Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan kehidupan pada masa Neozoikum!

Jelaskan kehidupan pada masa Neozoikum!space 

Iklan

A. Kusuma

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Bumi tempat tinggal makhluk hidup saat ini memiliki sejarah pembentukan kehidupan bumi yang terbagi secara besar menjadi 4 (empat) zaman, salah satunya adalah zaman Neozoikum. Zaman Neozoikum , yaitu zaman setelah kepunahan dinosaurus dan permukaan bumi didominasi oleh mamalia dan burung sekitar 60 juta tahun yang lalu sampai sekarang. Zaman ini dibagi menjadi dua, yaituzaman tersier (zaman ketiga) dan zaman kuarter (zaman keempat). Pada zaman Tersier, reptil raksasa mulai berkurang, berganti dengan jenis-jenis binatang mamalia, sedangkan zaman kuartermulai muncul tanda-tanda adanya kehidupan manusia purba. Pada zaman Kuarter terbagi 2 masa, yaitumasa Pleistosen yang merupakan awal kehidupan manusia dan zaman es, serta masa Holosen yang merupakan awal kemunculan Homo sapiens yang diyakini sebagai awal dari manusia modern.

Bumi tempat tinggal makhluk hidup saat ini memiliki sejarah pembentukan kehidupan bumi yang terbagi secara besar menjadi 4 (empat) zaman, salah satunya adalah zaman Neozoikum. Zaman Neozoikum, yaitu zaman setelah kepunahan dinosaurus dan permukaan bumi didominasi oleh mamalia dan burung sekitar 60 juta tahun yang lalu sampai sekarang. Zaman ini dibagi menjadi dua, yaitu zaman tersier (zaman ketiga) dan zaman kuarter (zaman keempat).

  • Pada zaman Tersier, reptil raksasa mulai berkurang, berganti dengan jenis-jenis binatang mamalia, sedangkan zaman kuarter mulai muncul tanda-tanda adanya kehidupan manusia purba.
  • Pada zaman Kuarter terbagi 2 masa, yaitu masa Pleistosen yang merupakan awal kehidupan manusia dan zaman es, serta masa Holosen yang merupakan awal kemunculan Homo sapiens yang diyakini sebagai awal dari manusia modern.

space 

Latihan Bab

Jagat Raya

Tata Surya

Gerakan Planet Bumi

Lapisan Interior Bumi

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Permulaan era baru dengan munculnya manusia di Bumi, yaitu manusia purba (pleistosen) dan manusia modern (holosen) adalah ciri-ciri dari zaman Kenozoikum pada masa ....

376

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia