Roboguru

Jelaskan kenapa pada musim panas manusia lebih sedikit mengeluarkan urine dan lebih banyak mengeluarkan keringat, dan bagaimana proses keluarnya keringat tersebut!

Pertanyaan

Jelaskan kenapa pada musim panas manusia lebih sedikit mengeluarkan urine dan lebih banyak mengeluarkan keringat, dan bagaimana proses keluarnya keringat tersebut!space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Ketika pada musim panas, tubuh kita banyak mengeluarkan keringat, sedangkan ketika udara dingin kita sering mengeluarkan urine karena saat udara panas maka tubuh kita akan melakukan respon untuk mengurangi panas tubuh dengan cara mengeluarkan sisa air di tubuh lewat berkeringat. Kulit memiliki kelenjar keringat yang akan menghasilkan keringat yang akan menurunkan suhu tubuh kita saat panas. Kelenjar keringat memiliki pangkal yang menggulung dan berhubungan dengan kapiler darah dan serabut saraf. Proses keluarnya keringat dapat dilihat pada proses dibawah ini.

  1. Ketika tubuh banyak bergerak atau pada keadaan panas, sel tubuh akan bekerja keras dalam menghasilkan energi yang akan mengakibatkan suhu tubuh naik dan memberikan rangasangan kepada hipotalamus.
  2. Hipotalamus akan memberi rangsangan pada saraf simpatik yang ada pada sumsum tulang belakang.
  3. Saraf simpatik akan memberikan sinyal impuls ke seluruh kelenjar keringat di tubuh bahwa suhu sedang tinggi.
  4. Kelenjar keringat kemudian akan memproduksi keringat agar menurunkan suhu tubuh. Keringat ini mengandung kotoran dan zat-zat sisa yang tidak terpakai dalam tubuh.

Jadi, pada saat musim panas, tubuh merespon dengan menghasilkan energi yang berdampak pada peningkatan suhu tubuh. Hal tersebut memicu hipotalamus untuk mengirimkan impuls ke kelenjar keringat agar mengeluarkan keringat sehingga menurunkan suhu tubuh.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved