Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan dampak positif dan negatif dari mutasi buatan!

Jelaskan dampak positif dan negatif dari mutasi buatan!space 

Iklan

A. Handoko

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

mutasi jika dimanfaatkan dengan baik dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi manusia. Namun, mutasi juga dapat memberikan dampak negatif terhadap makhluk hidup.

mutasi jika dimanfaatkan dengan baik dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi manusia. Namun, mutasi juga dapat memberikan dampak negatif terhadap makhluk hidup.space

Iklan

Pembahasan

Peristiwa mutasi dapat berdampak positif maupun negatif terhadap manusia dan makhluk hidup lainnya. Contohnya sebagai berikut. Dampak Positif Berperan dalam meningkatkan hasil panen produksi pangan, seperti semangka dan anggur tanpa biji, gandum, kol dan kelapa poliploid, serta kacang tanah dengan perlakuan mutasi induksi. Dapat menambah keanekaragaman. Berperan sebagai proses penting untuk evolusi dan variasi genetik. Berperan dalam penghambatan pertumbuhan dan perkembangan penyakit kanker dan AIDS. Berperan dalam meningkatkan hasil antibiotik (seperti mutan Penicillium ) yaitu penggunaan radiasi sinar ultraviolet dapat menghasilkan mutan mikroorganisme penghasil antibiotik yang lebih bermanfaat. Dampak negatif Kelainan pada jumlah dan susunan kromosom dapat menyebabkan sindrom Down, sindromKlinefelter, sindrom Turner, si ndrom Edwards, sindrom Jacobs, sindrom Patau. Radiasi yang disebabkan dari bomnuklir dan sinar radioaktif dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya, menimbulkan cacat, serta bersifat resesif dan letal. Jadi, mutasi jika dimanfaatkan dengan baik dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi manusia. Namun, mutasi juga dapat memberikan dampak negatif terhadap makhluk hidup.

Peristiwa mutasi dapat berdampak positif maupun negatif terhadap manusia dan makhluk hidup lainnya. Contohnya sebagai berikut.

  • Dampak Positif
  1. Berperan dalam meningkatkan hasil panen produksi pangan, seperti semangka dan anggur tanpa biji, gandum, kol dan kelapa poliploid, serta kacang tanah dengan perlakuan mutasi induksi. 
  2. Dapat menambah keanekaragaman.
  3. Berperan sebagai proses penting untuk evolusi dan variasi genetik.
  4. Berperan dalam penghambatan pertumbuhan dan perkembangan penyakit kanker dan AIDS.
  5. Berperan dalam meningkatkan hasil antibiotik (seperti mutan Penicillium) yaitu penggunaan radiasi sinar ultraviolet dapat menghasilkan mutan mikroorganisme penghasil antibiotik yang lebih bermanfaat.
  • Dampak negatif
  1. Kelainan pada jumlah dan susunan kromosom dapat menyebabkan sindrom Down, sindrom Klinefelter, sindrom Turner, si ndrom Edwards, sindrom Jacobs, sindrom Patau.
  2. Radiasi yang disebabkan dari bom nuklir dan sinar radioaktif dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya, menimbulkan cacat, serta bersifat resesif dan letal.space 

Jadi, mutasi jika dimanfaatkan dengan baik dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi manusia. Namun, mutasi juga dapat memberikan dampak negatif terhadap makhluk hidup.space

Latihan Bab

Konsep Dasar dan Klasifikasi Mutasi

Mutasi Gen

Mutasi Kromosom

Kelainan pada Manusia Akibat Mutasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

13rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan dampak dari mutasi baik yang menguntungkan maupun yang merugikan?

8rb+

4.7

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia