Roboguru

Jelaskan kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem hormon!

Pertanyaan

Jelaskan kelainan atau penyakit yang terjadi pada sistem hormon!space 

Pembahasan Soal:

Sistem endokrin adalah jaringan kelenjar yang menghasilkan hormon yang merupakan sinyal kimia yang dikeluarkan melalui aliran darah. Sistem tubuh ini dapat terkena suatu gangguan yang mengganggu proses bahkan memberi penyakit pada suatu individu. Gangguan endokrin adalah penyakit yang terkait dengan kelenjar endokrin pada tubuh. Contoh dari kelainan pada sistem hormon atau endokrin ini adalah:

  1. Dwarfisme adalah kekerdilan akibat kekurangan GH
  2. Gigantisme adalah pertumbuhan yang melebihi kapasitas normal karena kelebihan GH. 
  3. Akromegali adalah pertumbuhan yang tidak seimbang akibat kelebihan GH ketika sudah dewasa. 

Jadi, penyakit yang terjadi pada sistem hormon dapat terjadi karena masalah produksi hormon dalam tubuh sehingga mengganggu proses biologis dalam tubuh.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Handoko

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lucas merasa lehernya lama kelamaan membengkak, setelah berkonsultasi dengan dokter ternyata pola makannya kurang sehat. Penyebab leher Lucas membengkak adalah ...

Pembahasan Soal:

Kelenjar tiroid terletak di leher bagian depan dan di bawah jakun. Kelenjar ini menghasilkan hormon tiroksin. Hormon tiroksin mengandung iodin. Apabila seseorang kekurangan iodin dalam makanannya dapat mengakibatkan terganggunya pembentukan tiroksin sehingga kelenjar gondok menjadi membengkak. Kelenjar tiroid berbentuk seperti kupu-kupu, terletak di leher bagian depan tepatnya di depan trakea. Gondok atau pembengkakan kelenjar tiroid dapat menyebabkan leher tampak membengkak. Pada masa anak-anak, kekurangan hormon ini menyebabkan pertumbuhannya menjadi lambat (kretinisme). Apabila kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak tiroksin, dapat mengakibatkan metabolisme berlangsung cepat, meningkatnya denyut jantung, gugup, emosional, pelupuk mata terbuka lebar, dan bola mata melotot (eksoftalmus).

Dengan demikian, jawaban yang tepat yaitu C.space 

0

Roboguru

Penderita penyakit gondok disebabkan oleh . . . .

Pembahasan Soal:

Penderita penyakit gondok disebabkan oleh defisiensi yodium. Iodine atau yodium adalah salah satu jenis mineral yang ditemukan dalam beberapa makanan seperti makanan lalut, telur, susu, dan garam beriodin. Untuk mencegah timbulnya penyakit gondok seseorang perlu mengonsumsi garam beryodium setiap hari. Dianjurkan untuk mengonsumsi garam tidak lebih dari 6 gram (1 sendok teh) tiap hari.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

1

Roboguru

Iodin merupakan salah satu zat penyusun tubuh manusia. Jelaskan apa fungsi zat tersebut bagi tubuh dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan Iodin!

Pembahasan Soal:

Unsur iodin/iodium dapat diperoleh dari garam yang mengandung iodium, sayuran, dan ikan laut. Fungsi iodium adalah membantu pemeliharaan kelenjar tiroid dan sebagai pembentuk hormon tiroksin. Defisiensi/kekurangan iodium akan menimbulkan penyakit gondok (goiter). Hal ini terjadi karena kelenjar tiroid dipacu untuk menghasilkan hormon tiroksin sehingga kelenjar tersebut berusaha memperbesar ukurannya. Rendahnya kandungan tiroksin akan mengakibatkan rendahnya pertumbuhan dan metabolisme karbohidrat. Gejala kekurangan iodium adalah badan lemah dan suhu tubuh relatif rendah, serta ditandai dengan adanya pembengkakan di daerah leher penderita.

Dengan demikian fungsi zat iodin bagi tubuh adalah membantu pemeliharaan kelenjar tiroid serta sebagai pembentuk hormon tiroksin dalam mengatur metabolisme karbohidrat dan dampak yang terjadi jika tubuh kekurangan Iodin adalah penyakit gondok (goiter).space space  

0

Roboguru

Kekurangan hormon somatotrof sehingga pertumbuhannya terhambat mengakibatkan penyakit

Pembahasan Soal:

Dwarfisme adalah penyakit terhambatnya pertumbuhan akibat kekurangan hormon pertumbuhan. Kekurangan hormon pertumbuhan ini akan mempengaruhi pertumbuhan tulang dan otot serta mengganggu metabolisme karbohidrat, lemak dan mineral yang bermanifestasi menjadi cebol.

Gejalanya berupa badan pendek, gemuk, muka dan suara imatur (tampak seperti anak kecil), pematangan tulang yang terlambat, lipolisis (proses pemecahan lemak tubuh) yang berkurang, peningkatan kolesterol, dan hipoglikemia.

Dengan demikian, jawaaban yang tepat adalah A.space space

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Sebutkan kelainan hormone di atas! Apakah kelainan tersebut menurun? Bisakah normal kembali?

Pembahasan Soal:

Gambar tersebut merupakan kelainan Dwarfisme yang menyebabkan penderitanya memiliki postur tubuh kerdil. Penderita dwarfisme memiliki ukuran tubuh kecil tapi proporsional atau bahkan tidak proporsional, karena ukuran badannya tergolong normal akan tetapi memiliki tungkai yang pendek serta ukuran kepala lebih besar.
Penyakit ini umumnya karena kekurangan hormon pertumbuhan. Akan tetapi ada juga yang merupakan kelainan genetik sehingga akan sulit untuk disembuhkan.
Umumnya pengobatan menggunakan terapi hormon, dan operasi untuk mengurangi gejala dan memperbaiki postur.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved