Roboguru

Jelaskan daur hidrologi . . .

Pertanyaan

Jelaskan daur hidrologi . . . 

  1. . . . 

  2. . . . 

Pembahasan Soal:

Siklus hidrologi adalah sebuah proses pergerakan air dari bumi ke atmosfer dan kembali lagi ke bumi yang berlangsung secara kontinyu. Tahap siklus hidrologi yaitu penguapan (evaporasi atau transpirasi), kondensasi, presipitasi, dan infiltrasi. Siklus hidrologi dimulai dengan terjadinya penguapan air ke udara. Air yang menguap tersebut kemudian mengalami proses kodensasi (penggumpalan) di udara yang kemudian membentuk gumpalan - gumpalan yang dikenal dengan istilah awan.

Awan yang terbentuk kemudian jatuh kembali ke bumi dalam bentuk hujan atau salju (presipitasi) yang disebabkan oleh adanya perubahan iklim dan cuaca. Butiran - butiran air tersebut sebagian ada yang langsung masuk ke permukaan tanah (infiltrasi), dan sebagian mengalir sebagai aliran permukaan. Aliran permukaan yang mengalir kemudian masuk ke dalam tampungan – tampungan seperti danau, waduk, dan cekungan tanah lain dan selanjutnya terulang kembali rangkaian siklus hidrologi.

Melalui siklus tersebut, ketersediaan air di dalam bumi dapat dipertahankan, adanya sebuah proses siklus hidrologi juga dapat mempengaruhi cuaca, suhu lingkungan, hujan dan keseimbangan ekosistem bumi secara teratur.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 14 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved