Roboguru

Jelaskan kegunaan garis lintang yang berkaitan dengan iklim di Bumi!

Pertanyaan

Jelaskan kegunaan garis lintang yang berkaitan dengan iklim di Bumi!space 

Pembahasan Soal:

Garis lintang merupakan garis khayal yang digunakan untuk menentukan sebuah lokasi di Bumi yang berpusat pada garis khatulistiwa (Utara dan Selatan). Garis lintang akan melingkari Bumi dari bagian ekuator hingga ke bagian kutub Utara dan ke bagian kutub Selatan. Garis yang berada di sebelah Utara ekuator disebut dengan Lintang Utara (LU) sedangkan garis yang berada di sebelah Selatan ekuator disebut dengan Lintang Selatan (LS).

Dalam keberadaannya, garis lintang memiliki 2 fungsi utama, yaitu untuk menentukan suatu lokasi bersama dengan garis bujur dan sebagai acuan untuk menentukan perbedaan zona iklim di Bumi.

Pembagian iklim di Bumi yang memanfaatkan garis lintang adalah klasifikasi iklim Matahari. Pembagian iklim Matahari dilakukan dengan dasar pada banyak atau sedikitnya sinar Matahari atau bisa juga berdasarkan letak dan kedudukan Matahari terhadap permukaan Bumi. Berdasarkan pada garis lintang, pembagian iklim Matahari dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  1. Iklim tropis, daerah yang memiliki posisi lintang pada 0 degree minus 23 1 half degree LU space dan space 0 degree minus 23 1 half degree LS, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan negara yang memiliki garis lintang kisaran di atas.
  2. Iklim subtropis, daerah yang memiliki letak garis lintang 23 1 half degree minus 40 degree LU space dan space 23 1 half degree minus 40 degree LS.
  3. Iklim sedang, daerah yang memiliki lokasi dengan garis lintang 40 degree minus 66 1 half degree LU space dan space 40 degree minus 66 1 half degree LS.
  4. Iklim dingin, daerah yang termasuk ke dalam iklim dingin adalah wilayah kutub. Iklim dingin terbagi menjadi dua yaitu iklim tundra dan iklim es.

Jadi, kegunaan garis lintang berkaitan dengan iklim Bumi adalah membagi iklim menjadi 4 jenis yaitu iklim tropis, iklim subtropis, iklim sedang, dan iklim dingin.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved