Roboguru

Jelaskan dengan singkat (maksimal dengan 5 kalimat) mengapa biji pepaya yang ditanam atau batang singkong yang distek di lingkungan yang tepat bisa tumbuh menghasilkan buah?

Pertanyaan

Jelaskan dengan singkat (maksimal dengan 5 kalimat) mengapa biji pepaya yang ditanam atau batang singkong yang distek di lingkungan yang tepat bisa tumbuh menghasilkan buah?

Pembahasan Soal:

Biji merupakan alat perkembangbiakan tanaman secara generatif, sedangkan stek merupakan cara reproduksi tanaman secara vegetatif buatan. Selain dipengaruhi oleh faktor internal (gen dan hormon), pertumbuhan dan perkembangan tanaman juga dipengaruhi oleh faktor eksternal (lingkungan) meliputi makanan, air, suhu, kelembapan, oksigen, dan cahaya. Di lingkungan yang tepat, syarat-syarat yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang akan terpenuhi misalnya air yang cukup, suhu yang sesuai, udara yang cukup, nutrisi yang cukup, dan cahaya matahari yang optimal. Oleh karena itu di lingkungan yang tepat, biji pepaya yang ditanam atau batang singkong yang distek dapat tumbuh dan berkembang dengan baik hingga dapat menghasilkan buah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tulis minimal 5 keuntungan dari stek dan 5 kekurangan dari setek!

Pembahasan Soal:

Setek merupakan metode perbanyakan vegetatif buatan pada tumbuhan. Setek merupakan suatu proses pemisahan sebagian batang tanaman dari tanaman induknya, kemudian ditanam di tanah sehingga dapat tumbuh menjadi tanaman baru yang utuh. Beberapa keuntungan setek yaitu :

  1. Tidak terkendala oleh musim/waktu.
  2. Individu baru memiliki umur yang sama dengan induknya sehingga dapat cepat berbuah.
  3. Individu baru mempunyai sifat yang sama dengan induknya.
  4. Dapat memperbanyak individu secara kontinyu.
  5. Membutuhkan peralatan yang sederhana, murah, dan tidak membutuhkan teknik khusus seperti cangkok dan okulasi.

Namun, setek juga memilki beberapa kekurangan yaitu :

  1. Proses lebih rumit dibandingkan perkembangbiakan dengan biji
  2. Harus ada pohon Induk
  3. Membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan dibandingkan perkembangbiakan dengan biji
  4. Perakaran lebih lemah dibandingkan perkembangbiakan dengan biji
  5. Tanaman tidak tahan terhadap kekeringan dan kemarau panjang karena memiliki perakaran yang dangkal.space space 

0

Roboguru

Desi memiliki sebuah tanaman mawar yang berbunga merah dan kuning. Desi ingin mengembangbiakkan tanaman mawar tersebut secara vegetatif buatan. Kegiatan perkembangbiakan vegetatif buatan yang harus di...

Pembahasan Soal:

Perkembangbiakan pada bunga mawar berlangsung dalam dua cara yakni secara generatif (seksual) dan vegetatif (aseksual). Perkembangbiakan mawar dengan cara generatif berlangsung dengan melibatkan serbuk sari dan putik, sementara perkembangbiakan mawar secara vegetatif atau aseksual berlangsung dalam dua cara yakni stek yang merupakan vegetatif buatan dan merunduk yang merupakan vegetatif alami. Stek bunga mawar dilakukan dengan cara memotong batang atau cabang pohon mawar secara dengan sudut 45 derajat. Batang yang telah dipotong lalu di rendam dalam air sebelum ditanam kembali.undefined 

0

Roboguru

Perhatikan tumbuhan berikut! Perkembangbiakan vegetatif buatan yang tepat untuk memperbanyak tumbuhan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Setek adalah perkembangbiakan vegetatif buatan dengan memotong atau memisahkan suatu bagian tumbuhan dari induk tanaman, misalnya batang, daun, atau akar tanaman. Kemudian ditanam untuk menghasilkan individu baru. Bagian tanaman yang dapat di setek pada tumbuhan cocor bebek adalah daun. Oleh karena itu, perbanyakan tanaman cocor bebek dapat dilakukan dengan cara setek daun.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan dengan memotong atau memisahkan suatu bagian tumbuhan dari induk tanaman, kemudian ditanam untuk menghasilkan individu baru disebut ….

Pembahasan Soal:

Setek adalah perkembangbiakan vegetatif buatan dengan memotong atau memisahkan suatu bagian tumbuhan dari induk tanaman, kemudian ditanam kembali untuk menghasilkan individu baru. Bagian tanaman yang dapat di setek adalah batang, daun, dan akar. Stek batang berarti memotong bagian batang tumbuhan untuk ditanam menjadi tumbuhan yang baru. Contoh tumbuhan yang di setek menggunakan metode setek batang adalah mawar, lavender, singkong, tebu, kangkung, dan anggur. Stek daun berarti memotong bagian daun tumbuhan untuk ditanam menjadi tumbuhan yang baru. Contoh tumbuhan yang di setek menggunakan metode setek daun adalah cocor bebek, tumbuhan wijayakusuma, tumbuhan sri rejeki, kaktus, lidah buaya, dan begonia. Stek akar berarti memotong bagian akar tumbuhan untuk ditanam menjadi tumbuhan yang baru. Contoh tanaman yang di setek menggunakan metode setek akar adalah stroberi, jambu biji, cemara, apel, dan sukun.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Seseorang melakukan suatu pengamatan mengenai suatu tanaman. Tanaman tersebut memiliki bentuk seperti di bawah ini.   Berdasarkan gambar tersebut, bagian tanaman yang dapat di setek adalah….

Pembahasan Soal:

Setek adalah perkembangbiakan vegetatif buatan dengan memotong atau memisahkan suatu bagian tumbuhan dari induk tanaman, misalnya batang, daun, atau akar tanaman. Kemudian ditanam untuk menghasilkan individu baru. Bagian tanaman yang dapat di setek pada tumbuhan cocor bebek adalah daun. Sehingga, perbanyakan tanaman cocor bebek dapat dilakukan dengan cara setek daun. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D. 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved