Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan kegunaan dari: toluen, stirena, anilin, benzaldehid.

Jelaskan kegunaan dari:space 

  1. toluen,
  2. stirena, 
  3. anilin,
  4. benzaldehid.

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kegunaan dari senyawa turunan benzena tersebut: Toluena pelarutdan bahan baku untuk membuat TNTatau bahan peledak. Stirenadigunakan sebagai bahan dasar pembuatan polimer sintetik polistirena melalui proses polimerisasi. Anilinuntuk membuat obat-obatan dan plastik. Benzaldehid juga digunakan pada industri zat warna dan aroma. Senyawa turunan benzena adalah senyawa benzena dimana satu atau lebih atom H-nya digantikan atom atau gugus lain. Kegunaan senyawa turunan benzena adalah sebagai berikut: Toluene Toluenamerupakan bahan kimia yang digunakan sebagai pelarut cat maupun bahan perekat yang dijual bebas di pasaran, sebagai pelarut dan bahan baku untuk membuat TNT (trinitro yoluena) atau bahan peledak. Stirena Stirenadigunakan sebagai bahan dasar pembuatan polimer sintetik polistirena melalui proses polimerisasi. Polistirena banyak digunakan untuk membuat insolator listrik, boneka, sol sepatu serta piring dan cangkir. Anilin Anilin adalah zat cair berupa minyak, tidak berwarna, dan digunakan sebagai bahan untuk membuat zat warna . Anilin juga digunakan untuk membuat obat-obatan dan plastik. Benzaldehid Benzaldehid adalah zat cair seperti minyak, tidak berwarna, dan berbau istimewa, digunakan dalam wangi-wangian. Benzaldehid juga digunakan pada industri zat warna dan aroma .

Kegunaan dari senyawa turunan benzena tersebut:space

  • Toluena pelarut dan bahan baku untuk membuat TNT atau bahan peledak.
  • Stirena digunakan sebagai bahan dasar pembuatan polimer sintetik polistirena melalui proses polimerisasi.
  • Anilin untuk membuat obat-obatan dan plastik.
  • Benzaldehid juga digunakan pada industri zat warna dan aroma.

Senyawa turunan benzena adalah senyawa benzena dimana satu atau lebih atom H-nya digantikan atom atau gugus lain. Kegunaan senyawa turunan benzena adalah sebagai berikut:

  • Toluene
    Toluena merupakan bahan kimia yang digunakan sebagai pelarut cat maupun bahan perekat yang dijual bebas di pasaran, sebagai pelarut dan bahan baku untuk membuat TNT (trinitro yoluena) atau bahan peledak.
  • Stirena
    Stirena digunakan sebagai bahan dasar pembuatan polimer sintetik polistirena melalui proses polimerisasi. Polistirena banyak digunakan untuk membuat insolator listrik, boneka, sol sepatu serta piring dan cangkir.
  • Anilin
    Anilin adalah zat cair berupa minyak, tidak berwarna, dan digunakan sebagai bahan untuk membuat zat warna. Anilin juga digunakan untuk membuat obat-obatan dan plastik.
  • Benzaldehid
    Benzaldehid adalah zat cair seperti minyak, tidak berwarna, dan berbau istimewa, digunakan dalam wangi-wangian. Benzaldehid juga digunakan pada industri zat warna dan aroma.

Latihan Bab

Pendahuluan Benzena

Benzena

Tata Nama Turunan Benzena

Reaksi Penting pada Benzena

461

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui beberapa turunan senyawa benzena yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan: (1) asam benzoat; (2) fenol; (3) trinitrotoluena; dan (4) anilina. Senyawa yang memiliki kegunaan seb...

458

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia