Roboguru

Jelaskan bagian-bagian dari cacing nemathelminthes?

Jelaskan bagian-bagian dari cacing nemathelminthes?

Jawaban:

Nematoda adalah jenis cacing yang berbentuk silindris, memanjang dan meruncing di kedua ujungnya. Jika dilihat dari irisan melintang, bagian – bagian tibuh atau struktur tubuh nematoda terdiri  dari Kutikula, hipodermis, otot, dan saluran pencernaan. Pejelasan dari tiap – tiap struktur tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Kutikula adalah lapisan terluar yang elastis dan menutupi seluruh permukaan tubuh nematoda. Kutikula terjadi proes metabolisme. Permukaan luar kutikula terdapat berbagai struktur seperti duri, bulu, kutil, papilla dan lain – lain. Beberapa struktur berspesialiasi menjadi sensor dan struktur yang mendukung pergerakan. Posisi dari struktur – struktur tersebut sangat penting untuk penentuan spesies (kunci determinasi).

  2. Hipodermis pada nematoda adalah membentuk lapisan kutikula.

  3. Lapisan otot nematoda berada di bawah lapisan hipodermis. Setiap sel otot .terdiri dari bagian kontraktil (myofibril) dan bagian non kontraktil. 

  4. Sistem pencernaan atau saluran pencernaan nematoda sudah lengkap, yaitu terdiri dari mulut, usus, kloaka dan lubang pengeluaran.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved