Roboguru

Jelaskan fungsi pembuluh floem!

Pertanyaan

Jelaskan fungsi pembuluh floem!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Jaringan floem merupakan salah satu jaringan pengangkut pada tumbuhan. Jaringan floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh permukaan tubuh tumbuhan.

Jadi, floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh permukaan tubuh tumbuhan.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Freelancer4

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pasangkanlah pernyataan di bawah ini dengan jawaban di dalam kotak. Jaringan pembuluh pada tumbuhan yang mengangkut air dan mineral.

Pembahasan Soal:

Jaringan pembuluh atau pengangkut tersusun atas pembuluh-pembuluh yang berfungsi mengangkut air, unsur hara, dan hasil fotosintesis. Jaringan pengangkut terdiri atas dua macam, yaitu xilem (jaringan pembuluh kayu) dan floem (jaringan pembuluh tapis). Xilem berfungsi mengangkut air dan unsur hara dari akar menuju daun. Floem berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Dengan demikian, pasangan jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara pembuluh kayu (xilem) dan pembuluh tapis (floem)!

Pembahasan Soal:

Jaringan pengangkut tumbuhan tersusun atas pembuluh-pembuluh yang berfungsi mengangkut air, unsur hara, dan hasil fotosintesis. Jaringan pengangkut ada dua macam, yaitu xilem dan floem.

Xilem (jaringan pembuluh kayu) tersusun atas sel-sel memanjang yang sudah mati. Sel-sel tersebut saling menyambung membentuk suatu pembuluh. Pembuluh inilah yang mengangkut air dan unsur hara dari akar menuju daun. Sumbernya dapat berasal dari akar (yang utama) maupun dari bagian lain tumbuhan.

Adapun floem (jaringan pembuluh tapis) terdiri atas sel-sel hidup berdinding tipis. Floem berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan.undefined 

Roboguru

Jaringan yang menyusun sebagian besar dari jaringan yang menyusun akar, batang, daun dan buah serta terdapat pada jaringan tapis maupun jaringan kayu adalah jaringan ....

Pembahasan Soal:

Jaringan pengangkut pada tumbuhan dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh kulit kayu atau pembuluh tapis (floem) yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dan pembuluh kayu (xylem) yang berfungsi mengangkut air serta mineral. Jaringan gabus adalah jaringan pelindung yang dibentuk secara sekunder, menggantikan epidemis batang dan akar yang telah menebal akibat pertumbuhan sekunder. Jaringan gabus ini berfungsi sebagai jaringan pelindung. Sedangkan jaringan dasar atau jaringan parenkim adalah jaringan yang menyusun sebagian besar jaringan-jaringan pada zat akar, batang ,daun dan buah, serta terdapat di antara xilem dan floem.
Jadi, opsi jawaban yang benar adalah D. Jaringan dasar.space space

Roboguru

Tuliskan perbedaan fungsi pembuluh kayu (xilem) dan pembuluh tapis (floem) . . .

Pembahasan Soal:

Pembuluh kayu atau xilem ialah salah satu dari dua kelompok utama jaringan pembuluh yang dimiliki oleh tumbuhan berpembuluh. Pembuluh kayu berfungsi menyalurkan zat materi fotosintesis dari akar ke daun. Sedangkan pembuluh tapis atau floem merupakan jaringan pengangkut pada tumbuhan berpembuluh yang berfungsi dalam transportasi hasil fotosintesis, terutama gula sukrosa, dan aneka macam metabolit lainnya dari daun menuju bagian-bagian tumbuhan lainnya, menyerupai batang, akar, bunga, buah, biji, dan umbi.

Roboguru

Jaringan pengangkut terdiri atas xylem dan floem. Jelaskan fungsi kedua jaringan tersebut!

Pembahasan Soal:

Fungsi xilem adalah mengangkut air dan zat hara dari akar menuju daun. Sedangkan floem berfungsi mengangkut dan mendistribusikan zat makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved