Roboguru

Jelaskan, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya masalah sosial!

Pertanyaan

Jelaskan, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya masalah sosial!space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Masalah sosial merupakan salah satu matero sosiologi yang diajarkan pada tingkat 2 SMA. 

Soerjono Soekanto mengungkapkan bahwa pengertian masalah sosial adalah ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.  ada banyak faktor penyebab tumbuh dan berkembangnya suatu masalah sosial. Menurut BPMPK - KEMDIKBUD, penyebab masalah sosial dapat dikategorikan menjadi empat jenis faktor, yaitu:

  1. Faktor Ekonomi: Fakor ekonomi merupakan faktor terbesar penyebab terjadinya masalah sosial. Krisis global dan PHK dapat memicu tindak kriminal. Masalah tersebut didorong adanya ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya secara layak, misalnya pengangguran, anak jalanan, dan lain-lain.
  2. Faktor Budaya: Masalah sosial yang disebabkan oleh faktor budaya dipicu karena adanya ketidaksesuaian pelaksanaan norma, nilai, dan kepentingan sosial akibat adanya proses perubahan sosial dan pola masyarakat yangheterogen atau multikultural. Contoh kenakalan remaja, konflik antarsuku, diskriminasi, gender, pernikahan dini, dan bahkan pengakuan hak milik kebudayaan lintas negara. Kebudayaan yang semakin berkembang pada masyarakat akan mempunyai peran yang dapat memicu timbulnya masalah sosial.
  3. Faktor Biologis: Masalah ini dapat timbul akibat adanya ketidaksesuain keadaan lingkungan yang berpotensi menimbulkan ketidakstabilan kondisi biologis masyarakat, seperti adanya wabah penyakit menular, virus penyakit baru, dan makanan beracun.
  4. Faktor Psikologi: Faktor ini berhubungan dengan masalah pola pikir suatu masyarakat atau pribadi tertentu yang bersinggungan dengan tatanan kehidupan sosial yang ada. Seperti aliran sesat dan pemahaman lainnya yang menyimpang dari ajaran agama yang jika diamati secara detail sangat tidak masuk akal. Masalah sosial yang satu ini tidak mudah menanganinya karena menyangkut soal keyakinan, sehingga butuh penanganan secara berkesinambungan dengan pendekatanpendekatan yang bijak.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Fernanda

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Terakhir diupdate 18 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Masalah sosial yang dihadapi oleh setiap individu berbeda antara satu dengan lainnya. Letak perbedaan tersebut disebabkan ...

Pembahasan Soal:

Masalah sosial merupakan permasalahan-permasalahan yang muncul dalam masyarakat, bersifat sosial dan berhubungan erat dengan nilai-nilai sosial dan lembaga-lembaga kemasyarakatan. Masalah sosial berkaitan erat dengan perbedaan-perbedaan yang ada dalam masyarakat. Hal ini dikarenakan, 

Hakikat Manusia sebagai makhluk individu diartikan sebagai perseorangan atau sebagai diri pribadi. Manusia sebagai diri pribadi merupakan makhluk yang diciptakan secara sempurna oleh Tuhan Yang Maha Esa. Makhluk Tuhan yang memiliki empat unsur, yaitu benda, hidup, naluri/instink, dan akal budi. Sehingga, manusia memiliki dasar karakteristik/ kepentingan yang berbeda yang seringkali menimbulkan konflik di masyarakat. 

Jadi, jawabannya adalah C adanya perbedaan kepentingan antara individu satu dengan lainnya 

0

Roboguru

Masalah sosial dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk permasalahan yang secara umum dianggap oleh masyarakat secara luas sebagai hal-hal yang tidak diinginkan, adalah masalah sosial yang bersif...

Pembahasan Soal:

Masalah sosial adalah kondisi dimana adanya perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya.

Secara objektif, masalah sosial dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk permasalahan yang  secara umum dianggap oleh  orangkebanyakan atau masyarakat sebagai hal-hal yang tidak diinginkan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space

0

Roboguru

Gejala-gejala yang tidak dikehendaki merupakan gejala abnormal yang sering dinamakan masalah sosial, di mana gejala-gejala tersebut menyebabkan... dan ... bagi masyarakat yang bersangkutan.

Pembahasan Soal:

Masalah sosial muncul ketika terjadi perbedaan antara berbagai unsur dalam masyarakat atau kebudayaan seperti nilai dan norma dalam masyarakat dengan realitas sosial. Akibatnya akan muncul benturan yang dapat menganggu sistem sosial dan membahayakan kehidupan kelompok sosial di masyarakat. Selain itu masalah sosial juga muncul dari interaksi sosial yang tidak berjalan secara efektif maupun gejala alam seperti gempa bumi. space

0

Roboguru

Tuliskan beberapa masalah sosial yang berkembang di tengah-tengah kehidupan masyarakat di mana kalian berada ...

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan contoh masalah sosial yang ada di masyarakat. Soal ini berkaitan dengan topik Masalah sosial sebagai realitas sosial, yang berarti permasalahan sosial terlihat begitu nyata terjadi dan dialami oleh masyarakat. Contoh dari masalah sosial yang hari ini ada di masyarakat adalah;

  1. Kemiskinan, pandemi menyebabkan tingkat kemiskinan meningkat. Banyak orang putus asa, kelaparan, dan akhirnya melakukan tindakan kriminal. Seperti mencopet, pembegalan, sampai perampokan
  2. Kerusakan lingkungan hidup, kapitalisme menyebabkan perusahaan terus menggeruk untung sebanyak-banyaknya, meski menambang hutan, sampai mengkotori sungai.
  3. Menyebarnya berita bohong, teknologi melahirkan media sosial, yang pada akhirnya menyebabkan manusia mudah menyebarkan berita-berita bohong, fitnah kejam, sampai komentar-komentar tidak manusiawi.

Dalam penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa masalah sosial terlihat begitu nyata dan bisa diamati dengan jelas oleh akal sehat dan panca inderaspace 

0

Roboguru

Cermati pernyataan dibawah ini! Adanya pihak yang menetapkan suatu gejala sosial tergantung dari karakteristik masyarakatnya Adanya hubungan antarmasyarakat yang menghambat pembangunan Tidak adan...

Pembahasan Soal:

Poin soal menjelaskan tentang ukuran masalah sosial di masyarakat.

Masalah sosial adalah salah satu gejala sosial yang pasti terjadi di kehidupan masyarakat. Untuk menentukan suatu permasalahan, sosiologi menggunakan beberapa ukuran, yaitu sebagai berikut:

  • Terlihatnya perbedaan yang mencolok antara nilai-nilai dan kenyataan di masyarakat
  • Sumber permasalahan yang terjadi
  • Akibat yang ditimbulkan dari suatu kejadian atau peristiwa
  • Adanya orang atau masyarakat yang menentukan
  • Perhatian masyarakat terhadap suatu kejadian
  • Dapat diperbaikinya suatu masalah sosial

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved