Roboguru

Jelaskan ciri-ciri umum animalia

Jelaskan ciri-ciri umum animalia

Jawaban:

Animalia merupakan kingdom yang beranggotakan hewan tingkat tinggi. Kingdom animalia terbagi menjadi hewan bertulang belakang (vertebrata) dan hewan tidak bertulang belakang (avertebrata). Adapun ciri-ciri dari kingdom animalia yang membedakannya dengan kingdom plantae adalah :

  1. Tergolong sebagai makhluk hidup yang tersusun atas sel yang kompleks (eukariotik). Sel eukariotik adalah golongan sel yang memiliki susunan organel yang kompleks seperti retikulum endoplasma, ribosom, mitokondria serta terdapat membran yang membatasi antara nukleus dan nukleolus.
  2. Tidak memiliki dinding sel. Berbeda dengan kingdom plantae yang pada umumnya memiliki dinding sel yang membatasi antara satu sel dengan sel tetangganya. Sel-sel pada kingdom animalia saling dibatasi oleh mebran plasma.
  3. Memiliki alat gerak untuk berpindah lokasi. 
  4. Heterotrof. Kingdom animalia tidak memiliki klorofil seperti kebanyakan kingdom plantae, oleh sebab itu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya maka anggota kingdom animalia harus memanfaatkan mahkluk hidup lain untuk dijadikan sebagai makanan mereka atau disebut sebagai makhluk hidup heterotrof.
  5. Memiliki sistem saraf untuk menerima rangsangan dari luar tubuh sehingga dapat memberikan respons terhadap rangsangan tersebut.
  6. Walau tidak semuanya, namun kebanyakan anggota kingdom animalia bereproduksi secara seksual menggunakan alat reproduksi seksual.

Dengan demikian, ciri-ciri kingdom animalia adalah memiliki sel eukariot, tidak berdinding sel, heterotrof, dapat bergerak berpindah lokasi, memiliki sistem saraf dan kebanyakan bereproduksi secara seksual.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved