Roboguru

Jelaskan dampak letak geografis Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa!

Pertanyaan

Jelaskan dampak letak geografis Indonesia yang dilalui garis khatulistiwa!undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Letak geografis adalah letak suatu negara berdasarkan kenyataan di muka bumi. Letak tersebut berdasarkan penglihatan dari posisi daerah lain atau negara lain. Wilayah Indonesia terlatak di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, dan di antara Benua Asia dan Benua Australia. Indonesia juga dilalui oleh garis khatulistiwa. Akibat letak geografis terhadap wilayah Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Beriklim tropis
  2. Memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam
  3. Dipengaruhi oleh angin muson  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Entry

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menganalisis pengaruh letak geografis terhadap keberagamaan Indonesia!

Pembahasan Soal:

Indonesia dikenal dengan berbagai ragam masyarakat. Hal tersebut dipengaruhi oleh letak geografis Indonesia, yaitu sebagai berikut.

  • Indonesia terletak diantara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia dan dua samudera, yaitu Samudera Hindia dan Pasifik. Dari letak tersebut, Indonesia berada pada posisi strategis jalur perdagangan Internasional. Dengan adanya lalu lintas perdagangan, bangsa asing yang singgah ke Indonesia membawa pengaruh budaya yang mengakibatkan keberagaman ras, agama, dan bahasa.
  • Indonesia merupakan negara kepulauan. Satu daerah dengan dengan daerah lainnya berjauhan menyebabkan budaya yang berkembang di masyarakat makin banyak.
  • Wilayah Indonesia yang luas membuat masyarakat membuat budaya baru sesuai kondisi alam daerah tempat tinggalnya. Budaya masyarakat di wilayah pegunungan dan pantai akan berbeda karena kondisi alam yang berbeda pula.

space space 

Roboguru

Perhatikan gambar letak Indonesia berikut ! Berdasarkan gambar, akibat dari letak geografis Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Karena Indonesia merupakan negara kepulauan dari pertemuan 2 samudera serta diapit oleh 2 benua yang luas maka hal itu berpengaruh terhadap kondisi alamnya dimana.

  1. Wilayah Indonesia pada umumnya beriklim laut karena banyak memperoleh pengaruh angin laut yang mendatangkan banyak hujan.
  2. Wilayah Indonesia juga memiliki iklim musim yakni iklim yang dipengaruhi oleh angin muson yang berembus setiap 6 bulan sekali berganti arah, hal ini menyebabkan musim kemarau dan musim hujan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space  

Roboguru

Salah satu dampak negatif letak geografis Indonesia adalah ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia berada diantara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Letak geografis tersebut memberikan dampak yang besar terhadap penduduk di Indonesia, yaitu:

  • Indonesia dilalui hembusan angin muson yang mempengaruhi proses terjadinya hujan.
  • Indonesia merupakan lokasi yang strategis untuk jalur perdangan. Hal ini mempengaruhi perkembangan industri dan juga pola kehidupan penduduk akibat banyaknya budaya asing masuk ke Indonesia dari para pedagang Internaisonal. Budaya asing yang tidak sesuai dengan norma dan nilai-nilai penduduk Indonesia dapat memberikan pengaruh negatif.
  • Indonesia dapat menjadi pasar gelap seperti penyelundupan barang-barang ilegal karena berada di jalur perdagangan Internasional.space 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space space 

Roboguru

Perbedaan letak geografis antar daerah dengan kondisi persebaran sumber daya alam yang tidak merata menyebabkan ketersediaan barang juga tidak merata antara daerah satu dengan daerah yang lain. Hal in...

Pembahasan Soal:

Penyebab kelangkaan adalah sebagai berikut.

  • Perbedaan Letak Geografis
    Sumber daya alam yang ada di bumi tidak tersebar secara merata. Ada tempat yang mempunyai tanah-tanah subur, ada juga yang tidak. Ada tempat yang memiliki sumber mata air berlimpah, ada juga yang tidak.
  • Pertumbuhan Penduduk
    Pertumbuhan penduduk yang lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan produksi akan menyebabkan kelangkaan. Banyaknya penduduk berarti lebih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Jadi, kalau pertumbuhan produksinya hanya sedikit tidak akan mencukupi kebutuhan tadi.
  • Kemampuan Produksi
    Faktor-faktor produksi (tenaga kerja, sumber daya alam, modal, kewirausahaan) yang kita punya tidak akan sama kemampuannya. Alhasil, tidak semua kebutuhan akan terpenuhi.
  • Perkembangan Teknologi
    Teknologi yang rendah pastinya hanya mampu memenuhi kebutuhan yang lebih sedikit dibandingkan teknologi yang tinggi.
  • Bencana Alam
    Bencana alam akan memengaruhi jumlah sumber daya yang ada, sehingga mengganggu pemenuhan kebutuhan manusianya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

Roboguru

Posisinya yang terletak di antara dua benua dan dua samudra menjadikan Indonesia sebagai negara yang strategis. Namun demikian, potensi ini dapat menjadi bumerang yang merugikan. Upaya yang harus diam...

Pembahasan Soal:

Indonesia sebagai negara strategis yang berada di antara dua benua dan dua samudra memiliki dampak dalam segi ekonomi, yaitu sebagai jalur lalu lintas perdagangan dunia. Maraknya kegiatan perdagangan di Indonesia menjadi tantangan karena meningkatnya daya saing produk dalam negeri dengan produk impor. Oleh sebab itu, pemerintah perlu memproteksi produk dalam negeri dengan menyeleksi produk / komoditas asing yang masuk ke Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved