memiliki kekuatan setelah Kota Hiroshima dan Nagasaki dibom atom oleh Sekutu

2

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia