Roboguru

Jelaskan dampak kebijakan tanam paksa bagi penduduk Nusantara!

Pertanyaan

Jelaskan dampak kebijakan tanam paksa bagi penduduk Nusantara!

Pembahasan Soal:

Tahun 1830, pemerintah Hindia Belanda mengalami kesulitan keuangan. Untuk mengatasi kesulitan keuangan itu, Johannes van Den Bosch mengusulkan kepada pemerintah Belanda untuk meningkatkan produksi tanaman ekspor di Indonesia melalui cultuurstelsel. Kebijakan ini kemudian oleh bangsa Indonesia dikenal dengan istilah Sistem Tanam Paksa.

Dalam pelaksanaannya, penerapan Sistem Tanam Paksa di Indonesia tentu berdampak terhadap masyarakat Indonesia. Dampak kebijakan tanam paksa bagi penduduk Indonesia terbagi atas dua, yakni positif dan negatif. Dampak positif sistem tanam paksa bagi penduduk Nusantara adalah sebagai berikut.

  1. Masyarakat menjadi tahu dan mengenal berbagai teknik dalam menanam jenis tanaman baru.
  2. Mereka mulai mengenal jenis tanaman yang memiliki potensi ekspor dan menghasilkan keuntungan.

Sedangkan dampak negatif dari penerapan Sistem Tanam Paksa antara lain sebagai berikut.

  1. Sawah dan ladang milik rakyat menjadi terbengkalai dan tidak menghasilkan panen yang bagus.
  2. Beban hidup rakyat semakin berat terlebih karena mereka harus menyerahkan sebagian dari tanah milik dan hasil panen.
  3. Masyarakat tidak bisa mencari nafkah dan tingkat kemiskinan semakin tinggi karena masyarakat menjadi miskin dan banyak wabah penyakit akibat kelaparan.

Dengan demikian, dampak Sistem Tanam Paksa terbagi menjadi dua yakni dampak positif dan negatif. Dampak positif dari sistem tanam paksa salah satunya adalah masyarakat mengenal jenis tanaman baru, sedangkan salah satu dampak negatifnya adalah beban hidup rakyat semakin berat.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan akibat pelaksanaan sistem tanam paksa dan sewa tanah bagi rakyat indonesia!

Pembahasan Soal:

Akibat dari pelaksanaan tanam paksa dan sewa tanah adalah rakyat kehilangan tanah garapan milik pribadi dan seringkali menjadi korban manipulasi pemerintah setempat yang mengambil tanaman paksa melebihi kuota tanam di lahan - lahan yang ada.


Dengan demikian, akibat dari pelaksanaan tanam paksa dan sewa tanah adalah rakyat mengenal berbagai teknik menanam tanaman baru, perubahan sistem feodalisme, munculnya uang yang beredar, pembangunan infrastruktur. Selain itu, rakyat juga kehilangan tanah, pajak memberatkan rakyat, kerja wajib melebihi ketentuan, timbul kelaparan.

1

Roboguru

Dibawah ini yang merupakan dampak positif diterapkannya sistem tanam paksa adalah...

Pembahasan Soal:

Pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal van Den Bosch tahun 1830-1835, diterapkanlah kebijakan sistem tanam paksa atau cultuurstelsel. Tujuan utama kebijakan ini adalah untuk mengisi kekosongan kas Belanda akibat peperangan melawan Perancis dan membayar hutang-hutang VOC. Tanaman kopi dan rempah-rempah menjadi komoditas utama dalam sistem tanam paksa. Sistem tanam paksa membawa dampak positif dan dampak negatif bagi bangsa Indonesia. Kedua dampak tersebut adalah sebagai berikut.

  • Dampak positif: masyarakat Indonesia mengenal jenis tanaman kualitas ekspor seperti gula, indigo, teh, tembakau, dan lain-lain.
  • Dampak negatif: rakyat Indonesia mengalami penderitaan yang cukup panjang karena harus bekerja keras memenuhi target tanam paksa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Tanam paksa sangat membebani rakyat Indonesia, bahkan membuat sengsara. Namun, kalau dilihat semua kebijakan ada sisi positif dan negatifnya. Sisi positif tanam paksa bagi bangsa Indonesia adalah...

Pembahasan Soal:

Dampak positif tanam paksa bagi masyarakat Indonesia:

  1. dikenalnya tanaman ekspor yang laku di pasaran Eropa seperti teh, kopi, kina, tembakau, indigo, dan karet,
  2. dibangunnya infrastruktur pertanian seperti irigasi,
  3. dilakukannya politik Balas Budi akibat reaksi sistem Tanam Paksa yang menghasilkan kalangan terdidik dari kalangan rakyat Indonesia, dan
  4. dikenalnya teknik pertanian baru.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Di bawah ini yang merupakan dampak positif diterapkannya sistem tanam paksa adalah ....

Pembahasan Soal:

Sistem tanam paksa atau cultuurstelsel adalah sebuah kebijakan pada masa Hindia Belanda. Kebijakan yang berlangsung pada tahun 1830 sampai dengan 1870 ini memberikan beragam dampak bagi masyarakat Indonesia. Dampak positif dari pelaksanaan sistem tanam paksa adalah sebagai berikut. 

  1. Rakyat Indonesia megenal berbagai jenis tanaman kualitas ekspor 
  2. Meningkatnya jumlah uang yang beredar di pedesaan 
  3. Munculnya tenaga kerja yang ahli dalam kegiatan non pertanian yang terkait dengan perkebunan dan perpabrikan
  4. Penyempurnaan fasilitas yang digunakan dalam proses tanam paksa, seperti jalan, jembatan 

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Jelaskan bagaimana keuntungan bangsa Indonesia dengan adanya tanam paksa!

Pembahasan Soal:

Sistem tanam paksa atau Cultuurstelsel pertama kali diperkenalkan oleh Van den Bosch. Menurut Van den Bosch,untuk memperbaiki perekonomian di negeri Belanda yang sedang terpuruk, harus dilakukan penanaman tanaman di negeri jajahan yang laku di pasar internasional. Sistem tanam paksa akhirnya resmi dilakukan setelah diangkatnya Van den Bosch sebagai Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada tahun 1830. Dalam perkembangannya terdampak dampak negatif serta positif dalam pelaksanaan tanam paksa di Indonesia bagi rakyat pribumi. Dampak postif dari tanam paksa adalah rakyat Indonesia mengenal berbagai teknik menanam jenis-jenis tanaman baru, munculnya tenaga kerja yang ahli dalam kegiatan non pertanian yang terkait dengan perkebunan dan pepabrikan di pedesaan, rakyat mengenal sistem uang dalam kegiatan perdagangan, rakyat mulai mengenal teknologi-teknologi yang digunakan dalam pengolahan pertanian, hingga penyempurnaan fasilitas yang digunakan dalam proses tanam paksa, seperti jalan, jembatan, penyempurnaan fasilitas pelabuhan dan pabrik serta gudang untuk hasil budidaya.

Dengan demikian, dampak positif dari tanam paksa adalah rakyat Indonesia mengenal berbagai teknik menanam jenis-jenis tanaman baru, munculnya tenaga kerja yang ahli, rakyat mengenal sistem uang dalam kegiatan perdagangan, rakyat mulai mengenal teknologi-teknologi yang digunakan dalam pengolahan pertanian, hingga penyempurnaan fasilitas yang digunakan dalam proses tanam paksa.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved