Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan ciri dan peran jaringan meristem (embrional), pelindung (epidermis), jaringan dasar (parenkim)!

Jelaskan ciri dan peran jaringan meristem (embrional), pelindung (epidermis), jaringan dasar (parenkim)!space

Iklan

L. Indah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Tumbuhan memiliki jaringan yang bermacam-macam, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut. Jaringan meristem merupakan jaringan yang sel-selnya masih aktif membelah. Berdasarkan letaknya, jaringan meristem dapat dibedakan menjadi tiga yaitu, meristem apikal (ujung batang dan ujung akar), meristem lateral (kambium), dan meristem interkalar (ruas-ruas batang). Ciri-ciri jaringan meristem antara lain yaitu tersusun dari sel-sel muda, tidak memiliki ruang antarsel, sel-selnya aktif membelah, vakuolanya kecil bahkan tidak ada, dan protoplasmanya banyak. Jaringan epidermis , merupakanjaringan dewasayang berada di bagian terluar dari tumbuhan danberfungsi untuk melindungi jaringan-jaringan yang ada dibawahnya. Epidermis tersusun dari selapis sel yang pipih, padat,rapat, dan berdinding tebal. Jaringan epidermis dapat mengalami modifikasi menjadi stomata, spina, rambut akar, dsb. Jaringan parenkim , merupakan jaringan dasar yang ada pada hampir seluruh organ tumbuhan. Ciri-ciri jaringan parenkim antara lain adalah tersusun dari sel-sel hidup, memiliki selulosa yang tipis rata, masih dapat membelah, dan memiliki ruang antar sel yang besar.

Tumbuhan memiliki jaringan yang bermacam-macam, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut. 

  • Jaringan meristem merupakan jaringan yang sel-selnya masih aktif membelah. Berdasarkan letaknya, jaringan meristem dapat dibedakan menjadi tiga yaitu, meristem apikal (ujung batang dan ujung akar), meristem lateral (kambium), dan meristem interkalar (ruas-ruas batang). Ciri-ciri jaringan meristem antara lain yaitu tersusun dari sel-sel muda, tidak memiliki ruang antarsel, sel-selnya aktif membelah, vakuolanya kecil bahkan tidak ada, dan protoplasmanya banyak.
  • Jaringan epidermis, merupakan jaringan dewasa yang berada di bagian terluar dari tumbuhan dan berfungsi untuk melindungi jaringan-jaringan yang ada dibawahnya. Epidermis tersusun dari selapis sel yang pipih, padat, rapat, dan berdinding tebal. Jaringan epidermis dapat mengalami modifikasi menjadi stomata, spina, rambut akar, dsb.
  • Jaringan parenkim, merupakan jaringan dasar yang ada pada hampir seluruh organ tumbuhan.spaceCiri-ciri jaringan parenkim antara lain adalah tersusun dari sel-sel hidup, memiliki selulosa yang tipis rata, masih dapat membelah, dan memiliki ruang antar sel yang besar.space

Latihan Bab

Jaringan pada Tumbuhan

Jaringan Meristem Tumbuhan

Jaringan Permanen Tumbuhan

Pendahuluan Organ Tumbuhan

176

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan jaringan dewasa tumbuhan berdasarkan letak, sifat jaringan, macam sel, dan fungsinya!

2rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia