Roboguru

Jelaskan kehidupan dunia pada zaman es!

Pertanyaan

Jelaskan kehidupan dunia pada zaman es!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Zaman es atau zaman glasial merupakan zaman yang terjadi antara 3.000.000 sampai 10.000 tahun yang lalu pada kala pleistosen. Penyebab terjadinya zaman es akibat terjadinya proses pendinginan aerosol yang sering menimpa planet bumi. Ketika zaman es, permukaan air laut jauh lebih rendah dari pada sekarang, karena banyak air yang membeku di daerah kutub. Beberapa pulau bergabung menjadi satu karena permukaan laut tertutup es. Oleh karena itu, kondisi keras pada zaman es ini merangsang hewan purba ke bentuk yang lebih kompleks untuk beradaptasi dengan lingkungan yang ada.

Dengan demikian, pada zaman es terjadi evolusi hewan lebih kompleks.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimanakah perbedaan kondisi bumi saat Zaman lnterglasial dan Glasial?

Pembahasan Soal:

Zaman glasial adalah waktu dimana suhu menurun dalam periode waktu yang lama dalam iklim bumi. Hal ini mengakibatkan meluasnya lapisan es di kawasan kutub dan gletser gunung. Sisa lautan yang ada tidak tertutupi es tetapi memiliki suhu tertinggi rata-rata kurang lebih 40 C. Kemudian secara geologis, zaman es seringkali digunakan untuk merujuk pada waktu lapisan es di belahan bumi utara dan selatan.  Menurut beberapa ahli, masa ini terjadi berulang-kali dengan diselingi masa-masa yang lebih hangat yang dimaksud periode interglasial.  Puncak zaman glasial ditandai ditandai dengan menurutnya permukaan laut hingga mencapai kurang lebih -145 meter.  Sementara zaman Interglasial adalah masa diantara dua zaman es. Pada periode ini temperatur suhu udara naik hingga menyebabkan lapisan es di kutub dan di gunung mencair. Hal ini mengakibatkan permukaan air laut naik dan terjadinya banjir besar di banyak tempat. Hal ini membuat banyak daratan terpisah-pisah oleh lautan dan selat. Zaman Interglasial disebut juga kala Holosen, yakni kala dalam skala waktu geologi yang terjadi pada kurang lebih 10.000 tahun yang lalu.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa zaman glasial adalah masa dimana meluasnya lapisan es di bumi bagian utara. puncaknya ditandai dengan menurunnya permukaan air laut. sedangkan zaman interglasial adalah masa dimana suhu bumi mengalami kenaikan yang mengakibatkan naiknya permukaan air laut. hal ini juga menyebabkan terjadinya pemisahan daratan oleh laut dan selat.

0

Roboguru

Mengapa zaman kuarter dinamakan zaman es?

Pembahasan Soal:

Dinamakan zaman es karena selama itu es dari kutub berkali-kali meluas sampai menutupi sebagian besar permukaan bumi dari Eropa Utara, Asia Utara, dan Amerika Utara. Terjadinya peristiwa tersebut karena panas bumi tidak tetap, adakalanya nsik dan adakalanya turun. Jika suhu panas bumi turun drastis, es akan mencapai luas yang sebesar-besarnya dan air laut akan turun atau disebut dengan zaman glasial. Namun sebaliknya, jika suhu panas naik, es akan mencair dan permukaan air laut akan naik yang disebut dengan zaman interglasial. Selama zaman diluvium (pleistosen), zaman glasial dan zaman interglasial berlangsung silih berganti. Hal tersebut menimbulkan berbagai perubahan iklim di seluruh dunia dan kemudian memengaruhi keadaan bumi serta kehidupan termasuk manusia. Hewan-hewan berbulu tebal yang mampu bertahan hidup mulai ada pada kala pleistosen ini. Salah satunya adalah gajah berbulu tebal (Mammuthus). Hewan yang berbulu tipis pindah ke daerah tropis. Perpindahan binatang dari Asia Daratan ke Jawa, Sulawesi, dan Filipina ada yang melalui Malaysia ke Jawa (jalan barat), ada pula yang melalui Formosa, Filipina ke Kalimantan, Jawa, dan Sulawesi (jalan timur).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dinamakan zaman es karena selama itu es dari kutub berkali-kali meluas sampai menutupi sebagian besar permukaan bumi.

0

Roboguru

Suatu zaman ketika meluasnya lapisan es di Kutub Utara sehingga menyebabkan sebagian besar Benua Asia, Amerika, dan Eropa tertutup es. Pada zaman ini terjadi penyebaran binatang dan manusia purba ke n...

Pembahasan Soal:

Zaman Kuarter atau Quartair adalah periode terakhir di era Neozoikum atau Keinozoikum dalam skala waktu geologi. Zaman kuarter ini udah dimulai dari 2,58 juta tahun yang lalu sampai dengan sekarang. Ditandai dengan adanya perubahan iklim yang dramatis dan munculnya hewan modern.

Zaman kuarter ini terbagi menjadi dua zaman, yaitu zaman pleistosen dan zaman holosen. Masa Pleistosen dikenal sebagai zaman es. Pada masa Pleistosen keadaan bumi tidak stabil dan es di kutub berulang kali meluas hingga menutup sebagian besar benua Asia, Amerika, dan Eropa bagian utara. Oleh karena itu, periode ini disebut dengan zaman glasial.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah D.

1

Roboguru

Jelaskan apa yang dimaksud dengan zaman geologis!

Pembahasan Soal:

Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan, berdasarkan komposisinya, struktur, sejarah, sifat-sifatnya, dan juga proses pembentukannya, dan orang yang memelajari dan mendalami ilmu geologi disebut geolog. Berdasarkan geologi, zaman praaksara dibagi menjadi 4, ada zaman tertua (Arkaekum), zaman primer atau zaman hidup tua (Paleozoikum), zaman sekunder atau zaman hidup pertengahan (Mesozoikum), serta zaman hidup baru (Neozoikum).

Dengan demikian, pembagian zaman secara geologis adalah pembagian zaman berdasarkan keadaan bumi saat itu. Dan secara geologis masa praaksara dibagi menjadi 4 yaitu Arkaikum, Palaeozoikum, Mesozoikum, Neozoikum

0

Roboguru

Tulis informasi yang kamu temukan pada kolom yang disediakan!

Pembahasan Soal:

Para ahli sejarah membagi periode prasejarah di bumi menjadi 4 zaman yaitu Zaman Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Neozoikum.  Berikut ini ciri-ciri Zaman Paleozoikum yaitu:

  1. Berlangsung sekitar 340 juta tahun.
  2. Keadaan bumi belum stabil.
  3. Iklim masih sering berubah-ubah.
  4. Curah hujan yang sangat besar.
  5. Mulai ada tanda kehidupan berupa hewan kecil tidak bertulang belakang, mikroorganisme, sejenis ikan, ganggang atau rerumputan.

Dengan demikian, ciri-ciri kehidupan zaman paleozoikum yaitu mulai ada tanda-tanda kehidupan berupa mikroorganisme, hewan kecil tanpa bertulang belakang, jenis ikan, dan jenis ganggang atau rerumputan, keadaan bumi masih belum stabil, Iklim masih belum stabil dan berubah-ubah, curah hujan sangat besar dan berlangsung sekitar 340 juta tahun yang lalu.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved