Roboguru

Jelaskan beberapa teori mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.

Pertanyaan

Jelaskan beberapa teori mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia.

Pembahasan Soal:

Bangsa Indonesia dihuni oleh banyak orang dari berbagai suku, agama, dan budaya yang berbeda. Perbedaan tersebut berasal dari nenek moyang yang berbeda pula. Banyak teori yang mengatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Tiongkok, Melayu, dan bahkan Taiwan. Teori-teori yang menjelaskan mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Teori Out of Yunan. Yeori ini menyatakan bahwa asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, sebuah wilayah di Tiongkok Selatan.  Seorang sejarawan yang juga seorang arkeolog asal Austria, Robert Barron von Heine (1885-1968), dalam kajiannya menyimpulkan bahwa pada masa neolitikum (2000 SM-200 SM) ada sebuah bangsa yang bermigrasi dalam beberapa gelombang dari Asia Utara menuju Asia Selatan. Migrasi tersebut membuat banyak manusia purba yang akhirnya mendiami pulau-pulau yang terbentang dari Madagaskar (Afrika) sampai dengan Pulau Paskah (Chile). Hal inilah yang akhirnya mengilhami sebuah pemikiran bahwa leluhur bangsa Indonesia berasal dari Yunan.
  2. Teori Out of Taiwan. Teori ini didasarkan pada pendekatan kebahasaan, dimana berdasarkan pendekatan ini keseluruhan bahasa yang digunakan suku-suku di Indonesia diketahui berasal dari rumpun Austronesia. Akar dari rumpun Austronesia sendiri pada awalnya berasal dari Kepulauan Formosa (Taiwan) yang sudah berkembang sejak enam ribu tahun yang lalu. Karena keseluruhan bahasa di Indonesia berasal dari Austronesia yang berkembang di Taiwan, nenek moyang bangsa Indonesia pun kemungkinan besar berasal dari asal-usul yang sama dengan bahasanya itu. Dari Taiwan, bangsa Austronesia kemudian melakukan migrasi, menyebar ke Filipina, Indonesia, Madagaskar, hingga ke pulau-pulau kecil di wilayah Pasifik. Teori ini pun lebih kuat karena disertai bukti-bukti kecocokan genetika yang dilakukan pada ribuan kromosom manusia modern.
  3. Teori Out of Africa. Teori ini mengemukakan bahwa manusia purba yang pertama kali mendiami Nusantara datang dari Afrika. Manusia purba muncul dan berkembang pertama kali di Afrika sekitar 200.000 tahun yang lalu. Mereka kemudian menyebar ke berbagai tempat dengan berbagai variasi dan karakteristik yang khas sesuai dengan kondisi lingkungan, kemampuan beradaptasi, dan sebagainya. Manusia menyebar ke seluruh willayah di Afrika, kemudian pada 60.000 SM mulai menyebar ke Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, hingga Australia.
  4. Teori Nusantara. Para peneliti seperti M. Yamin, J. Crawford, K Himly dan Sutan Takdir berpendapat bahwa manusia purba yang menghuni wilayah Nusantara berasal dari wilayah Indonesia sendiri. Teori tersebut didasarkan pada Bahasa Melayu dan bangsa Jawa mempunyai tingkat peradaban yang tinggi dan dapat dicapai setelah perkembangan budaya yang lama serta banyaknya fosil dan artefak tertua ditemukan di Indonesia, seperti Homo soloensis dan Homo wajakensis. Kedua hal tersebut menunjukkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri.

Dengan demikian, asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dapat dijelaskan melalui Teori Out of Yunan, Teori Out of Africa, Teori Out of Taiwan, dan Teori Nusantara.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan jalur masuknya nenek moyang di Indonesia....

Pembahasan Soal:

Bangsa Indonesia dihuni oleh banyak orang dari berbagai suku, agama, dan budaya yang berbeda. Perbedaan tersebut berasal dari nenek moyang yang berbeda pula. Banyak teori yang mengatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Tiongkok, Melayu, dan bahkan Taiwan. Teori-teori yang menjelaskan mengenai asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia tersebut diantaranya adalah.

  1. Teori Out of Yunan, teori ini menyatakan bahwa asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunan, sebuah wilayah di Tiongkok Selatan.  Seorang sejarawan yang juga seorang arkeolog asal Austria, Robert Barron von Heine (1885-1968), dalam kajiannya  menyimpulkan bahwa pada masa neolitikum (2000 SM- 200 SM), ada sebuah bangsa yang bermigrasi dalam beberapa gelombang dari Asia Utara menuju Asia Selatan.  Migrasi tersebut membuat banyak manusia purba yang akhirnya mendiami pulau-pulau yang terbentang dari Madagaskar (Afrika) sampai dengan Pulau Paskah (Chile). Hal inilah yang akhirnya mengilhami sebuah pemikiran bahwa leluhur bangsa Indonesia berasal dari Yunan.
  2. Teori Out of Taiwan, teori ini didasarkan pada pendekatan kebahasaan, dimana berdasarkan pendekatan ini keseluruhan bahasa yang digunakan suku-suku di Indonesia diketahui berasal dari rumpun Austronesia. Akar dari rumpun Austronesia sendiri pada awalnya berasal dari Kepulauan Formosa (Taiwan) yang sudah berkembang sejak enam ribu tahun yang lalu.  Karena keseluruhan bahasa di Indonesia berasal dari Austronesia yang berkembang di Taiwan, nenek moyang bangsa Indonesia pun kemungkinan besar berasal dari asal-usul yang sama dengan bahasanya itu.  Dari Taiwan, bangsa Austronesia kemudian melakukan migrasi, menyebar ke Filipina, Indonesia, Madagaskar, hingga ke pulau-pulau kecil di wilayah Pasifik. Teori ini pun lebih kuat karena disertai bukti-bukti kecocokan genetika yang dilakukan pada ribuan kromosom manusia modern.
  3. Teori Out of Africa, teori ini mengemukakan bahwa manusia purba yang pertama kali mendiami nusantara datang dari Afrika. Manusia purba muncul dan berkembang pertama kali di Afrika sekitar 200.000 tahun yang lalu. Mereka kemudian menyebar ke berbagai tempat dengan berbagai variasi dan karakteristik yang khas, sesuai dengan kondisi lingkungan, kemampuan beradaptasi dan sebagainya. Manusia menyebar ke seluruh willayah di Afrika, kemudian pada 60.000 SM mulai menyebar ke Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tenggara, hingga Australia.
  4. Teori Nusantara, para peneliti seperti M. Yamin, J. Crawford, K Himly dan Sutan Takdir berpendapat bahwa manusia purba yang menghuni wilayah Nusantara berasal dari wilayah Indonesia sendiri. Teori tersebut didasarkan pada; 1).Bahasa Melayu dan bangsa Jawa mempunyai tingkat peradaban yang tinggi dan dapat dicapai setelah perkembangan budaya yang lama, 2). Banyaknya fosil dan artefak tertua ditemukan di Indonesia, seperti Homo Soloensis dan Homo Wajakensis. Kedua hal tersebut menunjukkan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Indonesia sendiri.

Dengan demikian asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dapat dijelaskan melalui Teori Out of Yunan, Teori Out of Africa, Teori Out of Taiwan dan Teori Nusantara.
 

0

Roboguru

Peter Bellwood dan Robert Blust merupakan tokoh yang mengemukakan teori Out of Taiwan. Jelaskan pendekatan yang digunakan kedua tokoh tersebut untuk menyimpulkan teori Out of Taiwan ...

Pembahasan Soal:

Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia, baik dari aspek fisik, budaya, bahasa dan agama, membuat sejumlah peneliti mengkaji lebih lanjut tentang siapa yang menjadi nenek moyang bangsa Indonesia yang beragam itu. Salah satu teori dari persebaran nenek moyang bangsa Indonesia adalah Teori Out of Taiwan. 

Teori ini disampaikan oleh Peter Bellwood dan Robert Blust, serta didukung oleh Harry Truman Simanjuntak. Pada dasarnya, teori ini menyatakan bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Taiwan atau Kepulauan Formosa. Adapun argumentasi atau pendekatan yang digunakan dalam teori ini adalah adanya kesamaan penutur bahasa yang digunakan, yaitu bahasa Austronesia yang menyebar di Asia Tenggara hingga ke Kepulauan Pasifik dan Madagaskar. Sejumlah bahasa yang digunakan oleh suku bangsa di Indonesia diketahui berasal dari rumpun Austronesia.

Jadi, dengan begitu pendekatan yang digunakan dalam Teori Out of Taiwan adalah pendekatan linguistik atau kebahasaan.

0

Roboguru

Harry Truman Simanjuntak menyatakan bahwa bangsa Indonesia berasal dari Formosa (Taiwan). Dasar asumsi Harry Truman Simanjuntak adalah ...

Pembahasan Soal:

Beragamnya bangsa yang mendiami Indonesia memunculkan berbagai pendapat dari para ahli, termasuk salah satunya Harry S. Truman yang mengemukakan Teori Out of Taiwan. Teori out of Taiwan merupakan teori yang menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Taiwan atau Kepulauan Formosa. Teori tersebut menggunakan pendekatan kebahasaan. Berdasarkan pendekatan kebahasaan, keseluruhan bahasa yang digunakan suku-suku di Indonesia diketahui berasal dari rumpun Austronesia.

Akar dari rumpun Austronesia sendiri pada awalnya berasal dari Kepulauan Formosa (Taiwan) yang sudah berkembang sejak enam ribu tahun yang lalu. Dari Taiwan, bangsa Austronesia kemudian melakukan migrasi dan menyebar ke Filipina, Indonesia, Madagaskar, hingga ke pulau-pulau kecil di wilayah Pasifik. Mereka diperkirakan datang dari Taiwan melalui Filipina sekitar tahun 4.500-3.000 SM. Kemudian sekitar tahun 3.500-2.000 SM, mereka melakukan migrasi ke Indonesia melalui Sulawesi dan menyebar ke berbagai pelosok Nusantara.

Jadi, opsi jawaban paling tepat adalah D.

0

Roboguru

Menurut teori out of Afrika, manusia modern yang hidup sekarang berasal dari Afrika. Kemukakan dasar teori tersebut!

Pembahasan Soal:

Menurut teori Out of Afrika, manusia modern yang hidup sekarang berasal dari Afrika. Adapun dasar teori adalah berdasarkan dukungan ilmu genetika melalui penelitian DNA mitokondria gen perempuan dan gen laki-laki. Menurut Max Ingman, ahli genetika dari Amerika Serikat, manusia modern yang ada sekarang ini berasal dari Afrika antara kurun waktu 100-200 ribu tahun lalu. Dari Afrika mereka menyebar ke luar Afrika. Dari hasil penelitian Max Ingman, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa gen manusia modern bercampur dengan gen spesies manusia purba.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teori ini berdasarkan pada dukungan ilmu genetika DNA mitokondria gen perempuan dan gen laki-laki.

0

Roboguru

Pasangan yang tepat antara teori yang menjelaskan tentang asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia dan tokoh pendukungnya ditunjukan oleh angka ...

Pembahasan Soal:

Negara Indonesia memiliki keragaman suku yang terbesar di seluruh wilayah kepulauannya. Persebaran suku yang beragam itu menimbulkan tanya terkait asal usul dari mana datangnya para nenek moyang yang ada di Indonesia, sehingga bisa tersebar dalam keragaman suku. 
Beberapa para ahli dari berbagai bidang, baik dalam keilmuan sejarah ataupun keilmuan prasejarah, mencoba untuk mengidentifikasi asal usul nenek moyang bangsa Indonesia, di antaranya.

  1. Teori Yunan, secara garis besar menjelaskan bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dari Yunan Tiongkok, pendapat ini disampaikan oleh R.H Geldern, J.H.C. Kern, J.R. Foster dan J.R Logon. Adapun bukti yang memperkuatnya adalah adanya kesamaan perkakas berupa kapak yang ada di Indonesia dengan di Asia Tengah.
  2. Teori Nusantara, secara garis besar mengemukakan bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia justru berasal dari bangsa Indonesia sendiri, pendapat ini disampaikan oleh Mohammad Yamin, Sutan Takdir Alisjahbana dan Gorys Keraf. Adapun bukti yang memperkuat dugaan ini adalah penemuan Homo soloensis dan Homo wajakensis, di Pulau Jawa, sebagai leluhur bangsa Indonesia.
  3. Teori Out of Taiwan, didukung oleh Harry Truman Simanjuntak, berpendapat bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Kepulauan Famosa atau Taiwan. Hal ini didasarkan bahwa bahasa yang berkembang di Nusantara adalah rumpun dari Austronesia sebagaimana yang terdapat di Kepulauan Famosa.

Jadi, opsi jawaban benar adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved