Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan fungsi lapisan-lapisan atmosfer bagi kehidupan!

Jelaskan fungsi lapisan-lapisan atmosfer bagi kehidupan! 

Iklan

R. Hajrianti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Lapisan atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti bumi. Lapisan ini terdiri dari gas nitrogen, oksigen, karbondioksida, argon, uap air, kripton, hidrogen, kalium, ozon, neon, dan xenon. Lapisan atmosfer terdiri dari 6 (enam) lapisan, yaitu: Troposfer . Lapisan troposfer adalah lapisan terdekat bumi yang memiliki jarak 8-14 km dari permukaan bumi. Pada lapisan ini terjadi perubahan cuaca. Lapisan ini juga tempat pesawat dan balon udara mengudara di langit. Stratosfer . Lapisan stratosfer adalah lapisan kedua yang menjadi tempat pembentukan ozon. Mesosfer . Lapisan ini berfungsi untuk melindungi permukaan bumi dari benda-benda luar angkasa seperti meteor, komer, dan lain sebagainya. Termosfer . Lapisan ini befungsi memantulkan gelombang radio dan tempat terjadinya fenomena aurora. Ionosfer . Lapisan ini berfungsi sebagai lapisan pertama yang melindungi jatuhnya meteor sebelum sampai ke lapisan mesosfer. Eksosfer . Lapisan ini sebagai pelindungan pertama bumi terhadap paparan sinar matahari dan tempat satelit diletakkan di luar angkasa.

Lapisan atmosfer adalah lapisan gas yang menyelimuti bumi. Lapisan ini terdiri dari gas nitrogen, oksigen, karbondioksida, argon, uap air, kripton, hidrogen, kalium, ozon, neon, dan xenon. Lapisan atmosfer terdiri dari 6 (enam) lapisan, yaitu:

  1. Troposfer. Lapisan troposfer adalah lapisan terdekat bumi yang memiliki jarak 8-14 km dari permukaan bumi. Pada lapisan ini terjadi perubahan cuaca. Lapisan ini juga tempat pesawat dan balon udara mengudara di langit.
  2. Stratosfer. Lapisan stratosfer adalah lapisan kedua yang menjadi tempat pembentukan ozon.
  3. Mesosfer. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi permukaan bumi dari benda-benda luar angkasa seperti meteor, komer, dan lain sebagainya.
  4. Termosfer. Lapisan ini befungsi memantulkan gelombang radio dan tempat terjadinya fenomena aurora.
  5. Ionosfer. Lapisan ini berfungsi sebagai lapisan pertama yang melindungi jatuhnya meteor sebelum sampai ke lapisan mesosfer.
  6. Eksosfer. Lapisan ini sebagai pelindungan pertama bumi terhadap paparan sinar matahari dan tempat satelit diletakkan di luar angkasa.

undefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

66

maritza alifia

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan 4 peranan atmosfer bumi bagi kehidupan!

18

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia