Roboguru

Jelaskan besaran-besaran fisis pada gelombang tegak dan gelombang berjalan!

Jelaskan besaran-besaran fisis pada gelombang tegak dan gelombang berjalan!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Jawaban:

Besaran-besaran fisis pada gelombang berjalan dan gelombang stationer:

  1. Panjang gelombang begin mathsize 14px style open parentheses lambda close parentheses end style; jarak yang ditempuh oleh satu gelombang. Untuk gelombang transversal, jarak 1 gelombangnya adalah jarak yang ditempuh oleh satu bukit dan satu lembah. Sedangkan, untuk gelombang longitudinal jarak 1 gelombangnya  adalah jarak yang ditempuh oleh satu rapatan dan satu renggangan.
  2. Periode; waktu yang diperlukan untuk melewatkan 1 gelombang melalui satu titik di dalam ruang. Dengan kata lain, periode adalah waktu yang diperlukan untuk menghasilkan satu gelombang.
  3. Frekuensi; Frekuensi (f) adalah jumlah gelombang yang melewati suatu titik (baik dalam medium maupun dalam ruang hampa) per detik. Satuan frekuensi adalah 1/detik dan sering disebut dengan Hertz yang disingkat Hz. 
  4. Cepat rambat gelombang;  jarak yang ditempuh gelombang per satuan waktu, sehingga satuan laju gelombang dalam SI adalah meter per detik atau m/s. Laju gelombang khususnya gelombang mekanik, bergantung pada jenis dan kondisi medium tempat gelombang merambat.
  5. Persamaan simpangan; Gelombang berjalan memiliki persamaan simpangan seperti berikut; begin mathsize 14px style y equals A space sin open parentheses omega t plus-or-minus k x close parentheses end style dengan begin mathsize 14px style omega equals fraction numerator 2 straight pi over denominator T end fraction space semicolon space k equals fraction numerator 2 straight pi over denominator lambda end fraction end style 
  6. Persamaan kecepatan; kecepatan merupakan turunan pertama dari jarak atau simpangan. Dengan demikian, persamaan kecepatan gelombang berjalan adalah persamaan yang diturunkan dari persamaan simpangan. Secara matematis, persamaan kecepatannya dirumuskan sebagai berikut: begin mathsize 14px style v equals fraction numerator d y over denominator d t end fraction equals A omega space cos open parentheses omega t plus-or-minus k x close parentheses end style 
  7. Persamaan percepatan;persamaan percepatan merupakan turunan pertama dari kecepatan dan turunan kedua dari simpangan. Secara matematis, persamaan percepatan adalah sebagai berikut: begin mathsize 14px style a equals fraction numerator d squared y over denominator d t squared end fraction equals fraction numerator d v over denominator d t end fraction equals negative A omega squared space sin open parentheses omega t plus-or-minus k x close parentheses end style 
  8. Sudut fase gelombang; Sudut fase adalah sudut yang ditempuh oleh benda yang bergetar.  Sudut fase dinyatakan dalam fungsi sinus dari persamaan umum gelombang.
  9. Fase gelombang; Fase gelombang adalah besaran yang berkaitan dengan simpangan dan arah gerak gelombang.
  10. Beda fase; Beda fase adalah perbedaan fase gelombang atau tahapan gelombang.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved