Roboguru

Pertanyaan

Jelaskan fungsi dari organ akar, organ batang, dan organ daun!space space space space 

R. Yumna

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Akar adalah bagian pokok tumbuhan yang biasanya tumbuh di bawah permukaan, yaitu di dalam tanah. Akar  berfungsi untuk memperkokoh tumbuhan yang semakin tumbuh menjulang ke atas. Biasanya, akar berwarna putih atau kuning muda, dan bentuk ujungnya panjang meruncing. Dengan bentuk runcing, akar bisa dengan mudah menembus tanah untuk menyerap air dan garam mineral dari dalam tanah.

Batang adalah sumbu tumbuhan yang berfungsi menopang bagian-bagian organ tumbuhan seperti daun, bunga, dan buah. Bentuk batang seperti silinder, yaitu panjang dan bulat. Bagian ujung batang biasanya menumbuhkan pucuk untuk terus tumbuh. Batang biasanya tumbuh menuju ke arah sinar matahari, energi yang didapatkan dari cahaya matahari digunakan untuk proses fotosintesis pada daun.

Daun adalah salah satu organ tumbuhan yang tumbuh dan menempel pada batang. Bentuknya tipis, lebar, dan biasanya berwarna hijau. Fungsi utama daun yaitu sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis pada tumbuhan. Fotosintesis menghasilkan zat makanan dan energi untuk kebutuhan hidup tumbuhan. Proses fotosintesis menghasilkan oksigen, oksigen ini berperan penting untuk pernapasan hewan dan manusia. space space space 

463

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Mengapa akar, batang, dan daun dikatakan sebagai organ dalam organisasi sel?

154

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia