Roboguru

Jelaskan empat karakteristik modernisasi menurut Peter L. Berger!

Pertanyaan

Jelaskan empat karakteristik modernisasi menurut Peter L. Berger!space space space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Proses perubahan sosial dari masyarakat yang bersifat tradisional menjadi masyarakat maju yang ditandai dengan adanya perubahan di segala bidang kehidupan. Menurut Peter L. Berger  modernisasi mempunyai karakteristik sebagai berikut. 

  1. Modernitas telah merusak ikatan solidaritas sosial yang melekat dalam kehidupan masyarakat tradisional. Hidup sepenanggungan dan kebersamaan semakin menipis, diganti dengan persaingan untuk memenuhi kebutuhan hidup. 
  2. Terjadi ekspansi pilihan personal (personal choice). Modernisasi telah mengubah masyarakat tradisonal menjadi masyarakat yang individualis.
  3. Manusia mempunyai kebebasan memilih sesuai yang dikehendaki . 
  4. Terjadi peningkatan keragaman keyakinan. Modernisasi telah membuka peluang terjadinya rekonstruksi nilai dan norma. 
  5. Terjadi orientasi ke depan dan kesadaran atas waktu. Modernisasi telah menggeser masyarakat tradisional yang semula ditandai orientasi kini menjadi orientasi ke depanspace space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Munculnya MRT Jakarta merupakan salah satu wujud kemajuan di bidang transportasi publik. Namun, di awal kemunculannya, masih ada masyarakat yang mengelami cultural shock maupun cultural lag. Agar masy...

Pembahasan Soal:

Munculnya MRT di Jakarta merupakan salah satu wujud kemajuan di bidang transportasi publik. Namun, di awal kemunculannya, masih banyak masyarkat yang mengalami cultural shock, seperti makan lesehan di koridor stasiun. Selain itu, masyarakat juga masih mengalami cultural lag di awal beroperasinya MRT ini. Cultural lag ini terjadi karena perkembangan pola pikir dan perilaku sebagian masyarakat masih belum sejalan dengan kemajuan yang dihasilkan oleh adanya MRT tersebut. Untuk menghasilkan budaya trasportasi yang maju, masyarakat masih perlu melalui proses belajar serta didampingi arahan ataupun sosialisasi, misalnya dari pemerintah. Kondisi ini berkaitan dengan mentalitas atau ciri manusia modern yang pertama, yaitu dapat menerima hal-hal baru dan terbuka terhadap perubahan. Namun, terbuka terhadap perubahan bukan berarti hanya menerima perubahan tanpa memanfaatkannya untuk mencapai kemajuan. Dalam hal ini, diperlukan adaptasi terhadap setiap kemajuan yang ada agar cultural shock dan cultural lag tidak berkembang menjadi masalah-masalah sosial lainnya.

Berdasarkan uraian diatas, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Berikan 3 contoh Sikap terbuka terhadap perubahan?

Pembahasan Soal:

Sebuah perubahan dalam kehidupan masyarakat itu sesuatu yang mutlak dan tidak dapat dihindari, baik itu perubahan fisik lingkungan atau perubahan sosial masyarakat itu sendiri. Salahsatu dari adanya sebuah perubahan dalam kehidupan masyarakat adalah munculnya modernisasi yang mana dapat diartikan sebagai proses perubahan dari sesuatu yang belum maju ke arah yang lebih maju.  Sehingga dalam modernisasi masyarakat memiliki banyak perubahan dalam kehidupan sosial. Masyarakat modern pun memiliki beberapa ciri sebagai berikut : 

1. Terbuka terhadap hal-hal baru.
2. Menerima perubahan secara kritis.
3. Peka terhadap masalah-masalah yang terjadi di lingkungannya.
4. Berorientasi pada masa kini dan masa yang akan datang.
5. Menggunakan perencanaan dalam segala tindakan.
6. Yakin akan manfaat Iptek.

Dalam era modern masyarakat dalam menerima sebuah perubahan memerlukan sikap-sikap terbuka, sesuai dengan ciri masyarakat modern, sikap terbuka masyarakat dalam perubahan adalah sebagai berikut : 

- Mau mempelajari  dan menggunakan IPTEK untuk memenuhi kebutuhan hidup, misalnya menggunakan internet untuk pembelajaran

-  Memiliki sikap proaktif dalam perubahan yang ada, dengan menciptakan inovasi dilingkungan sosial. 

- Mau menerima dan mempelajari perubahan yang terjadi misalnya penggunaan vaksin untuk mencegah dampak buruk dari virus covid 19space space 

0

Roboguru

Ketika mekanisasi pertanian mulai berkembang, ikatan sosial masyarakat petani yang tadinya berdasar pada nilai-nilai kegotongroyongan, mulai bergeser ke arah individualistis. Hal ini terjadi karena ….

Pembahasan Soal:

Pada masyarakat tradisional, ikatan sosial masyarakatnya masih cenderung kuat, karena didasari oleh nilai-nilai kegotongroyongan, seperti yang terbangun pada masyarakat petani sebelum masuknya teknologi pertanian. Namun, ketika mekanisasi pertanian mulai berkembang, ikatan sosial masyarakat petani yang tadinya berdasar pada nilai-nilai kegotongroyongan, mulai bergeser ke arah individualistis. Hal ini terjadi karena adanya pengurangan tenaga petani yang digantikan oleh tenaga mesin. Oleh karena itu, pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan secara bersama-sama, dengan adanya mesin dan teknologi lainnya, kini semuanya menjadi lebih mudah dan dapat dikerjakan sendiri, sebab telah ada pembagian kerja yang spesifik. Ada yang menebar bibit dan mengolah lahan, menggiling padi, dan ada juga yang mengolah padi menjadi beras.

0

Roboguru

Sebutkan akibat jika masyarakat menolak modernisasi!

Pembahasan Soal:

Apabila manusia menolak modernisasi, maka tidak akan ada perubahan. manusia akan mengalami masa tradisional terus menerus. Sehingga seiring perkembangan zaman dan kebutuhan, manusia tidak dapat menolak sama sekali terjadinya modernisasi. 

0

Roboguru

Bagaimana cara kita menyikapi era baru kapitalisme? ...

Pembahasan Soal:

Kapitalisme adalah sistem ekonomi yang menghadirkan kebebasan bagi tiap individu untuk menambang kekayaan semaksimal mungkin. dan dunia pada akhirnya, adalah tentang dinamika untung dan rugi. Sikap yang perlu kita adopsi dalam era kapitalisme adalah sebagai berikut;

  1. Berinovasi, agar kita tidak kalah bersaing, dan jatuh terjerembab ke dalam kemiskinan.
  2. Mengikuti perkembangan jaman. Berarti, kita harus ikut dan mengetahui tren hari ini, seperti penguasaan teknologi, kita akan kalah bersaing, ketika kita gagap dalam menggunakan tekonologi hari ini.
  3. Tetap menjaga alam, dan hubungan dengan sesama manusia lainnya. Karena kapitalisme, acap kali menjadikan manusia menghancurkan alam, dan bahkan menjatuhkan sesamanya.

Dengan melihat penjelasan tersebut, kapitalisme adalah sistem yang menguntungkan sekaligus merugikan, maka dari itu kita harus memiliki sikap yang tepat dalam menghadapi era kapitalisme.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved