Roboguru

Jelaskan istilah dari Pangea!

Pertanyaan

Jelaskan istilah dari Pangea!space

Pembahasan Soal:

Pangea adalah benua super besar yang terdapat pada saat menjelang masa Proterozoik. Panea berasal dari bahasa Yunani yaitu “Pan” yang berarti keselurhan, dan “Gaia” yang berarti daratan.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

T. Desti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut. Lempeng Bumi yang ditunjukkan nomor 5 akan membentuk wilayah ....

Pembahasan Soal:

Teori perkembangan muka bumi diawali dengan superbenua Pangea dan Samudera Panthalasa yang mengalami pergeseran akibat tektonik lempeng. Peta di dalam soal menunjukkan peta superbenua Pangea, yang begerak dan terpecah menjadi Gondwana dan Laurasia yang menjadi cikal bakal pembentukan lempeng benua saat ini. Laurasia membentuk benua Eurasia dan Amerika Utara yang ditunjukkan oleh nomor 1 dan 2. Gondwana membentuk benua-benua bumi belahan selatan yaitu Afrika (nomor 3), Amerika Selatan (nomor 4), Australia (nomor 5).

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Perhatikan peta berikut. Berdasarkan peta tersebut, lempeng tektonik utama yang membentuk Benua Amerika Selatan dan Australia ditunjukkan nomor ....

Pembahasan Soal:

Hipotesa perkembangan bumi pertama kali dikemukaan oleh Alfred Wegener menyatakan pada awalnya bumi terdiri atas superbenua yaitu Pangea. Peta di dalam soal menunjukkan peta superbenua Pangea. Pangea begerak dan mengalami pergeseran menjadi Gondwana dan Laurasia sebagai cikal bakal pembentukan lempeng benua saat ini. Laurasia membentuk benua Amerika Utara dan Eurasia yang ditunjukkan oleh nomor 1 dan 3. Gondwana membentuk benua-benua bumi belahan selatan seperti Afrika (nomor 2), Amerika Selatan (nomor 4), Australia (nomor 5) dan Antartika (nomor 6).

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Pada masa lalu dinyatakan dalam teori apungan benua bahwa seluruh daratan di bumi merupakan satu kesatuan yang dikenal dengan nama ….

Pembahasan Soal:

Pada masa lampau dinyatakan bahwa seluruh benua yang ada di bumi merupakan satu kesatuan yang disebut sebagai Pangea. Teori yang mengkaji khusus tentang ini adalah teori Apungan Benua atau Continental Drift yang dikemukakan oleh Alfred Wagener pada sekitar tahun 1912. Pada awal – awal beliau mengemukakan tentang satu daratan tersebut, banyak para ahli yang menolak hingga kemudian muncul berbagai teori lain yang mendukung teori Wagener sehingga konsep tersebut kini dianggap benar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

0

Roboguru

Benua raksasa berdasarkan Teori Pengapungan Benua dinamakan ....

Pembahasan Soal:

Pangea atau Pangaea disebut juga Pangeae adalah superbenua yang sudah ada selama era akhir Paleozoikum dan awal Mesozoikum, terbentuk sekitar 300 juta tahun yang lalu dan mulai retak sekitar 200 juta tahun yang lalu. Dahulu, sebelum dunia terbagi menjadi berbagai pulau dan benua, Pangea hanyalah satu-satunya benua terbesar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space

0

Roboguru

Apa yang kamu ketahui tentang pangea dan gondwana?

Pembahasan Soal:

Pangea merupakan benua yang amat besar pada saat awal pembentukan bumi menurut Teori Pengapungan Benua. Pada Teori dua benua, awalnya bumi terdiri dari 2 benua yang besar yaitu Laurasia dan Gondwana. Kedua benua tersebut bergerak ke arah equator kemudian terpecah menjadi bagian yang lebih kecil. Laurasia membentuk Asia, Eropa dan Amerika Utara sedangkan, Gondwana terpecah menjadi Afrika, Australia dan Amerika Selatan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved