Roboguru

Jelaskan kecenderungan umum sifat berikut! a. jari-jari atom

Pertanyaan

Jelaskan kecenderungan umum sifat berikut!

a. jari-jari atom

Pembahasan Soal:

Dalam golongan yang sama kenaikan nomor atom menjadikan jari-jari atom menjadi lebih besar karena jumlah kulit semakin banyak namun pada periode yang sama kenaikan nomor atom menjadikan jari-jari atom semakin kecil karena gaya tarik inti yang semakin kuat menjadikan kulit atom menjadi mengkerut.

Oleh karena itu, dalam golongan yang sama semakin besar nomor atom maka jari-jari atom semakin besar sedangkan pada periode yang sama semakin besar nomor atom maka jari-jari semakin kecil.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Muhammad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dengan hanya menggunakan data unsur-unsur dalam tabel periodik di bawah ini,   Diketahui bahwa He, Li, C, Si, dan Cl berturut-turut memiliki nomor atom 2, 3, 6, 14, dan 17. Susunlah konfigurasi...

Pembahasan Soal:

Sifat Keperiodikan Unsur adalah sifat-sifat unsur yang berubah secara beraturan sesuai dengan kenaikan nomor atom unsur. Sifat keperiodikan unsur dalam sistem periodik unsur modern antara lain jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron, keelektronegatifan, sifat logam, titik leleh serta titik didih.

  • Konfigurasi elektron


    He presubscript 2 colon space bold 1 italic s to the power of bold 2 scriptbase Li space end scriptbase presubscript 3 colon space space 1 s squared space bold 2 italic s to the power of bold 1 C presubscript 6 space colon space 1 s squared space bold 2 italic s to the power of bold 2 bold space bold 2 italic p to the power of bold 2 Si presubscript 14 colon space 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space bold 3 italic s to the power of bold 2 bold space bold 3 italic p to the power of bold 2 Cl presubscript 17 colon space 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space bold 3 italic s to the power of bold 2 bold space bold 3 italic p to the power of bold 5  

     
  • Berdasarka konfigurasi elektron di atas, C dan Si terletak pada golongan yang sama karena memiliki jumlah elektron valensi yang sama yaitu 4 (yang dicetak tebal)
  • Pada konfigurasi elektron di atas, Li dan C terletak pada periode yang sama karena jumlah kulitnya sama (2 kulit) dan Si dan Cl terletak pada peri ode yang sama karena jumlah kulitnya sama (3 kulit).
  • Unsur-unsur yang terletak pada periode 3 adalah Si dan Cl. Jari-jari unsur Si lebih kecil dibanding Cl karena letak Si berada di sebelah kiri Cl.
  • Jumlah elektron sama dengan nomor atom. Atom Cl memiliki jumlah elektron terbanyak karena memiliki nomor atom terbesar.
  • He sebagai atom gas muulia yang paling stabil karena memenuhi kaidah duplet dan jari-jari lebih kecil.
  • Atom Li paling cenderung melepas elektron karena hanya memiliki 1 elektron valensi dan jari-jari atom besar.
  • Atom Cl paling elektronegatif karena memiliki 7 elektron valensi dan jari-jari atomnya paling kecil.
  • Kesimpulan: 
    1. Unsur-unsur dengan jumlah elektron valensi yang sama terletak pada golongan yang sama. 
    2. Unsur-unsur dengan jumlah kulit yang sama terletak pada periode yang sama. 
    3. Dalam satu periode, makin besar nomor atom, makin kecil jari-jari atom. 
    4. Dalam satu golongan, makin besar nomor atom, makin besar jari-jari atom. 
    5. Atom-atom dengan jumlah elektron valensi yang rendah cenderung untuk melepas elektron. 
    6. Atom-atom dengan jumlah elektron valensi banyak cenderung untuk menarik elektron.

Dengan demikian, sifat keperiodikan unsur dapat ditentukan berdasarkan konfigurasi elektronnya.

Roboguru

Bagaimana perubahan harga jari-jari atom dalam satu periode dari kiri ke kanan dan dalam satu golongan dari atas ke bawah?

Pembahasan Soal:

Jari-jari atom dalam satu periode dari kiri ke kanan makin pendek sedangkan jari-jari atom unsur segolongan dari atas ke bawah makin panjang. Kecenderungan tersebut diakibatkan oleh adanya gaya tarik inti terhadap elektron dan jumlah kulit elektron.

Dalam satu periode dari kiri ke kanan muatan inti makin bertambah sedangkan jumlah kulit elektronnya tetap. Akibatnya, gaya tarik inti terhadap elektron terluar makin kuat sehingga menyebabkan jarak elektron kulit terluar dengan inti makin dekat. 

Dalam satu golongan, makin ke bawah jumlah kulitnya rnakin banyak. Meskipun dalam hal ini jumlah muatan inti makin banyak, tetapi pengaruh bertambahnya jumlah kulit lebih besar daripada pengaruh muatan inti. Akibatnya, jarak elektron kulit terluar terhadap inti makin jauh.

Jadi, jari-jari atom dalam satu periode dari kiri ke kanan makin pendek sedangkan jari-jari atom unsur segolongan dari atas ke bawah makin panjang.

Roboguru

Di antara unsur atau ion berikut yang memiliki jari-jari paling besar adalah .... (Nomor atom F = 9, Cl = 17, dan Br = 35)

Pembahasan Soal:

Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom sampai kulit elektron terluar yang ditempati elektron. Pada sistem periodik, dalam satu golongan, dari atas ke bawah, jari-jari atom makin besar.

Pertama, lakukan konfigurasi unsur-unsur di soal.
 

begin mathsize 14px style F presubscript 9 equals 2 comma space 7 end style 

begin mathsize 14px style Cl presubscript 17 equals 2 comma space 8 comma space 7 end style 

begin mathsize 14px style Br presubscript 35 equals 2 comma space 8 comma space 18 comma space 7 end style 
 

Unsur F, Cl, dan Br adalah unsur-unsur yang terletak pada golongan VIIA. Oleh karena berada pada golongan yang sama, maka Br memiliki jari-jari atom yang paling besar.

Selanjutnya, bandingkan konfigurasi elektron unsur Br dan ion undefined.
 

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Br presubscript 35 end cell equals cell 2 comma space 8 comma space 18 comma space 7 end cell row cell Br presubscript 35 superscript minus sign end cell equals cell 2 comma space 8 comma space 18 comma space 8 end cell end table end style 
 

Bertambahnya elektron pada kulit terluar tidak memengaruhi perlindungan terhadap elektron valensi, namun menyebabkan tolakan antarelektron bertambah dan muatan inti efektif berkurang sehingga elektron semakin jauh dari inti. Akibatnya, jari-jari anion lebih besar dari atom netralnya.

Dengan demikian, unsur atau ion di pilihan jawaban yang memiliki jari-jari paling besar adalah begin mathsize 14px style Br to the power of minus sign end style.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Roboguru

Soal berkaitan dengan unsur-unsur berikut : . Unsur yang mempunyai jari-jari atom terbesar adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom hingga kulit elektron terluar. Untuk menyelesaikan soal diatas, maka perlu ditentukan terlebih dahulu letak masing-masing unsur dalam tabel periodik. Letak unsur dapat ditentukan dari konfigurasi elektronnya yaitu :


P presubscript 1 equals 2 space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space space left parenthesis golongan space VIIIA comma space periode space 1 right parenthesis T presubscript 10 equals 2 space. space 8 space space space space space space space space space space space space space space space space left parenthesis golongan space VIIIA comma space periode space 2 right parenthesis scriptbase U equals end scriptbase presubscript 17 2 space. space 8 space. space 7 space space space space space space space space space space left parenthesis golongan space VIIA comma space periode space 3 right parenthesis scriptbase V equals 2 space. space 8 space. space 8 space. space 1 space space space space space left parenthesis golongan space IA comma space periode space 4 right parenthesis end scriptbase presubscript 19 W presubscript 20 equals 2 space. space 8 space. space 8 space. space 2 space space space space left parenthesis golongan space IIA comma space periode space 4 right parenthesis


Jari-jari atom dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin besar, dan dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin kecil. Jari-jari atom terbesar akan dimiliki oleh unsur yang terletak paling kiri bawah dalam tabel periodik, pada soal yaitu unsur V yang terletak pada golongan IA dan periode 4.

Dengan demikian, unsur yang mempunyai jari-jari atom terbesar adalah V presubscript 19.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space 

Roboguru

Diketahui unsur-unsur berikut. Urutkan unsur-unsur tersebut berdasarkan kenaikan jari-jari atom, kenaikan energi ionisasi, dan sifat logamnya dari yang paling lemah!

Pembahasan Soal:

Beberapa sifat keperiodikan unsur yaitu :

- Jari-jari atom dalam satu golongan dari atas ke bawah makin besar, sementara dalam satu periode dari kiri ke kanan makin kecil.

- Energi ionisasi dalam satu golongan dari atas ke bawah makin kecil, sementara dalam satu periode dari kiri ke kanan makin besar.

- Sifat logam dalam satu golongan dari atas ke bawah makin kuat, sementara dalam satu periode dari kiri ke kanan makin lemah.undefined

Letak unsur dalam sistem periodik dapat ditentukan dari konfigurasi elektron unsur.


begin mathsize 14px style C presubscript 6 space equals space 1 italic s squared space 2 italic s squared space 2 italic p squared italic space italic space italic space italic space italic space left parenthesis golongan space IVA comma space periode space 2 right parenthesis O presubscript 8 space equals space 1 italic s squared space 2 italic s squared space 2 italic p to the power of 4 italic space italic space italic space italic space italic space left parenthesis golongan space VIA comma space periode space 2 right parenthesis F presubscript 9 space equals space 1 italic s squared space 2 italic s squared space 2 italic p to the power of 5 italic space italic space italic space italic space italic space left parenthesis golongan space VIIA comma space periode space 2 right parenthesis Ne presubscript 10 space equals space 1 italic s squared space 2 italic s squared space 2 italic p to the power of 6 space space space space space left parenthesis golongan space VIIIA comma space periode space 2 right parenthesis Si presubscript 14 space equals space 1 italic s squared space 2 italic s squared space 2 italic p to the power of 6 space 3 italic s squared space 3 italic p squared italic space italic space italic space italic space italic space left parenthesis golongan space IVA comma space periode space 3 right parenthesis end style


Dengan demikian, urutan unsur-unsur berdasarkan :

- kenaikan jari-jari atom yaitu begin mathsize 14px style Ne presubscript 10 comma space F presubscript 9 comma space O presubscript 8 comma space C presubscript 6 comma space dan space Si presubscript 14 end style.

- kenaikan energi ionisasi yaitu begin mathsize 14px style Si presubscript 14 comma space C presubscript 6 comma space O presubscript 8 comma space F presubscript 9 comma space dan space Ne presubscript 10 end style.

- sifat logam dari yang paling lemah yaitu begin mathsize 14px style Ne presubscript 10 comma space F presubscript 9 comma space O presubscript 8 comma space C presubscript 6 comma space dan space Si presubscript 14 end style.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved