Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan hubunganperan rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen dengan bagan siklus perekonomian dua sektor!

Jelaskan hubungan peran rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen dengan bagan siklus perekonomian dua sektor! 

Iklan

D. Enty

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Kegiatan ekonomi dua sektor memiliki beberapa alur interaksi dalam menjalankan perekonomiannya, yaitu arus faktor produksi, arus pendapatan, arus pengeluaran, dan arus barang dan jasa. Arus faktor produksi Rumah tangga menjual faktor produksi berupa lahan, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan kepada perusahaan. penjualan faktor produksi tersebut bertujuan agar rumah tangga memperoleh pendapatan atau income. Arus pendapatan Rumah tangga konsumen akan mendapat imbalan atas penjualan faktor produksi kepada perusahaan. Balas jasa tersebut berupa sewa untuk lahan, upah atau gaji untuk tenaga kerja, bunga untuk modal, dan laba untuk kewirausahaan. Arus pengeluaran Peran inidilakukan oleh rumah tangga dengan menggunakan pendapatan untuk membeli barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen. Arus barang dan jasa Dalam alur arus barang dan jasa ini maka peran dari rumah tangga produsen adalah dengan menyerahkan barang dan jasa yang dibeli oleh rumah tangga konsumen. Secara bagan, hubungan RTK dan RTP dapat digambarkan sebagai berikut.

Kegiatan ekonomi dua sektor memiliki beberapa alur interaksi dalam menjalankan perekonomiannya, yaitu arus faktor produksi, arus pendapatan, arus pengeluaran, dan arus barang dan jasa.

  1. Arus faktor produksi
    Rumah tangga menjual faktor produksi berupa lahan, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan kepada perusahaan. penjualan faktor produksi tersebut bertujuan agar rumah tangga memperoleh pendapatan atau income.
  2. Arus pendapatan
    Rumah tangga konsumen akan mendapat imbalan atas penjualan faktor produksi kepada perusahaan. Balas jasa tersebut berupa sewa untuk lahan, upah atau gaji untuk tenaga kerja, bunga untuk modal, dan laba untuk kewirausahaan.
  3. Arus pengeluaran
    Peran ini dilakukan oleh rumah tangga dengan menggunakan pendapatan untuk membeli barang dan jasa yang dihasilkan oleh rumah tangga produsen.
  4. Arus barang dan jasa
    Dalam alur arus barang dan jasa ini maka peran dari rumah tangga produsen adalah dengan  menyerahkan barang dan jasa yang dibeli oleh rumah tangga konsumen.

Secara bagan, hubungan RTK dan RTP dapat digambarkan sebagai berikut. space 

 space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

443

Yulianti

Ini yang aku cari! Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Putri Akhiru Shafa

Pembahasan lengkap banget

Syafika Azzahra

Bantu banget

husain aqil

Bantu banget

Zahra ApriliaNurrahma

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Salah satu pasar input adalah pasar input modal. Modal dapat diperjualbelikan dan dimiliki oleh siapa pun. Dalam pasar input modal, terdapat pasar modal yang berfungsi sebagai ....

456

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia