Roboguru

Jelaskan cara pembuatanamoniak.

Pertanyaan

Jelaskan cara pembuatanspaceamoniak.

Pembahasan Soal:

Amoniak diperoleh dari reaksi antara gas nitrogen dengan gas hidrogen. Pembuatan dengan sistem ini dikenalkan oleh Fritz Haber pada tahun 1908. Haber mensintesis amoniak dengan berpedoman pada prinsip Le Chatelier. Oleh karena itu, reaksi pembentukan amoniak merupakan reaksi eksoterm. Jika suhu semakin rendah, maka kesetimbangan akan bergeser ke arah produk. Persamaan reaksi kesetimbangan dapat dituliskan sebagaispaceberikut.
 

N subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and 3 H subscript 2 open parentheses italic g close parentheses equilibrium 2 N H subscript 3 open parentheses italic g close parentheses space increment H equals – 92 comma 22 space kJ 


Variasi tekanan juga berpengaruh pada hasil amoniak. Bosch berpendapat tekanan yang relatif aman dalam pembentukan amoniak berkisar 150-300 atmosfer. Bosch menambahkan katalis dari serbuk besi agar reaksi semakin efektif. Katalis berfungsi sebagai pemercepat terjadinya reaksi. Tetapi katalis tidak akan mempengaruhi kesetimbangan. Dengan mengendalikan suhu, tekanan, dan penambahan katalis, maka dapat diperoleh amoniak secara optimal. Katalis yang digunakan berupa serbuk besi dengan adanya campuran aluminium oksida, kalium hidroksida, dan garam lain. Karena proses pembuatan amoniak dikenalkan oleh Frizt Haber dan disempurnakan oleh Carl Bosch, maka proses ini dinamakan prosesspaceHaber-Bosch.

Jadi, cara pembuatan amoniak dikenal dengan proses Haber-Bosch seperti yang dijelaskan dispaceatas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 10 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved