Roboguru

Jelaskan bahwa matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan di Bumi!

Pertanyaan

Jelaskan bahwa matahari merupakan sumber energi utama bagi kehidupan di Bumi!  space space  

Pembahasan Soal:

Matahari adalah sumber energi bagi kehidupan. Matahari memiliki banyak peran yang sangat penting bagi kehidupan seperti:

  1. Panas matahari memberikan suhu yang pas untuk kelangsungan hidup organisme di Bumi. Panas matahari memungkinkan adanya angin, siklus hujan, cuaca, dan iklim.
  2. Cahaya matahari dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan berklorofil untuk melangsungkan fotosintesis, sehingga tumbuhan dapat tumbuh serta menghasilkan oksigen dan berperan sebagai sumber pangan bagi hewan dan manusia.
  3. Pergerakan rotasi bumi menyebabkan ada bagian yang menerima sinar matahari dan ada yang tidak. Hal inilah yang menciptakan adanya hari siang dan malam di bumi. Sedangkan pergerak bumi mengelilingi matahari menyebabkan terjadinya musim. undefined  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Wulandari

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gambarkan bagaimana terjadinya aliran energi di dalam suatu ekosistem!

Pembahasan Soal:

Aliran energi merupakan suatu proses perpindahan energi dari satu organisme ke organisme lainnya. Berikut gambar terjadinya aliran energi di dalam suatu ekosistem:

 

Proses aliran energi pada ekosistem dapat terjadi melalui rantai makanan. Rantai makanan dimulai dari organisme autotrof dengan mengubah energi cahaya dari matahari menjadi energi kimia. Selanjutnya, hanya setengah dari rata-rata energi cahaya yang digunakan oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis. Setelah fotosintesis maka akan dihasilkan energi kimia yang diperoleh dari energi cahaya. Energi tersebut kemudian tersimpan di dalam tumbuhan sebagai produsen. Tumbuhan dimakan oleh tikus sehingga energi berpindah dari produsen ke konsumen primer (Konsumen I). Energi yang disimpan konsumen primer hanya sekitar 10% dari energi produsen. Tikus kemudian dimangsa oleh ular sehingga energi berpindah dari konsumen primer ke tubuh konsumen sekunder (Konsumen II). Energi yang disimpan juga hanya  sekitar 10% dari energi konsumen primer. Kemudian, ular dimangsa oleh elang sebagai konsumen tersier (Konsumen III). Jika produsen maupun konsumen mati, energi akan diteruskan ke dekomposer atau dikeluarkan dari ekosistem sebagai materi organik. 

0

Roboguru

Mungkinkah terjadi jika dalam rantai makanan tidak terdapat tumbuh-tumbuhan? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Rantai makanan merupakan perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan ke hewan melalui jenjang makanan. Bagian terbawah dari rantai makanan adalah produsen, yaitu tumbuhan yang menjadi pembuat energi dalam sebuah rantai makanan di ekosistem. Tumbuhan akan berkembang biak dengan menyerap energi dari cahaya matahari untuk memasak makanannya, atau dikenal juga sebagai proses fotosintesis. Jika tidak terdapat tumbuhan maka rantai makanan tidak dapat terbentuk karena tumbuhan menempati posisi sebagai produsen. Jika tidak ada produsen maka tidak ada konsumen

0

Roboguru

Perhatikan rantai makanan berikut! Pada rantai makanan tersebut, organisme yang memperoleh energi paling besar adalah ...

Pembahasan Soal:

Dalam rantai makanan, terdapat beberapa peran organisme salah satunya adalah produsen. Organisme yang termasuk produsen adalah organisme yang dapat melakukan proses fotosintesis atau yang bersifat autotrof. Produsen dalam rantai makanan mendapatkan energi secara langsung dengan memanfaatkan proses fotosintesis sehingga mendapat energi paling besar diantara organisme lainnya.space 

Jadi, dalam rantai makanan tersebut organisme yang memperoleh energi paling besar adalah tumbuhan hijau.space

0

Roboguru

Bagaimana terjadinya aliran perpindahan energi antara organisme pada jaring-jaring makanan di ekosistem persawahan?

Pembahasan Soal:

Aliran energi merupakan suatu proses perpindahan energi dari satu organisme ke organisme lainnya. Pemindahan ini dimulai dari sinar matahari lalu ke produsen, ke konsumen primer (herbivora), ke konsumen tingkat tinggi (karnivora), sampai ke pengurai. Perpindahan aliran energi dapat dilihat dari jaring-jaring makanan di ekosistem presawahan sebagai berikut.

Dalam ekosistem sawah padi berperan sebagai tingkat trofik pertama, sekaligus sebagai autotrof. Pada tingkat trofik ke II yaitu belalang, capung, dan tikus merupakan hewan herbivora yang memakan produsen. Pada tingkat trofik ke III yaitu katak, merupakan hewan karnivora pemakan herbivora, dan ular yang merupakan hewan pemakan tikus. Tingkat trofik IV yaitu ular, merupakan hewan karnivora yang menduduki konsumen puncak. Sehingga berdasarkan jaring-jaring makanan diatas, maka ular dapat menduduki pada tingkat trofik ke III maupun IV. Semuanya saling ketergantungan untuk memenuhi energinya. Padi menyerap energi dari matahari untuk melakukan fotosintesis; selanjutnya, tikus, belalang, dan capung memakan padi; kemudian, katak memakan capung dan belalang; dan pada bagian puncak, ular memakan tikus dan katak. 

0

Roboguru

Buatlah bagan mekanisme aliran energi pada ekosistem!

Pembahasan Soal:

Setiap makhluk hidup dalam ekosistem tidak menciptakan energi sendiri, akan tetapi mereka memperoleh energi dengan cara mengubah energi yang diambilnya dari lingkungan ekosistem.

Tahapan proses aliran energi dalam suatu ekosistem meliputi:

  1. Energi cahaya matahari masuk ke dalam lingkungan ekosistem.
  2. Selanjutnya, hanya setengah dari rata-rata energi cahaya yang digunakan oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis. Setelah fotosintesis maka akan dihasilkan energi kimia yang diperoleh dari energi cahaya. Energi tersebut kemudian tersimpan di dalam tumbuhan sebagai produsen.
  3. Berikutnya, tumbuhan dimakan oleh organisme herbivora sehingga energi berpindah dari produsen ke konsumen primer. Energi yang disimpan konsumen primer hanya berkisar 10% dari energi produsen.
  4. Organisme herbivora kemudian dimangsa oleh organisme karnivora sehingga energi berpindah dari konsumen primer ke tubuh konsumen sekunder. Energi yang disimpan juga hanya 10% dari energi konsumen primer.
  5. Jika produsen tidak dimakan oleh konsumen primer, maka energi akan diteruskan ke dekomposer atau dikeluarkan dari ekosistem sebagai materi organik.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved