Roboguru

Jelaskan kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem saraf!

Pertanyaan

Jelaskan kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem saraf!

Pembahasan Soal:

Sistem saraf merupakan sistem tubuh yang berperan dalam menghantarkan rangsangan. Sistem saraf dapat terkena suatu gangguan seperti penyakit. Penyakit saraf adalah semua gangguan yang terjadi pada sistem saraf tubuh, meliputi otak dan sumsum tulang belakang (sistem saraf pusat), serta saraf yang menghubungkan sistem saraf pusat dengan seluruh organ tubuh (sistem saraf perifer). Penyakit yang dapat terjadi pada sistem saraf yaitu:

  1. Meningitis
    Meningitis atau radang selaput otak adalah salah satu jenis penyakit saraf yang kerap dialami seseorang, terutama pada bayi, anak-anak, dan remaja. Peradangan pada selaput otak ini umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, tetapi bisa juga terjadi akibat penyakit non-infeksi, seperti alergi obat atau sarkoidosis. Penderita meningitis biasanya mengalami beberapa gejala seperti sakit kepala yang hebat, demam tinggi, dan leher kaku. Apabila penyakit ini tidak ditangani dengan cepat dan tepat, meningitis bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada otak dan memicu komplikasi seperti kejang dan gagal ginjal.
  2. Stroke
    Stroke merupakan salah satu penyakit tidak menular penyebab kematian terbesar di dunia, termasuk di Indonesia. Penyakit saraf ini terjadi karena terganggunya pasokan darah ke otak akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Kondisi ini menyebabkan jaringan otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang cukup untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Ketika sel-sel otak mulai rusak, penderita stroke dapat mengalami beberapa gejala, seperti mati rasa pada wajah, kesulitan dalam berbicara, berjalan, dan melihat, sakit kepala yang hebat, bahkan kelumpuhan.

Jadi, penyakit atau gangguan sistem saraf dapat menyerang bagian-bagian dari sistem saraf itu sendiri seperti saraf pusat dan saraf perifer.space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Handoko

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gangguan-gangguan di bawah ini: 1) stroke 2) meningitis 3) defisiensi adrenal 4) koma 5) tremor Gangguan yang dijumpai pada sistem saraf antara lain….

Pembahasan Soal:

Gangguan pada sistem regulasi dapat terjadi pada sistem saraf, sistem hormon, dan sistem indra. Gangguan pada sistem saraf antara lain:

  • Stroke merupakan penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada otak yang dipicu oleh terhalangnya aliran darah atau hilangnya darah di pembuluh darah dalam otak.
  • Meningitis merupakan kelainan pada sistem saraf akibat peradangan di bagian selaput otak (meninges) yang disebabkan oleh bakteri atau virus.
  • Koma diartikan sebagai periode panjang seseorang pada kondisi tidak tersadarkan diri dan tidak dapat dirangsang bahkan dengan stimulus yang paling menyakitkan.
  • Tremor merupakan kondisi tubuh dan alat gerak yang tidak dapat menahan goncangan tubuh.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Bagian otak yang mengalami gangguan pada penderita meningitis ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Meningitis merupakan penyakit peradangan selaput otak. Gambar di atas menunjukkan anatomi otak dengan nomor 1 adalah tulang tengkorak, nomor 2 dan 3 adalah bagian selaput otak, nomor 4 adalah otak besar, dan nomor 5 adalah otak kecil.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Sebutkan penyakit yang berhubungan dengan saraf!

Pembahasan Soal:

Penyakit saraf adalah semua gangguan yang terjadi pada sistem saraf tubuh, meliputi otak dan sumsum tulang belakang (sistem saraf pusat), serta saraf yang menghubungkan sistem saraf pusat dengan seluruh organ tubuh. Contoh penyakit saraf adalah meningitis, demensia, alzheimer, parkinson, neuritis, parestisia atau kesemutan, epilepsi, dan gegar otak.space 

Jadi, jenis penyakit yang berhubungan dengan saraf adalah meningitis, demensia, alzheimer, parkinson, neuritis, parestisia atau kesemutan, epilepsi, dan gegar otak.space 

0

Roboguru

Sebutkan teknologi untuk mengatasi gangguan kelainan dan penyakit yang menyerang sistem saraf?

Pembahasan Soal:

Salah satu teknologi pengobatan kelainan sistem saraf seperti meningitis adalah imunoterapi. Imunoterapi bekerja dengan mengambil serum dari plasma darah yang mengandung antibodi, kemudian serum tersebut diperbanyak secara laboratorium dan disuntikan kembali ke dalam tubuh. Ini sebenarnya adalah membiarkan tubuh sendiri melawan penyakit tersebut menggunakan antibodinya yang telah diberbanyak.space 

0

Roboguru

Kerusakan otak akibat tersumbatnya atau pecahnya pembuluh darah akan mengakibatkan....

Pembahasan Soal:

Jika pembuluh darah pecah terjadi di otak, maka hal ini akan menimbulkan perdarahan otak atau biasa disebut brain hemorrhage. Perdarahan ini akan berakibat fatal karena bisa mengakibatkan pembengkakan otak dan matinya sel-sel otak sehingga memicu penyakit stroke.space 

Jadi, pecahnya pembuluh darah pada otak akan memicu penyakit stroke.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved