Roboguru

Jelaskan dampak perbedaan simetri tubuh terhadap cara gerak makhluk hidup !

Pertanyaan

Jelaskan dampak perbedaan simetri tubuh terhadap cara gerak makhluk hidup !

Pembahasan Soal:

Makhluk hidup dibedakan menjadi 2 berdasarkan simetri tubuhnya yaitu :

  • Simetri bilateral menggambarkan bagian tubuhnya tersusun bersebelahan dengan bagian lainnya. Jika diambil garis memotonglewat mulut dan anus dari makhluk hidup simetri bilateral akan didapatkan bagian yang sama antara sisi kiri dan kanan. Makhluk hidup simetri bilateral memiliki sisi puncak (oral) dan sisi dasar (aboral); sisi atas (dorsal) dan sisi bawah (ventral); sisi kepala (anterior) dan sisi ekor (posterior), serta sisi samping (lateral)
  • Simetri radial menggambarkan bagian tubuhnya yang tersusun melingkar. Jika diambil garis lewat mulut menghasilkan bagian-bagian yang sama. Makhluk hidup simetri radial hanya memiliki sisi puncak (oral) dan sisi dasar (aboral) 

Bentuk simetri tubuh mempengaruhi cara gerak pada makhluk hidup. Makhluk hidup dengan simetri radial biasanya menetap, mengambang bebas atau berenang meskipun lemah. Makhluk hidup ini juga menghabiskan sebagian besar waktunya dengan mengambang atau melekat pada substrat. Sedangkan, makhluk hidup dengan simetri bilateral dapat bergerak secara bebas karena bentuk tubuhnya memberikan keseimbangan untuk membantu pergerakan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa makhluk hidup simetri radial memiliki pergerakan lebih lambat daripada makhluk hidup simetri bilateral. Hal ini dikarenakan bentuk tubuh simetri bilateral memberikan keseimbangan untuk membantu pergerakan. 
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan perbedaan simetri tubuh bintang laut dan tupai!

Pembahasan Soal:

Terdapat 2 jenis simetri tubuh, yaitu bilateral dan radial. Hewan yang memiliki simetri tubuh radial berasal dari filum Porifera, Echinodermata, dan Coelenterata. Sedangkan simetri bilateral termasuk Annelida, Platyhelminthes, Nematelminthes, Arthropoda, Mollusca, dan Chordata. Tupai termasuk ke dalam kelompok Chordata, jadi memiliki simetri bilateral. Sedangkan bintang laut termasuk ke dalam Echinodermata dan memiliki simetri radial. space 

0

Roboguru

Bentuk tubuh Porifera dikatakan asimetri. Selain itu, Porifera juga disebut sebagai hewan radiata. Apa yang dimaksud dengan asimetri dan radiata!

Pembahasan Soal:

Porifera adalah satu dari beberapa jenis hewan tak bertulang belakang atau yang umum disebut hewan inverterbrata. Porifera juga biasa disebut hewan berpori atau spons. Bentuk tubuh Porifera dikatakan asimetri. Selain itu, Porifera juga disebut sebagai hewan radiata.  Perbedaannya adalah:

  • Asimetri : merupakan hewan yang tidak mempunyai pembagian tubuh yang tetap atau sama (tidak beraturan).
  • Hewan radiata : kelompok hewan yang memiliki tubuh simetri radial atau tubuh yang melingkar (bulat) sehingga saat dibagi dari sumbu ke sisi manapun akan tetap sama bentuknya.

0

Roboguru

Jelaskan simetri tubuh hewan berikut!

Pembahasan Soal:

Simetri tubuh yaitu sistem pembagian tubuh menurut sumbu simetri tubuhnya. Pada gambar tersebut merupakan spesies bulu babi (Diadema sp.) yang memiliki bentuk tubuh simetri radial. Hewan dengan simetri radial merupakan hewan yang apabila tubuhnya dibagi dua melalui pusatnya dari arah manapun diperoleh bentuk dan ukuran yang sama. Hewan dengan bentuk tubuh simetri radial memiliki bagian tubuh atas dan bawah, atau oral (mulut) dan aboral, tetapi tidak ada kiri dan kanan atau ujung kepala dan ujung belakang.

Dengan demikian simetri tubuh bulu babi (Diadema sp.) adalah simetri radial. undefined  

0

Roboguru

Perhatikan jenis-jenis hewan berikut! Kadal Ikan Katak Landak laut Bintang laut Hewan yang memiliki bentuk tubuh simetri bilateral ditunjukkan oleh angka ....

Pembahasan Soal:

Simetri bilateral merupakan salah satu jenis simetri tubuh pada hewan. Hewan yang memiliki bentuk tubuh simetri bilateral hanya memiliki satu bidang pembelahan yang dapat membagi tubuhnya menjadi 2 belahan yang sama persis besar sehingga memiliki bagian tubuh anterior (depan), posterior (belakang), dorsal (atas), dan ventral (bawah) saja. Contoh hewan yang memiliki simetri bilateral yaitu hewan yang berasal dari kelompok Nematoda, Annelida, Mollusca, Arthropoda, Pisces, Amfibi, Reptil, Aves, dan Mamalia. Echinodermata bukan merupakan kelompok hewan dengan simetri tubuh bilateral, melainkan memiliki simetri tubuh radial. 

Berdasarkan uraian di atas, dapat diketahui bahwa hewan-hewan pada soal yang memiliki simetri tubuh bilateral yaitu kadal, ikan, dan katak yang ditunjukkan oleh nomor 1, 2, dan 3.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space 

0

Roboguru

Hewan berikut ini yang mempunyai tubuh bilateral simetris adalah ... Holothuria sp (Teripang). Hydra sp (Hydra). Loligo sp (Cumi-cumi). Spongia sp (Spons).

Pembahasan Soal:

Berdasarkan simetri tubuhnya, hewan dapat dibedakan menjadi hewan yang memiliki simetri tubuh bilateral dan hewan yang memiliki simetri tubuh radial. Simetri Bilateral adalah hewan yang bagian tubuhnya tersusun bersebelahan dengan bagian lainnya. Jika diambil garis memotong dari depan ke belakang, maka akan terlihat bagian tubuh tubuh yang sama antara kiri dan kanan. Simetri Radial adalah hewan yang memiliki lapisan tubuh melingkar (bulat). Contoh hewan yang memiliki simetri tubuh bilateral adalah Holothuria sp (Teripang), dan Loligo sp (cumi-cumi). Sedangkan hewan yang memiliki simetri tubuh radial adalah Spongia sp (Spons), dan Hydra sp (Hydra).space 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved