Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan istilah-istilah dalam persilangan Hukum Mendel!

Jelaskan istilah-istilah dalam persilangan Hukum Mendel! 

Iklan

I. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Hukum Mendel merupakan hukum mengenai pewarisan sifat pada organisme yang ditemukan oleh Gregor mendel. Dalam Hukum Mendel terdapat istilah-istilahsebagai berikut: Parental (P)adalah induk yang disilangkan , misalnya merupakan induk dalam penyilangan pertama dan merupakan induk dalam penyilangan kedua. Gamet (G) adalah sel kelamin jantan atau betina. Filial (F) adalah hasil keturunan atau anak , misalnya merupakan keturunan pertama dan merupakan keturunankedua. Gen adalah faktor pembawa sifat . Gen dapat dibedakanmenjadi dua macam, yaitu gen dominan dan gen resesif. Alel merupakan pasangan gen yang terdapat pada kromosomsehomolog (dari kedua induknya) yang menunjukkan sifataltematif sesamanya . Contohnya,panjang dengan pendek. Genotipe (tipe gen) adalah keadaan genetik dari suatu individuatau populasi. Genotipe merupakan faktor pembawa sifat darikedua induknya . Genotipe dibedakan menjadi tiga macam, yaitu genotipe dominan homozigot (contohnya, MM membawasifat manis), genotipe heterozigot (contohnya, Mm membawasifat manis), dan genotipe resesif (contohnya, mm membawasifat asam). Fenotipe adalah sifat yang muncul atau dapat diamati darisuatu organisme (baik struktural, biokimiawi, fisiologis, atauperilaku).

Hukum Mendel merupakan hukum mengenai pewarisan sifat pada organisme yang ditemukan oleh Gregor mendel. Dalam Hukum Mendel terdapat istilah-istilah sebagai berikut:

  1. Parental (P) adalah induk yang disilangkan, misalnya begin mathsize 14px style straight P subscript 1 end style merupakan induk dalam penyilangan pertama dan begin mathsize 14px style straight P subscript 2 end style merupakan induk dalam penyilangan kedua.
  2. Gamet (G) adalah sel kelamin jantan atau betina.
  3. Filial (F) adalah hasil keturunan atau anak, misalnya begin mathsize 14px style straight F subscript 1 end stylemerupakan keturunan pertama dan begin mathsize 14px style straight F subscript 2 end stylemerupakan keturunan kedua.
  4. Gen adalah faktor pembawa sifat. Gen dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu gen dominan dan gen resesif.
  5. Alel merupakan pasangan gen yang terdapat pada kromosom sehomolog (dari kedua induknya) yang menunjukkan sifat altematif sesamanya. Contohnya, panjang dengan pendek.
  6. Genotipe (tipe gen) adalah keadaan genetik dari suatu individu atau populasi. Genotipe merupakan faktor pembawa sifat dari kedua induknya. Genotipe dibedakan menjadi tiga macam, yaitu genotipe dominan homozigot (contohnya, MM membawa sifat manis), genotipe heterozigot (contohnya, Mm membawa sifat manis), dan genotipe resesif (contohnya, mm membawa sifat asam). 
  7. Fenotipe adalah sifat yang muncul atau dapat diamati dari suatu organisme (baik struktural, biokimiawi, fisiologis, atau perilaku).space 

4rb+

Fauzan

Pembahasan terpotong

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan dan sebutkan contoh dari filial!

4rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia