Roboguru

Jelaskan dengan contoh pengertian pautan!

Pertanyaan

Jelaskan dengan contoh pengertian pautan!space space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pautan gen (gene linkage) adalah gen-gen yang berada dalam satu kromosom homolog yang sama dan letaknya saling berdekatanspace 

space space 

Akibat letaknya yang saling berdekatan, gen-gen tersebut akan tetap bersama sampai saat pembentukan gamet (sel kelamin). Pautan dari dua macam gen atau lebih akan menghasilkan jumlah gamet yang lebih sedikit dibandingkan dengan gen-gen yang tidak berpautan. Oleh karena itu, keturunan yang dihasilkan akan memiliki perbandingan fenotipe dan genotipe yang lebih sedikit pula.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan di bawah ini mana yang tidak benar tentang penurunan sifat dari gen resesif yang terpaut seks?

Pembahasan Soal:

Karakteristik penurunan sifat dari gen resesif yang terpaut seks antara lain adalah sebagai berikut.

  • Sifat yang diturunkan berdampak terutama pada hewan jantan. Hal itu disebabkan karena perbedaan jenis kromosom yang dimiliki jantan dan betina. Beberapa gen resesif terpaut pada kromosom Y yang hanya dimiliki oleh hewan jantan, sehingga penurunan sifat hanya dialami oleh hewan jantan. Selain itu, betina memiliki dua kromosom X (XX), apabila gen resesif terpaut kromosom X diturunkan pada individu betina, maka ia masih memiliki kemungkinan menjadi karier saja. Hal tersebut berbeda dengan individu jantan, apabila gen resesif terpaut kromosom X diturunkan kepadanya maka ia pasti memiliki sifat tersebut karena individu jantan hanya memiliki satu kromosom X saja (XY).
  • Tidak ada penurunan sifat dari jantan ke jantan. Sifat dari induk jantan pada umumnya diturunkan pada keturunan betina. Begitu pula sebaliknya, sifat dari induk betina diturunkan pada keturunan jantan.
  • Betina dapat memperoleh sifat tertentu apabila induk jantan mempunyai sifat tersebut, sedangkan induk betina membawa gen tersebut (carrier) atau memiliki sifat tersebut. Apabila salah satu induknya normal, maka sifat tidak dapat diturunkan pada individu betina.
  • Jantan yang terkena dampak sifat tersebut biasanya lahir dari orang tua yang secara fenotipe tidak menampakkan sifat tersebut (induk betina karier).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space

0

Roboguru

Jelaskan istilah-istilah berikut: f. pautan

Pembahasan Soal:

Kromosom mengandung gen yang tersimpan di tempat khusus yang disebut lokus. Gen-gen yang berada dalam satu kromosom homolog yang sama dan terletak saling berdekatandisebut sebagai pautan gen (gene linkage). Akibat letaknya yang saling berdekatan, gen-gen tersebut akan tetap bersama sampai saat pembentukan gamet (sel kelamin).  

0

Roboguru

Pautan gen merupakan salah satu penyimpangan hukum Mendel. Pautan gen terjadi pada gen-gen yang mengendalikan dua sifat beda pada ....

Pembahasan Soal:

Pautan gen merupakan salah satu penyimpangan hukum Mendel. Pautan gen terjadi akibat gen-gen terletak pada lokus yang berdekatan dalam kromosom yang sama dan saat proses pembentukan gamet saling berkait atau berikatan. Jumlah pautan gen tergantun pada jumlah pasangan kromosom dan panjang kromosom. Semakin banyak gen yang berpautan mengakibatkan keanekaragaman individu semakin besar. Dengan demikian, pautan gen terjadi pada gen-gen yang mengendalikan dua sifat beda pada  kromosom sama dan lokus berdekatan.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah C.undefined

0

Roboguru

Tokoh yang meneliti peristiwa pautan gen pertama adalah....

Pembahasan Soal:

Pautan gen adalah keadaan dimana gen-gen yang terletak pada kromosom yang sama atau dalam satu pasang kromosom homolog dan berdekatan tidak dapat dipisahkan. Thomas Hunt Morgan merupakan seorang genetikawan Amerika Serikat yang dikenal karena menemukan kromosom (1908) sebagai pembawa sifat (gen) dan pautan gen. Morgan memperluas bidang genetika dengan kajiannya pada lalat buah Drosophila melanogaster.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan dengan contoh pengertian pautan!

Pembahasan Soal:

Pautan adalah kecenderungan alel-alel pada dua atau lebih lokus pada satu berkas kromosom yang sama untuk bersegregasi bersama-sama. Akibat letaknya saling berdekatan, sehingga gen-gen tersebut akan tetap bersama sampai saat pembentukan gamet (sel kelamin). Pautan dari dua macam gen atau lebih akan menghasilkan jumlah gamet yang lebih sedikit dibandingkan dengan gen-gen yang tidak berpautan. Oleh karena itu, keturunan yang dihasilkan akan memiliki perbandingan fenotipe dan genotipe yang lebih sedikit pula. 

Contoh pautan gen pada persilangan ercis bunga ungu pollen lonjong (PPLL) dengan ercis bunga merah pollen bulat (ppll) akan menghasilkan keturunan pertamanya (F1) yaitu ercis bunga ungu pollen lonjong (PpLl). Ketika dilakukan persilangan kembali pada antar sesama F1, maka akan menghasilkan keturunan (F2) dengan perbandingan fenotip 3 : 1. Hal ini disebabkan karena adanya pautan antara gen P dengan gen L, serta alelnya yaitu gen p dengan gen l. Akibatnya, pada F2 hanya terbentuk dua macam gamet, yaitu PL dan pl. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved