Roboguru

Jelaskan dasar klasifikasi Protozoa dan sebutkan masing-masing contoh spesiesnya!

Pertanyaan

Jelaskan dasar klasifikasi Protozoa dan sebutkan masing-masing contoh spesiesnya!space 

Pembahasan Soal:

Protozoa dapat diklasifikasikan berdasarkan alat gerak yang dimilikinya, yaitu:

  • Cilliata
    Merupakan kelompok protozoa yang memiliki alat gerak berupa rambut getar (Silia) yang digunakan untuk bergerak atau menangkap mangsanya. Contoh spesiesnya yaitu Paramecium sp.
  • Rhizopoda
    Merupakan kelompok protozoa yang memiliki alat gerak berupa Pseudopodium (kaki semu) yaitu merupakan penjuluran sitoplasma yang dapat digunakan untuk bergerak atau menangkap mangsa. Contoh spesiesnya adalah Amoeba proteus.
  • Flagellata
    Merupakan kelompok protozoa yang memiliki alat gerak berupa Flagella (bulu cambuk) yang panjang mirip seperti ekor. Contoh spesiesnya adalah Thrypanosoma sp.
  • Sporozoa
    Merupakan kelompok protozoa yang tidak memiliki alat gerak khusus sehingga bergerak dengan mengikuti arus cairan yang menjadi habitatnya. Contoh spesiesnya adalah Plasmodium falciparum.

Dengan demikian, klasifikasi protozoa berdasarkan alat gerak yang dimiliki, dibedakan menjadi Cilliata dengan contoh Paramecium sp., Rhizopoda dengan contoh Amoeba proteus, Flagellata dengan contoh Thrypanosoma sp., dan Sporozoa dengan contoh yaitu Plasmodium falciparum.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan ciri-ciri organisme dari gambar kedua organisme di bawah ini ! bersifat heterotrof bersifat autotrof inti sel prokariotik inti sel eukariotik bersel tunggal bersel banyak Ciri-ci...

Pembahasan Soal:

Gambar yang ditunjukkan adalah organisme amoeba dan paramecium. Keduanya sama-sama termasuk ke dalam kelompok protozoa (protista mirip hewan) dikarenakan memiliki persamaan karakteristik, diantaranya adalah keduanya bersifat heterotrof (tidak mampu membuat makanannya sendiri); bersifat uniseluler (terdiri dari satu sel); serta inti sel eukariotik (melmiliki membran inti).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Roboguru

Protozoa dibagi menjadi empat filum, yaitu Rhizopoda, Flagellata, Ciliata, dan Sporozoa berdasarkan jenis ....

Pembahasan Soal:

Protozoa atau anggota kingdom Protista yang mirip hewan ini diklasifikasikan berdasarkan alat geraknya menjadi 4 yakni sebagai berikut.

  1. Rhizopoda, bergerak dengan kaki semu (pseudopodia)
  2. Flagellata, bergerak dengan flagel (bulu cambuk)
  3. Ciliata, bergerak dengan silia (rambut getar)
  4. Sporozoa, tidak memiliki alat gerak

Dengan demikian, protozoa dibagi menjadi empat filum berdasarkan dengan jenis alat geraknya.space space

Roboguru

Protista yang menyerupai hewan disebut juga protozoa, jelaskan apa arti kata tersebut dan berdasarkan apakah pengelompokan protozoa menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil.

Pembahasan Soal:

Protozoa berasal dari kata "proto" dan "zoa" yang memiliki arti pertama dan hewan dalam bahasa Yunani. Protozoa merupakan cikal bakal hewan organisme yang lebih kompleks. Protozoa disebut sebagai mirip hewan karena tidak memiliki dinding sel, heterotrof, dan memiliki alat gerak. Berdasarkan alat geraknya protozoa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil, yaitu Rhizopoda (kaki semu), ciliata (rambut getar), flagellata (bulu cambuk), dan sporozoa (tidak memiliki alat gerak). space 

Roboguru

Apakah organisme-organisme pada gambar merupakan organisme satu sel atau banyak sel? Apakah sel tersebut memiliki dinding sel?

Pembahasan Soal:

Paramecium sp., Euglena sp. dan Amoeba sp. termasuk organisme uniseluler (bersel tunggal). Organisme uniseluler adalah makhluk hidup yang terdiri dari satu sel. Selain itu, sel pada ketiga organisme tersebut tidak memiliki dinding sel, karena yang mempunyai dinding sel hanya sel tumbuhan saja. Sedangkan ketiga organisme tersebut termasuk ke dalam protista mirip hewan (protozoa). Walaupun Euglena sp. memiliki karakteristik yang mirip tumbuhan, tetapi Euglena sp. tidak memiliki dinding sel, akan tetapi mereka memiliki lapisan protein khusus yang disebut pelikel yang mengelilingi sel dan menawarkan perlindungan.space 

Roboguru

Perhatikan gambar beberapa Protista berikut!   Tuliskan pendapatmu, apakah ketiga jenis Protista tersebut dapat dikelompokkan ke dalam tingkatan takson tertentu? Beri nama kelompok takson tersebut d...

Pembahasan Soal:

Protista merupakan mikroorganisme eukariota yang bukan hewan, tumbuhan, atau jamur. Protista mirip hewan merupakan protista dengan ciri tidak memiliki pigmen warna dan memiliki alat gerak. Berdasarkan alat geraknya, protozoa dibagi menjadi rhizopoda, flagellata, ciliata, dan sporozoa. Sedangkan protista mirip tumbuhan (alga) adalah protista yang memiliki pigmen warna sehingga disebut protista fotoautotrof, artinya dapat membuat makanannya sendiri dengan cara melakukan fotosintesis. Berdasarkan pigmen dominan yang dimiliki alga, alga dibagi menjadi beberapa kelompok diantaranya: chlorophyta, chrysophyta, phaeophyta, dan rhodophyta. Berdasarkan gambar pada soal, ketiga jenis protista tersebut dapat dikelompokkan ke dalam tingkatan takson yaitu Kingdom Protista. Gambar spesies nomor 1 dan 3 bisa masuk dalam kelompok yang sama.

        1                                   2                              3

Karena gambar 1 dan 3 pada soal menunjukkan kelompok protista mirip hewan (protozoa) dengan ciri memiliki alat gerak flagel dan silia.space Sedangkan gambar nomor 2 dikelompokkan ke dalam protista mirip tumbuhan (alga) karena memiliki pigmen dominan klorofil a dan b (Chlorophyta).

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved