Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan dampak Revolusi lndustri yang terjadi di Eropa dan Amerika dalam bidang sosial, ekonomi, dan politik!

Jelaskan dampak Revolusi lndustri yang terjadi di Eropa dan Amerika dalam bidang sosial, ekonomi, dan politik!

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dampak revolusi industri pada bidang ekonomi adalah lahirnya industri besar, berkembangnya kapitalisme, dan Industri kecil gulung tikar. Dalam bidang sosial adalah arus urbanisasi semakin tinggi, kesenjangan antara pemilik modal (kapitalis) dan para pekerja, lahirnya kelas buruh, munculnya revolusi sosial, polusi di banyak tempat, dan munculnya individualisme. Dalam bidang politik adalah munculnya paham sosialisme, munculnya partai politik, dan timbulnya imperialisme modern.

dampak revolusi industri pada bidang ekonomi adalah lahirnya industri besar, berkembangnya kapitalisme, dan Industri kecil gulung tikar. Dalam bidang sosial adalah arus urbanisasi semakin tinggi, kesenjangan antara pemilik modal (kapitalis) dan para pekerja, lahirnya kelas buruh, munculnya revolusi sosial, polusi di banyak tempat, dan munculnya individualisme. Dalam bidang politik adalah munculnya paham sosialisme, munculnya partai politik, dan timbulnya imperialisme modern.

Iklan

Pembahasan

Revolusi industri adalah perubahan cara pembuatan barang-barang industri yang semuladikerjakan dengantenagamanusia diganti dengan tenaga mesin.Penemuan mesin menggantikan tenaga manusia merupakan inti revolusi industri. Revolusi industri dipicu oleh adanya revolusi agraria dalam penyediaan bahan baku wol yang mendorong penemuan mesin-mesin dalam industry tekstil. Revolusi industri ini terjadi di Inggris sekitar pada tahun 1750 (abad XVIII), lalu berkembang dengan cepat keseluruh Eropa, seperti Prancis, Jerman, dan Belanda, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Jepang. Dalam perkembangannya, penggunaan mesin untuk menggantikan tenaga manusia dan hewan tidak hanya terjadi pada bidang manufaktur, tetapi juga dalam bidang pertanian, pertambangan dan transportasi. Berkembangnya berbagai temuan teknologi telah mendorong perkembangan pesat industri di Eropa yang membawa dampak besar baik secara ekonomi, sosial, maupun politik. Bidang Ekonomi Lahirnya Industri Besar, tumbuh industri secara besar-besaran dengan proses mekanisasi. Berkembangnya kapitalisme, sistem ekonomi yang terjadi saat sarana-sarana produksi dimiliki secara pribadi oleh pemilik modal. Industri kecil gulung tikar, karena tidak bisa bersaing dengan industri-industri besar yang biaya produksinya tinggi Bidang Sosial Arus Urbanisasi semakin tinggi, karena industri menciptakan lapangan kerja sehingga menarik minat penduduk desa untuk ke kota. Kesenjangan antara pemilik modal (kapitalis) dan para pekerja, banyak buruh yang tidak menikmati kehidupan dengan layak sementara para kapitalis menjadi semakin kaya. Lahirnya kelas buruh, rasa senasib sepenanggungan mendorong para buruh untuk bersatu. Munculnya revolusi sosial,terdapat gerakan sosial yang menuntut perbaikan nasib para buruh yang terjadi pada tahun 1980-an di Inggris. Polusi di banyak tempat, pembangunan pabrik menyebabkan oencemaran udara dan limbah yang tidak terkendali sehingga menyebabkan kehidupan kota menjadi tidak sehat dan kotor. munculnya individualisme, akibat revolusi industi membuat orang semakin mementingkan dirinya sendiri dan lupa akan kepentingan orang lain. Bidang Politik Munculnya paham sosialisme, para buruh bergerak untuk memperbaiki nasib dan kemudian membentuk organisasi yang disebut gerakan sosialis. Munculny partai politik, para buruh dan tokoh sosialis membentuk partai politik yakni Labour Party. Timbulnya imperialisme modern, untuk mendapatkan bahan mentah, pasar dan tempat investasi di tanah jajahan. Dengan demikian dampak revolusi industri pada bidang ekonomi adalah lahirnya industri besar, berkembangnya kapitalisme, dan Industri kecil gulung tikar. Dalam bidang sosial adalah arus urbanisasi semakin tinggi, kesenjangan antara pemilik modal (kapitalis) dan para pekerja, lahirnya kelas buruh, munculnya revolusi sosial, polusi di banyak tempat, dan munculnya individualisme. Dalam bidang politik adalah munculnya paham sosialisme, munculnya partai politik, dan timbulnya imperialisme modern.

Revolusi industri adalah perubahan cara pembuatan barang-barang industri yang semula dikerjakan dengan tenaga manusia diganti dengan tenaga mesin. Penemuan mesin menggantikan tenaga manusia merupakan inti revolusi industri. Revolusi industri dipicu oleh adanya revolusi agraria dalam penyediaan bahan baku wol yang mendorong penemuan mesin-mesin dalam industry tekstil. Revolusi industri ini terjadi di Inggris sekitar pada tahun 1750 (abad XVIII), lalu berkembang dengan cepat keseluruh Eropa, seperti Prancis, Jerman, dan Belanda, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk Jepang.

Dalam perkembangannya, penggunaan mesin untuk menggantikan tenaga manusia dan hewan tidak hanya terjadi pada bidang manufaktur, tetapi juga dalam bidang pertanian, pertambangan dan transportasi. Berkembangnya berbagai temuan teknologi telah mendorong perkembangan pesat industri di Eropa yang membawa dampak besar baik secara ekonomi, sosial, maupun politik.

  • Bidang Ekonomi
  1. Lahirnya Industri Besar, tumbuh industri secara besar-besaran dengan proses mekanisasi.
  2. Berkembangnya kapitalisme, sistem ekonomi yang terjadi saat sarana-sarana produksi dimiliki secara pribadi oleh pemilik modal.
  3. Industri kecil gulung tikar, karena tidak bisa bersaing dengan industri-industri besar yang biaya produksinya tinggi
  • Bidang Sosial
  1. Arus Urbanisasi semakin tinggi, karena industri menciptakan lapangan kerja sehingga menarik minat penduduk desa untuk ke kota.
  2. Kesenjangan antara pemilik modal (kapitalis) dan para pekerja, banyak buruh yang tidak menikmati kehidupan dengan layak sementara para kapitalis menjadi semakin kaya.
  3. Lahirnya kelas buruh, rasa senasib sepenanggungan mendorong para buruh untuk bersatu.
  4. Munculnya revolusi sosial, terdapat gerakan sosial yang menuntut perbaikan nasib para buruh yang terjadi pada tahun 1980-an di Inggris.
  5. Polusi di banyak tempat, pembangunan pabrik menyebabkan oencemaran udara dan limbah yang tidak terkendali sehingga menyebabkan kehidupan kota menjadi tidak sehat dan kotor.
  6. munculnya individualisme, akibat revolusi industi membuat orang semakin mementingkan dirinya sendiri dan lupa akan kepentingan orang lain.
  • Bidang Politik
  1. Munculnya paham sosialisme, para buruh bergerak untuk memperbaiki nasib dan kemudian membentuk organisasi yang disebut gerakan sosialis.
  2. Munculny partai politik, para buruh dan tokoh sosialis membentuk partai  politik yakni Labour Party.
  3. Timbulnya imperialisme modern, untuk mendapatkan bahan mentah, pasar dan tempat investasi di tanah jajahan.

Dengan demikian dampak revolusi industri pada bidang ekonomi adalah lahirnya industri besar, berkembangnya kapitalisme, dan Industri kecil gulung tikar. Dalam bidang sosial adalah arus urbanisasi semakin tinggi, kesenjangan antara pemilik modal (kapitalis) dan para pekerja, lahirnya kelas buruh, munculnya revolusi sosial, polusi di banyak tempat, dan munculnya individualisme. Dalam bidang politik adalah munculnya paham sosialisme, munculnya partai politik, dan timbulnya imperialisme modern.

Latihan Bab

Renaissance

Merkantilisme

Reformasi Gereja

Aufklarung

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

30rb+

Lana Mayang Sari

Makasih ❤️

Dwi Prima

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan dampak positif dan negatif dari Revolusi lndustri bagi bangsa Eropa dari segi ekonomi, sosial, dan politik!

24rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia