Roboguru

Pertanyaan

Jelaskan dampak dari letak geografis wilayah Indonesia terhadap kondisi pangannya!space

A. Bryando

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Secara geografis Indonesia berada diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Australia, berada di dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Pasifik, serta berada diantara pertemuan pegunungan Sirkum Pasifik dan Mediterania. Kondisi ini sangat menguntungkan Indonesia dalam hal perdagangan dunia karena wilayahnya merupakan bagian dari jalur yang dilewati untuk perdagangan dunia. Kondisi geografis wilayah Indonesia sangat mendukung untuk berbagai kegiatan pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan.

  • Bidang Pertanian dan perkebunan. Indonesia merupakan negara agraris yang didukung dengan kondisi iklim tropis karena letaknya berada dekat dengan garis katulistiwa sehingga memiliki intensitas curah hujan dan penyinaran matahari yang baik untuk tumbuh kembang tanaman. Letak Indonesia yang berada pada zona tropis, memungkinkan Indonesia memiliki potensi besar dalam berbagai sumber daya alam yang melimpah, terutama untuk jenis produk pertanian seperti padi, kedelai , kacang tanah, dan ubi kayu yang dapat hidup dan tumbuh subur. Kesuburan tanah Indonesia juga disebabkan banyaknya gunung api yang memungkinkan tanah menjadi subur yang merupakan hasil dari pertemuanya dua Sirkum Pasifik dan Mediterania. Hasil produksi yang melimpah selain untuk memenuhi kebutuhan pangan Indonesia, hasil produksi tersebut di ekspor ke beberapa negara tetangga.
  • Perikanan. Indonesia merupakan negara maritim yang mana luas lautan lebih besar dari daratan yang memungkinkan Indonesia kaya dalam bidang perikanan. Berada di zona tropis mengakibatkan penyinaran matahari yang datang menyebabkan perairan hangat (proses upwelling) dan menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi mahluk perairan. Berada pada dua apitan samudra menyebabkan melimpahnya makanan bagi mahluk hidup perairan akibat adanya arus lintas Indonesia (Arlindo) yang banyak membawa sumber makanan bagi mahluk hidup perairan. Karena menjadi massa air utama arus lalu lintas mgrasi biota ikan dan biota laut. Berada diantara dua samudra memudahkan Indonesia ikut serta dalam perdagangan Internasional dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan atau menjual hasil produksi.
  • Peternakan. Indonesia yang merupakan negara dengan iklim tropis dan tanah yang subur akibat terbentuknya gunung api dari proses bertemunya dua sirkum mengakibatkan banyak tumbuhan yang hidup guna menunjang kebutuhan makanan ternak. Kondisi yang hangat karena berada di zona tropis memungkinkan hewan dapat dengan mudah berkembang biak.space

526

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Upaya yang dapat dilakukan untuk menekan angka impor daging di Indonesia adalah. ..

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia