Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan jenis-jenis sel darah?

Jelaskan jenis-jenis sel darah?space 

Iklan

I. Rohmawati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Sel darah terbagi menjadi 3 yaitu: Sel darah merah (eritrosit) memiliki bentuk cakram bikonkaf yang tidak memiliki nukleus sehigga cekung ke dalam. Memiliki hemoglobin yang dapat mengikat oksigen. Sel darah putih (leukosit) berperan dalam pertahanan tubuh denganmemproduksi antibodi yang akan membantu memerangi zat asing seperti virus, bakteri, jamur dan lainnya.Leukosit ini terbagi menjadi granulosit dan agranulosit. Granulosit selnya adalah Basofil, Neutrofil, dan Eosinofil sedangkan agranulosit selnya adalah monosit dan limfosit. Keping darah (trombosit) berperan dalam proses pembekuan darah saat tubuh terluka. Dimana,trombosit akan membentuk sumbatan bersama dengan benang fibrin guna menghentikan perdarahan, sekaligus merangsang terjadinya pertumbuhan jaringan baru di area luka.

Sel darah terbagi menjadi 3 yaitu:

  1. Sel darah merah (eritrosit) memiliki bentuk cakram bikonkaf yang tidak memiliki nukleus sehigga cekung ke dalam. Memiliki hemoglobin yang dapat mengikat oksigen.
  2. Sel darah putih (leukosit) berperan dalam pertahanan tubuh dengan memproduksi antibodi yang akan membantu memerangi zat asing seperti virus, bakteri, jamur dan lainnya. Leukosit ini terbagi menjadi granulosit dan agranulosit. Granulosit selnya adalah Basofil, Neutrofil, dan Eosinofil sedangkan agranulosit selnya adalah monosit dan limfosit.
  3. Keping darah (trombosit) berperan dalam proses pembekuan darah saat tubuh terluka. Dimana, trombosit akan membentuk sumbatan bersama dengan benang fibrin guna menghentikan perdarahan, sekaligus merangsang terjadinya pertumbuhan jaringan baru di area luka.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Nurul Zakiyah

Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan pemeriksaan laboratorium, kondisi yang paling sehat pada tubuh seorang wanita dewasa adalah . . . . Jumlah Eritrosit per m m 3 Jumlah Leukosit per Jumlah Trom...

27

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia