Roboguru

Jelaskan dampak dari kebijakan-kebijakan politik P...

Jelaskan dampak dari kebijakan-kebijakan politik Pemerintahan Orde Baru terhadap NKRI!

Jawaban:

Pemerintahan Orde Baru yang berkuasa selama 32 tahun menerapkan berbagai kebijakan politik yang secara garis besar membatasi kehidupan politik bagi masyarakat Indonesia. Dampak kebijakan politik dari Pemerintahan Orde Baru diantaranya sebagai berikut.

 

  1. Pemerintahan  bersifat sentralistis. Pemerintahan sentralistis ditandai dengan adanya pemusatan penentuan kebijakan publik pada pemerintah pusat. 
  2. Presiden mempunyai kekuasaan yang sangat besar dalam mengatur jalannya pemerintahan sehingga pada akhirnya menjadi otoriter. 
  3. Pemerintah Orde Baru dinilai gagal memberikan pelajaran berdemokrasi yang baik, Golkar dianggap menjadi alat politik untuk mencapai stabilitas yang diinginkan, sementara dua partai lainnya hanya sebagai alat pendamping agar tercipta citra sebagai negara demokrasi.
  4. Anggaran dana antara pemerintah pusat dengan daerah tidak imbang.
  5. Demokratisasi yang terbentuk didasarkan pada KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme), sehingga banyak wakil rakyat yang duduk di MPR/DPR yang tidak mengenal rakyat dan daerah yang diwakilinya. 
     

Dengan demikian, dampak kebijakan politik pada masa pemerintahan Orde Baru adalah kehidupan masyarakat yang dibatasi pada bidang politik.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved