Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan jenis-jenis interaksi antara makhluk hidup yang dapat mempengaruhi dinamika populasi!

Jelaskan jenis-jenis interaksi antara makhluk hidup yang dapat mempengaruhi dinamika populasi!space 

Iklan

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ekosistem merupakan interaksi komponen biotik dengan komponen abiotik. Komponen biotik mencakup makhluk hidup sedangkan komponen abiotik mencakup lingkungan yang menunjang seperti air, tanah, udara, cahaya matahari dan lain sebagainya. Ada beberapa pola interaksi yang dapat terjadi pada makhluk hidup, yaitu kompetisi, predasi, simbiosis, dan antibiosis. Kompetisi terjadi pada makhluk hidup yang membutuhkan bahan makanan sehingga menimbulkan persaingan. Pradasi merupakan interaksi makhluk hidup yang satu sebagai predator dan yang satu sebagai mangsanya. Misalnya singa yang memangsa kijang atau rusa. Simbiosis adalah interaksi antar makhluk hidup yang berdampingan tanpa melakukan persaingan atau predasi. Simbiosis dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme. Antibiosis adalah interaksi antara makhluk hidup, di mana makhluk hidup yang satu menghambat kehidupan dan pertumbuhan makhluk hidup lain. Interaksi kompetisi dan predasi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan adanya dinamika populasi yang menurun. J adi, jenis-jenis interaksi antara makhluk hidup yang dapat mempengaruhi dinamika populasi yaitu kompetisi, predasi, simbiosis, dan antibiosis.

Ekosistem merupakan interaksi komponen biotik dengan komponen abiotik. Komponen biotik mencakup makhluk hidup sedangkan komponen abiotik mencakup lingkungan yang menunjang seperti air, tanah, udara, cahaya matahari dan lain sebagainya. Ada beberapa pola interaksi yang dapat terjadi pada makhluk hidup, yaitu kompetisi, predasi, simbiosis, dan antibiosis. Kompetisi terjadi pada makhluk hidup yang membutuhkan bahan makanan sehingga menimbulkan persaingan. Pradasi merupakan interaksi makhluk hidup yang satu sebagai predator dan yang satu sebagai mangsanya. Misalnya singa yang memangsa kijang atau rusa. Simbiosis adalah interaksi antar makhluk hidup yang berdampingan tanpa melakukan persaingan atau predasi. Simbiosis dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme. Antibiosis adalah interaksi antara makhluk hidup, di mana makhluk hidup yang satu menghambat kehidupan dan pertumbuhan makhluk hidup lain. Interaksi kompetisi dan predasi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan adanya dinamika populasi yang menurun.

Jadi, jenis-jenis interaksi antara makhluk hidup yang dapat mempengaruhi dinamika populasi yaitu kompetisi, predasi, simbiosis, dan antibiosis.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

18

umar azam pancar iman

Makasih ❤️

Emmy

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan arti darisimbiosis, predasi, dan kompetisi!

170

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia