Roboguru
SD

Jelaskan cara kerja transistor bipolar dan FET sebagai sakelar digital!

Pertanyaan

Jelaskan cara kerja transistor bipolar dan FET sebagai sakelar digital!space 

F. Arifin

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Trisakti

Jawaban terverifikasi

Jawaban

semakin kecil tegangan gate atau semakin negatif gate relatif terhadap source, semakin besar pita deplesi yang terbentuk dan semakin sempit channel. Semakin sempitnya channel tersebut akan menyebabkan semakin sulitnya elektron mengalir dari sumber (source) ke bagian drain.

Pembahasan

Transistor bipolar membuat komponen aktif dan tiga terminal (NPN) yang terbuat dari bahan semikonduktor dapat bertindak sebagai isolator dan konduktor. Bahan semikonduktor tipe-P ditempatkan di antara dua bahan semikonduktor tipe-N.

Cara kerjanya yaitu sebagian kecil arus elektron mengalir dari emitor (E) menuju ke basis (B) dan di saat yang bersamaan. sebagian besar arus elektron mengalir dari emitor (E) menuju ke kolektor (C). Jika kita mengurangi arus elektron yang mengalir keluar melalui basis, transistor secara otomatis akan mengurangi arus elektron yang mengalir melalui emitor. Demikian juga ketika kita meningkatkan arus elektron yang mengalir keluar melalui basis, maka arus elektron yang mengalir melalui emitor juga akan meningkat.

Prinsip kerja FET adalah: gerbang (gate) dihubungkan dengan kutub negatif sumber tegangan yang relatif terhadap sumber (source). Hal ini akan menyebabkan sambungan P-N di antara gate dan channel akan mengalami panjar mundur (reverse biased), sehingga akan menyebabkan tidak adanya arus yang mengalir dari source menuju ke gate. Ketika tegangan gate diturunkan (lebih negatit), pita deplesi menjadi lebih besar yang mengambil sebagian ruang yang terdapat pada bagian channel. Oleh karena itu, semakin kecil tegangan gate atau semakin negatif gate relatif terhadap source, semakin besar pita deplesi yang terbentuk dan semakin sempit channel. Semakin sempitnya channel tersebut akan menyebabkan semakin sulitnya elektron mengalir dari sumber (source) ke bagian drain.

234

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan perbedaan antara transistor bipolar dan FET!

118

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia