Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan dengan contoh perbedaan antara cuaca dengan iklim !

Jelaskan dengan contoh perbedaan antara cuaca dengan iklim !space 

Iklan

S. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang benar pada soal ini adalah contoh iklim diantaranyaiklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin, sedangkan contoh cuaca diantaranya cuaca panas, berawan, hujan, berangin, dan cerah. Berikut adalah penjelasannya. Perbedaan cuaca dan iklim adalah sebagai berikut. Cuaca, merupakan suatu keadaan udara pada suatu waktu di suatu wilayah dengan cakupan yang sempitdan pada waktu jangka pendek. Cuaca digambarkan dengankeadaan berupagejala suhu, tekanan udara, kelembaban, angin, penyinaran matahari, keadaan awan dan lain sebagainya yang memiliki sifat berubah-ubah setiap harinya. Contoh cuaca diantaranya adalah cuaca panas, dingin, berawan, cerah, dan hujan. Contoh penggambaran cuaca adalah "cuaca Jakarta hari ini sangat cerah, berbeda dengan kemarin yang turun hujan terus menerus". Iklim, merupakan rata-rata suatu keadaan umum kondisi cuaca yang mencakup wilayah yang luas dan diamati pada jangka waktu yang lama (kurang lebih pengamatan cuacaselama 30 tahun) dan bersifat tetap dan stabil dan tidak berubah-ubah. Contoh iklim diantaranya adalah iklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin. Contohpenggambaran iklim adalah "iklim di Afrika dan di Indonesia merupakan iklim tropis".

Jawaban yang benar pada soal ini adalah contoh iklim diantaranya iklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin, sedangkan contoh cuaca diantaranya cuaca panas, berawan, hujan, berangin, dan cerah.

Berikut adalah penjelasannya.

Perbedaan cuaca dan iklim adalah sebagai berikut.

  • Cuaca, merupakan  suatu keadaan udara pada suatu waktu di suatu wilayah dengan cakupan yang sempit dan pada waktu jangka pendek. Cuaca digambarkan dengan keadaan berupa gejala suhu, tekanan udara, kelembaban, angin, penyinaran matahari, keadaan awan dan lain sebagainya yang memiliki sifat berubah-ubah setiap harinya. Contoh cuaca diantaranya adalah cuaca panas, dingin, berawan, cerah, dan hujan. Contoh penggambaran cuaca adalah "cuaca Jakarta hari ini sangat cerah, berbeda dengan kemarin yang turun hujan terus menerus".
  • Iklim, merupakan rata-rata suatu keadaan umum kondisi cuaca yang mencakup wilayah yang luas dan diamati pada jangka waktu yang lama (kurang lebih pengamatan cuaca selama 30 tahun) dan bersifat tetap dan stabil dan tidak berubah-ubah. Contoh iklim diantaranya adalah iklim tropis, subtropis, sedang, dan dingin. Contoh penggambaran iklim adalah "iklim di Afrika dan di Indonesia merupakan iklim tropis".space 

128

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Persamaan iklim dan cuaca

687

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia