Roboguru

Jelaskan kegunaan sosiologi dalam penelitian!

Pertanyaan

Jelaskan kegunaan sosiologi dalam penelitian!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

ilmu sosiologi berusaha untuk memecahkan permasalahan atau mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat, dengan cara melakukan pengumpulan data mengenai penyebab terjadinya masalah tersebut. setelah data terkumpul, data tersebut akan dijadikan sebuah kesimpulan untuk mencari solusi dari sebuah masalah.

contohnya sosiolog melakukan pengumpulan data mengenai fenomena pengangguran di Indonesia, sosiolog melakukan pengumpulan dari mulai dari observasi, wawancara, studi dokumentasi yang ada di lapangan mengenai fenomena tersebut dan mencari kesimpulan apa yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran serta mampu merumuskan cara mengatasi dan mengurangi pengangguran tersebut.

berdasarkan penjelasan di atas, penggunakan sosiologi di dalam penelitian yaitu sebagai pemecahan sebuah masalah sosial dan menciptakan solusi dalam masalah tersebut.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini adalah bukan bukan sikap-sikap yang dimiliki seorang peneliti handal disamping berpikir ilmiah...

Pembahasan Soal:

Sikap objektif dan faktual harus dimiliki oleh seorang peneliti. Sikap objektif yaitu Seorang peneliti harus menilai objek maupun subjek penelitian sesuai dengan instrumen yang telah diibuat dan realita lapangan. Dalam hal ini peneliti mampu memisahkan antara fakta dan pendapat pribadi ketika di lapangan yang bersifat subjektif.  space space

Sikap faktual, penelitian harus melihat kenyataan di lapangan. Jadi peneliti melakukan penelitian berdasarkan data dan fakta ketika melakukan penelitian.  

0

Roboguru

Ciri-ciri metode kuantitatif adalah ....

Pembahasan Soal:

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang didasari pada asumsi, kemudian ditentukan variabel, dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode-metode penelitian yang valid, terutama dalam penelitian kuantitatif. Adapun ciri dari penelitian kuantitatif adalah sebagai berikut:

  1. Penelitian kuantitatif berhubungan erat dengan angka-angka sebagai bahan penelitian, sehingga peralatan seperti kalkulator, komputer, dan lainnya dengan serta merta menjadi instrumen utama penelitian kuantitatif
  2. Teknik pengumpulan data yang biasa digunakan dalam penelitian kuantitatif antara lain yaitu eksperimen survei, dan angket.
  3. Karena penelitian kuantitatif biasanya dilakukan dengan cara deduktif, maka analisis dilakukan setelah pengumpulan data.
  4. Hubungan dengan responden memiliki jarak dan berjangka pendek.

Berdasarkan penjelasan diatas, maka ciri-ciri metode kuantitatif yang paling mendekati ialah keterangan didasarkan dari angka-angka yang di dapat dalam penelitian.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

0

Roboguru

Jelaskan fungsi sosiologi dalam meneliti gejala sosial !

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah fungsi sosiologi dalam meneliti gejala sosial.space space  

Kegiatan penelitian dalam sosiologi, biasanya mengkaji berbagai gejala yang ada di masyarakat. Dengan penelitian, akan diperoleh suatu rencana penyelesaian masalah sosial yang baik. Dari data yang dihasilkan dari penelitian sosiologis, pengambil keputusan dapat menyusun rencana penyelesaian suatu masalah sosial, seperti cara untuk mencegah kenakalan remaja dan mengatasi masalah pengangguran, maupun meningkatkan rasa solidaritas antarwarga yang semakin memudar.space space  

Fungsi Sosiologi dalam penelitian sosial:

  1. Untuk mempertimbangkan berbagai gejala sosial yang timbul dalam kehidupan masyarakat
  2. Untuk memahami pola tingkah laku manusia di masyarakat
  3. Untuk bersikap hati-hati dan selalu berpikir rasional
  4. Untuk dapat melihat perubahan tingkah laku anggota masyarakat
  5. Untuk dapat memahami simbol, kode, dan berbagai istilah yang menjadi obyek penelitian.space space  

0

Roboguru

Sosiologi dapat digunakan dalam kajian yang lebih luas yaitu meliputi perencanaan suatu program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta pengawasan perilaku masyarakat agar sesuai den...

Pembahasan Soal:

Pada soal tersebut dijelaskan bahwa kajian sosiologi dapat dimanfaatkan untuk perencanaan program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat , ini berarti salah satu fungsi sosiologi adalah untuk perencanaan pembangunan. Kemudian, sosiologi juga bermanfaat untuk pengawasan perilaku masyarakat yang berarti sosiologi mempunyai fungsi kontrol sosial. Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D.

0

Roboguru

Seorang Kepala Daerah ingin membangun kota yang manusiawi, aman dan damai. Untuk bangunan fisik, ia sudah bekerjasama dengan ahli tata kota dan arsitek. Tetapi untuk bangunan sosial, ia meminta bantua...

Pembahasan Soal:

Kepala daerah bekerja sama dengan arsitek dan ahli tata kota untuk membangun kota yang manusiawi, aman, dan damai. Akan tetapi, untuk bangunan sosial ia meminta bantuan kepada para sosiolog untuk memberikan data akurat mengenai kebutuhan masyarakat. Ini berarti sosiolog berfungsi untuk melaksanakan penelitian sosial yang dalam hal ini adalah penelitian mengenai kebutuhan masyarakat akan pembangunan kota yang akan dilaksanakan. Dengan demikian, data yang dibutuhkan untuk melakukan pembangunan sosial didapatkan berdasarkan hasil penelitian sosial.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved