Roboguru

Jelaskan fungsi endospora bagi bakteri! Apakah perbedaannya dari spora biasa?

Pertanyaan

Jelaskan fungsi endospora bagi bakteri! Apakah perbedaannya dari spora biasa?space 

Pembahasan Soal:

Endospora merupakan bentuk bakteri yang tidak aktif (istirahat). Endospora terbentuk pada beberapa jenis bakteri yang berfungsi untuk bertahan pada kondisi lingkungan kurang menguntungkan. Endospora bersifat sedikit impermeabel, sehingga lebih tahan terhadap disinfektan, kekeringan, sinar, suhu panas, dan suhu dingin. Jika kondisi lingkungan membaik, endospora akan berkecambah menjadi sel vegetatif baru. Endospora juga dapat terbentuk jika terjadi penumpukan zat-zat sisa metabolisme hasil ekskresi bakteri yang mengganggu di sekitar sel. Bakteri yang dapat membentuk endospora sebagian besar adalah golongan bakteri Gram positif. Contoh bakteri yang dapat membentuk endospora, antara lain Bacillus mycoides, Bacillus anthracis, Bacillus cereus, Bacillus thuringiensis, Clostridium botulinum, dan Clostridium tetani.

Spora merupakan struktur reproduksi aktif yang sebagian besar dihasilkan oleh tumbuhan dan jamur.

Dengan demikian, perbedaan antara endospora dan spora yaitu endospora merupakan bentuk bakteri yang tidak aktif (istirahat), sedangkan spora merupakan struktur reproduksi aktif yang sebagian besar dihasilkan oleh tumbuhan dan jamur .space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Fakhirah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Beberapa jenis bakteri, terutama jenis Bacillus sp., bisa membentuk endospora. Bakteri tersebut membentuk endospora jika ....

Pembahasan Soal:

Endospora terbentuk saat dipicu kondisi tidak optimal seperti kekurangan nutrisi, kekeringan, terpapar panas, dan kondisi tidak kondusif yang lain. Endospora terbentuk melalui pembelahan sel tak simetris yang diikuti oleh penebalan dinding sel dan akumulasi senyawa unik endospora. Dinding endospora yang tebal serta senyawa uniknya berfungsi sebagai pelindung bakteri dari kondisi ekstrim: Panas, kering, sinar UV, dan antibiotik Contoh bakteri yang memiliki endospora: Bacillus substilis, Bacillus atrophaeus, B. megaterium, B. antraxis, dan B. cereus. Contoh lain: Clostridium, Epulopiscium (simbion ikan Sturgeon), dll. Endospora dapat dihancurkan dengan cara dibakar atau diautoklaf (dipaparkan pada suhu dan tekanan tinggi).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Endospora dibentuk oleh beberapa jenis bakteri pada saat ....

Pembahasan Soal:

Endospora merupakan sebuah bentuk istirahat yang dilakukan oleh beberapa bakteri seperti Bacillus dan Clostridium. Endospora mengandung sedikit sitoplasma, materi genetik, dan ribosom. Endospora memiliki dinding tebal yang tersusun atas protein. Struktur ini terbentuk sebagai respon pertahanan saat kondisi lingkungan tidak menguntungkan bagi kehidupan bakteri seperti suhu yang tinggi, kekeringan, adanya senyawa kimia beracun (desinfektan dan antibiotik), dan adanya paparan radiasi sinar UV. Endospora mampu bertahan sampai kondisi lingkungan kembali menguntungkan, kemudian endospora akan tumbuh kembali menjadi sel bakteri baru.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 

1

Roboguru

Jelaskan cara bakteri mempertahankan diri dari lingkungan yang buruk! Jelaskan pula cara bakteri patogen mempertahankan diri dari perlawanan antibodi yang dihasilkan oleh tubuh manusia!

Pembahasan Soal:

  • Cara bakteri mempertahankan diri dari lingkungan yang buruk dengan membentuk endospora.

Endospora merupakan bentuk istirahat (laten) dari beberapa jenis bakteri Gram positif. Endospora hanya terbentuk jika kondisi tidak menguntungkan bagi kehidupan bakteri. Endospora mengandung sedikit sitoplasma, materi genetik, dan ribosom. Dinding endospora yang tebal tersusun atas protein sehingga endospora tahan terhadap kekeringan, radiasi cahaya, suhu tinggi, dan zat kimia, Jika kondisi lingkungan menguntungkan, endospora akan tumbuh menjadi sel bakteri baru.

  • Cara bakteri patogen mempertahankan diri dari perlawanan antibodi yang dihasilkan oleh tubuh manusia.

Sel bakteri dapat menghasilkan lendir ke permukaan selnya. Lendir tersebut tersusun dari air dan polisakarida dan biasanya terdapat pada bakteri saprofit. Lendir yang terkumpul kemudian menebal dan membentuk kapsul yang tersusun atas glikoprotein. Kapsul dan lapisan lendir berfungsi sebagai lapisan pelindung, menjaga sel dari kekeringan, membantu melekatkan diri pada substrat, dan menunjukkan virulensi suatu bakteri. Kapsul pada bakteri patogen juga berfungsi untuk perlindungan diri dari sistem imun sel inang.

Contoh bakteri yang memiliki kapsul adalah Escherichia coli dan Streptococcus pneumonia.

1

Roboguru

Beberapa jenis bakteri, terutama jenis Bacillus sp., bisa membentuk endospora. Bakteri tersebut membentuk endospora jika ....

Pembahasan Soal:

Beberapa jenis bakteri dapat bertahan hidup meskipun kondisi lingkungan kurang menguntungkan, yaitu dengan membentuk endospora di dalam sel. Endospora merupakan bentuk bakteri yang tidak aktif (istirahat). Bentuk endospora ada yang bulat dan ada yang bulat-panjang. Endospora bersifat sedikit impermeabel, sehingga lebih tahan terhadap disinfektan, kekeringan, sinar, suhu panas, dan suhu dingin. Namun, bila kondisi lingkungan membaik, maka endospora akan berkecambah menjadi sel vegetatif baru. Endospora juga dapat terbentuk bila terjadi penumpukan zat-zat sisa metabolisme hasil ekskresi bakteri yang mengganggu di sekitar sel. Bakteri yang dapat membentuk endospora sebagian besar adalah golongan bakteri Gram positif. Contoh bakteri yang dapat membentuk endospora, antara lain Bacillus sp, Clostridium tetani.

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Bakteri penyebab tetanus hanya dapat dibunuh dengan pemanasan yang sebentar dan di bawah titik didih. Seba...

Pembahasan Soal:

Pernyataan pertama : salah
Tetanus adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani. Bakteri ini memiliki spora untuk berkembang biak dan mampu bertahan dalam waktu yang lama di luar tubuh. Endospora merupakan bentuk adaptasi bakteri terutama pada bakteri gram positif ketika kondisi lingkungan tidak menguntungkan untuk pertumbuhan, struktur ini juga tahan terhadap panas. Oleh sebab itu untuk membunuh bakteri ini salah satunya adalah dengan cara pemanasan pada suhu tinggi. Spora yang dibentuk oleh Clostridium tetani sangat resisten terhadap panas dan antiseptik. ia dapat tahan walaupun telah diautoklaf (121 degree C, 10-15 menit) dan juga resisten terhadap fenol dan agen kimia lainnya.

Pernyataan kedua : salah.

Bakteri penyebab tetanus dapat menghasilkan endospora. Endospora merupakan bentuk adaptasi bakteri terutama pada bakteri gram positif ketika kondisi lingkungan tidak menguntungkan untuk pertumbuhan, struktur ini juga tahan terhadap panas.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved