Roboguru

Jelaskan daur air!

Pertanyaan

Jelaskan daur air!

Pembahasan Soal:

Siklus air terjadi beberapa tahap utama yaitu evaporasi, kondensasi dan presipitasi. Evaporasi adalah penguapan air daratan menjadi uap air. Kondensasi adalah perubahan uap air menjadi titik-titik air yang disebut awan. Presipitasi adalah turunnya air hujan ke daratan. Proses daur air disebut juga dengan daur hidrologi.

Siklus air terdiri dari beberapa tahapan, yaitu:

  1. Evaporasi atau penguapan adalah proses dimana air yang ada di laut, rawa, danau, samudra dan lainnya menguap akibat adanya pemanasan sinar matahari. Pada tahap evaporasi, air diubah menjadi uap air (gas) sehingga dapat naik ke atas atmosfer.
  2. Transpirasi merupakan proses penguapan yang serupa dengan evaporasi. Perbedaanya adalah proses penguapan pada transpirasi terjadi pada jaringan makhluk hidup melalui proses respirasi.
  3. Evapotraspirasi adalah uap air hasil dari gabungan dari tahapan evaporasi dan transpirasi.
  4. Kondensasi adalah proses berubahnya uap air menjadi partikel es akibat suhu udara yang rendah sehingga membentuk awan yang tebal.
  5. Adveksi adalah proses perpindahan awan secara horizontal dari satu lokasi ke lokasi lainnya disebabkan karena tekanan udara atau angin.
  6. Presipitasi adalah proses pencairan awan hitam menjadi air yang diaebut hujan. Awan (uap air yang terkondensasi) berubah menjadi air lalu turun ke permukaan bumi sebagai hujan karena pengaruh angin panas atau perubahan suhu.
  7. Run Off (Limpasan). Limpasan adalah proses mengalirnya air hujan ke sungai, samudra, danau dan saluran air lainnya.
  8. Infiltrasi adalah air yang merembes ke bawah dan menjadi air tanah atau proses penyerapan air ke dalam tanah. Penyerapan air ke dalam tanah dibantu oleh adanya tumbuhan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved