Roboguru

Jelaskan istilah kondensasi dalam siklus air!

Pertanyaan

Jelaskan istilah kondensasi dalam siklus air!undefined

  1. ...undefined

  2. ...undefined

Pembahasan Soal:

Kondensasi merupakan proses pengubahan uap air yang berasal dari proses evaporasi dan transpirasi tumbuhan menjadi awan yang akan berada di tempat tinggi karena terbawa angin. Kondensasi disebut pula proses pengembunan, dimana saat awan berada di tempat yang semakin tinggi, maka suhunya menjadi semakin rendah.undefined

Dengan demikian, kondensasi merupakan proses pengubahan uap air menjadi awan.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Buatlah bagan sederhana tentang siklus air! Setelah itu, jelaskan setiap prosesnya dengan bahasamu sendiri!

Pembahasan Soal:

Proses Siklus Air

  • Penguapan (Evaporasi)
    Penguapan merupakan proses berubah wujud dari cair menjadi gas. Cntoh evaporasi yaitu terjadinya penguapan air laut akibat terkena suhu panas matahari.
  • Transpirasi
    Penguapan yang terjadi pada tumbuhan
  • Kondensasi 
    Setelah air menguap ke udara, maka air tersebut mengalami proses kondensasi atau penggumpalan menjadi awan.
  • Presipitasi
    Awan yang terbentuk, lama-kelamaan akan mencapai titik jenuh, dan jatuh ke bumi dalam bentuk tetesan-tetesan air yang kita sebut sebagai hujan. Nah, proses ini yang sebut sebagai presipitasi. Tapi, untuk beberapa kondisi tertentu, awan bisa turun ke bumi dalam bentuk salju. Hal Ini biasanya dipengaruhi oleh cuaca dan iklim juga.
  • Infiltrasi 
    Air yang jatuh ke bumi akan mengalami infiltrasi atau terserap oleh pori-pori tanah yang dibantu oleh tumbuhan. Air tersebut akan diubah menjadi air tanah, ada pula yang langsung mengalir ke sungai, danau dan lambat laun akan mengalir ke lautan kembali. Proses pergerakan air menuju ke air laut disebut limpasan.
Roboguru

Apa yang kamu ketahui tentang proses evaporasi?

Pembahasan Soal:

Proses evaporasi merupakan salah satu tahapan dari siklus air. Evaporasi adalah proses penguapan air yang berasal dari permukaan bumi. Proses ini terjadi karena adanya pemanasan dari sinar matahari pada permukaan bumi yang mengandung air. Dalam hal ini, air akan berubah menjadi uap air, sehingga bisa naik ke atmosfer.space space 

Roboguru

Awan di atmosfer dapat terbentuk karena proses ....

Pembahasan Soal:

Saat terkena cahaya matahari seluruh permukaan bumi yang mengandung air akan mengalami penguapan (evaporasi), uap air akan naik ke lapisan atmosfer membentuk awan. Awan kemudian berpindah karena perbedaan suhu udara atau terbawa oleh angin. Saat terpapar udara dingin, awan akan mengalami kondensasi menjadi tetes-tetes air dan akan jatuh ke permukaan bumi dalam bentuk hujan (presipitasi). 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. space 

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Bila X terbakar habis, dampak yang terjadi adalah ....

Pembahasan Soal:

Siklus hidrologi merupakan salah satu jenis siklus biogeokimia. Tahapan dalam siklus air yaitu :

  1. Evaporasi dan transpirasi. Pada suhu tinggi, air di permukaan bumi dan air yang berada dalam makhluk hidup akan mengalami penguapan membentuk awan.
  2. Presipitasi, yaitu kondensasi uap air menjadi titik-titik air hujan akibat pengaruh suhu yang rendah.
  3. Infiltrasi, yaitu meresapnya air hujan ke dalam tanah yang kemudian dimanfaatkan oleh makhluk hidup.
  4. Hidrasi, yaitu sebagian air mengalir kembali ke lautan dan pada saat suhu tinggi akan terjadi penguapan kembali.

Komponen X pada gambar soal merupakan tumbuhan. Tumbuhan memiliki akar yang berfungsi untuk memperkokoh tubuh tumbuhan, penyerapan air, dan juga unsur hara. Selain itu, akar tumbuhan juga berperan untuk mengikat tanah supaya tidak terjadi longsor.  Apabila tumbuhan terbakar habis maka tidak ada lagi yang mampu menyerap air ketika terjadi hujan sehingga aliran air akan semakin deras. Aliran air yang deras dapat menyebabkan terjadinya tanah longsor.undefined 

Roboguru

Buatlah gambar zat yang mengalami siklus biogeokimia serta ceritakan penjelasannya ....

Pembahasan Soal:

Daur biogeokimia adalah peredaran unsur-unsur kimia dari lingkungan melalui komponen biotik dan kembali lagi ke lingkungan. Proses tersebut terjadi secara berulang-ulang dan tak terbatas. Jika suatu organisme mati, bahan organik yang terdapat di dalam tubuh organisme tersebut akan dirombak menjadi zat anorganik dan dikembalikan ke lingkungan.

Daur biogeokimia dapat dikelompokkan dalam tiga tipe, yaitu daur gas, daur cair, dan daur padat (sedimen). Daur gas meliputi daur karbon dan daur nitrogen. Daur cair meliputi daur air, sedangkan daur padat (sedimen) rrieliputi daur fosfor dan belerang.

Berikut ini merupakan gambar dan penjelasan salah satu daur biogeokimia, yaitu Daur Air.

Daur air berbeda dengan daur biogeokimia lain karena sebagian besar aliran air terjadi bukan melalui proses kimia, melainkan proses fisik. Air mempertahankan bentuknya sebagai begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style . Sumber air di alam, yaitu lautan, danau, rawa, waduk, dan sungai. Di dalam tubuh makhluk hidup, air berperan sebagai pelarut, berfungsi mentranspor zat makanan dan zat sisa metabolisme, mengatur tekanan osmotik sel, mengatur suhu tubuh, dan media berbagai reaksi kimia di dalam tubuh.

Saat terkena cahaya matahari, seluruh permukaan bumi yang mengandung air akan mengalami penguapan (evaporasi), sementara makhluk hidup mengalami transpirasi (pengeluaran uap air melalui stomata). Uap air akan naik ke lapisan atmosfer membentuk awan. Awan kemudian berpindah karena perbedaan suhu udara atau terbawa oleh angin. Saat terpapar udara dingin, awan akan mengalami kondensasi menjadi tetes-tetes air dan akan jatuh ke perinukaan bumi dalam bentuk hujan (presipitasi).

Air hujan akan masuk ke dalam tanah secara vertikal melalui infiltrasi. lnfiltrasi air hujan pada daerah yang bervegetasi (ditumbuhi tumbuhan) lebih besar jika dibandingkan dengan daerah yang tidak bervegetasi karena vegetasi menghasilkan serasah (tumpukan dedaunan kering) yang dapat meningkatkan porositas tanah. Setelah terjadi infiltrasi, air akan terus bergerak ke bawah karena pengaruh gravitasi bumi; disebut peristiwa perkolasi. Sebagian air tanah diserap oleh tumbuhan untuk fotosintesis. Air tanah dalam bentuk mata air, sumur, danau, dan sungai dimanfaatkan oleh hewan maupun manusia untuk menunjang kehidupan. Air sungai akan mengalir ke tempat yang lebih rendah, dan akhirnya menuju ke laut. Di lautan, laju evaporasi lebih tinggi daripada presipitasi. Sebaliknya di daratan, laju presipitasi lebih tinggi daripada evaporasi dan transpirasi.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved