Roboguru

Jelaskan ciri-ciri umum tumbuhan berbiji yang meliputi ciri akar, batang, dan daun!

Pertanyaan

Jelaskan ciri-ciri umum tumbuhan berbiji yang meliputi ciri akar, batang, dan daun!

Pembahasan Soal:

  • Akar pada tumbuhan berbiji ada yang berberntuk serabut ada juga yang berupa akar tunggang. Sel-selnya mengalami diferensisai menjadi epidermis, korteks, serta silinder pusat yang di dalamnya terdapat xilem dan floem. Akar pada tumbuhan biji berfungsi untuk mengokohkan batang. Selain itu juga untuk bernafas dan menyerap air dan garam-garam mineral yang ada dalam tanah. Akar dilengkapi dengan bulu akar dan tudung akar yang fungsinya menembus lapisan tanah.
  • Batang tumbuhan berbiji dapat berupa batang berkayu maupun berair. Batang pada tumbuhan berbiji dapat mengalami modifikasi menjadi stolon, rhizome, dan umbi. Sel-sel batang mengalami diferensiasi menjadi epidermis, korteks, dan silinder pusat (terdapat xylem danfloem). Pembuluh kayu berfungsi untuk mengangkut air dan mineral daqn garam mineral dari akar ke daun, sedangkan pembuluh tapis berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tanaman.
  • Daun pada spermatopyta memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi. Tulang daun berbentuk lurus, menyirip, atau menjari. Sel-sel daun mengalami diferensiasi menjadi epidermis dan mesofil. Mesofil tersusun dari jaringan tiang dan jaringan bunga karang

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved