Roboguru

Jelaskan cara bakteri mempertahankan diri dari lingkungan yang buruk! Jelaskan pula cara bakteri patogen mempertahankan diri dari perlawanan antibodi yang dihasilkan oleh tubuh manusia!

Pertanyaan

Jelaskan cara bakteri mempertahankan diri dari lingkungan yang buruk! Jelaskan pula cara bakteri patogen mempertahankan diri dari perlawanan antibodi yang dihasilkan oleh tubuh manusia! 

Pembahasan Soal:

  • Cara bakteri mempertahankan diri dari lingkungan yang buruk dengan membentuk endospora.

Endospora merupakan bentuk istirahat (laten) dari beberapa jenis bakteri Gram positif. Endospora hanya terbentuk jika kondisi tidak menguntungkan bagi kehidupan bakteri. Endospora mengandung sedikit sitoplasma, materi genetik, dan ribosom. Dinding endospora yang tebal tersusun atas protein sehingga endospora tahan terhadap kekeringan, radiasi cahaya, suhu tinggi, dan zat kimia, Jika kondisi lingkungan menguntungkan, endospora akan tumbuh menjadi sel bakteri baru.

  • Cara bakteri patogen mempertahankan diri dari perlawanan antibodi yang dihasilkan oleh tubuh manusia.

Sel bakteri dapat menghasilkan lendir ke permukaan selnya. Lendir tersebut tersusun dari air dan polisakarida dan biasanya terdapat pada bakteri saprofit. Lendir yang terkumpul kemudian menebal dan membentuk kapsul yang tersusun atas glikoprotein. Kapsul dan lapisan lendir berfungsi sebagai lapisan pelindung, menjaga sel dari kekeringan, membantu melekatkan diri pada substrat, dan menunjukkan virulensi suatu bakteri. Kapsul pada bakteri patogen juga berfungsi untuk perlindungan diri dari sistem imun sel inang.

Contoh bakteri yang memiliki kapsul adalah Escherichia coli dan Streptococcus pneumonia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved