Roboguru

Jelaskan bagian apa saja yang terdapat pada Matahari

Pertanyaan

Jelaskan bagian apa saja yang terdapat pada Matahari

Pembahasan Soal:

Matahari merupakan bola gas berpijar yang bentuknya tidak bulat penuh. Diameternya sekitar 1,4 juta km atau lebih dari 100 kali diameter Bumi dan mempunyai massa 1,99 x 1030 kg, lebih dari 99% massa total tata surya (kurang lebih 330.000 kali massa Bumi). Bagian-bagian Matahari mulai dari bagian inti sampai lapisan terluar adalah sebagai berikut:

  • Bagian inti Matahari mempunyai suhu sekitar 15 juta derajat Celcius. Suhu yang tinggi memungkinkan terjadinya pemecahan atom dan terjadinya reaksi fusi (pergerakan elektron dan proton sangat cepat dan bertabrakan satu dengan yang lain) berlangsung di bagian ini dan hasilnya dipancarkan ke luar secara radiasi.
  • Fotosfer merupakan lapisan permukaan Matahari dengan tebal sekitar 350 km. Lapisan ini disebut lapisan cahaya karena lapisannya memancarkan cahaya (energi panas) sangat kuat dan sebagian cahayanya sampai di Bumi. Suhu di lapisan ini diperkirakan sekitar 6.000 derajat Celcius dengan ketebalan lapisannya 500 km.
  • Kromosfer merupakan lapisan di atas fotosfer bersuhu sekitar enam ribu sampai 50 ribu derajat Celcius. Cahaya lapisa n kromosom biasanya tidak terlihat karena tertutup lapisan fotosfer. Pada lapisan kromosom ini terdapat lapisan gas yang paling dinamis karena seringkali muncul berupa cahaya berbentuk lidah api yang memanca r sampai ketinggian lebih dari 200 ribu km yang disebut prominensa.
  • Korona merupakan lapisan terluar Matahari. Lapisan berwarna putih ini akan terlihat mengelilingi Matahari pada saat terjadinya gerhana Matahari. Suhu lapisan ini mencapai jutaan derajat Celcius. Lapisan ini merupakan lapisan gas tipis dan bentuknya selalu berubah-ubah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagian matahari yang disebut sebagai lapisan cahaya adalah...

Pembahasan Soal:

Matahari merupakan bola gas berpijar ya ng bentuknya tidak bulat penuh . Terdapat beberapa bagian matahari seperti inti matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona. Fotosfer merupakan lapisan permukaan Matahari dengan tebal sekitar 350 km. Lapisan ini disebut lapisan cahaya karena lapisannya memancarkan cahaya (energi panas) sangat kuat dan sebagian cahayanya sampai di Bumi. Suhu di lapisan ini diperkirakan sekitar 6.000 derajat Celcius dengan ketebalan lapisannya 500 km.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A.

0

Roboguru

Uraikan bagian-bagian dari Matahari?

Pembahasan Soal:

Matahari memiliki tiga bagian utama yaitu atmosfer, fotosfer, dan barisfer. Berikut adalah uraian mengenai beberapa bagian utama dari Matahari.

  1. Atmosfer
    Matahari memiliki lapisan paling luar yaitu atmosfer yang terdiri dari kromosfer dan korona. Kromosfer memiliki warna merah dengan ketebalan mencapai 10.000 Km, sementara korona adalah lapisan berwarna putih atau kuning dengan ketebalan ribuan kilometer.
  2. Fotosfer
    Lapisan ini merupakan bulatan berwarna perak kekuningan dan serinh kali terlihat bitnik hitam yang disebut umbra.
  3. Barisfer
    Lapisan ini merupakan lapisan inti matahari yang terletak paling dalam dengan diameter 500.00 Km dengan temperatur mencapai 15.000.000⁰C.

Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa matahari teridir dari tiga bagian utama yaitu Atmosfer, Fotosfer, dan Barisfer. 

0

Roboguru

Tempat berlangsungnya ledakan inti hidrogen menjadi helium pada bagian matahari disebut ....

Pembahasan Soal:

Terjadinya ledakan inti hidrogen menjadi helium disebut dengan reaksi fusi nuklir inti matahari. Ledakan ini menyebabkan atom unsur higrogen melebur menjadi helium dan terjadi pada bagian inti matahari.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

fotosfer  kromosfer  korona  astenosfer Bagian-bagian matahari meliputi ....

Pembahasan Soal:

Tubuh Matahari terdiri atas bagian inti dan lapisan kulit luar. 

  1. Bagian Inti berupa bola gas dengan tekanan dan suhu yang sangat tinggi (t = 15.000°K). Energi yang dihasilkan dirambatkan menuju bagian permukaan Matahari melalui dua cara, yaitu secara radiasi (pancaran gelombang elektromagnetik) dan secara konveksi (perpindahan panas yang disertai perpindahan partikel-partikel perantaranya).
  2. Bagian Kulit Luar terdiri atas tiga lapisan, yaitu fotosfera, kromosfer, dan korona. Fotosfer adalah lapisan cahaya yang dipancarkan ke segala penjuru termasuk ke bumi kita. Kromosfer adalah lapisan gas yang terletak di atas fotosfera. Korona adalah lapisan atmosfer matahari paling luar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Wujud Matahari adalah berupa ....

Pembahasan Soal:

Matahari merupakan pusat tata surya. Matahari merupakan bintang yang paling besar dan sumber utama energi pada sistem tata surya. Matahari mempunyai wujud sebagai bola gas berpijar yang mempunyai ukuran sangat besar. Adapun unsur penyusun matahari hampir seluruhnya terdiri atas hidrogen dan helium.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved